PENGARUH PENYULUHAN MENGENAI PHBS DAN PENGGUNAAN MASKER TERHADAP PENINGKATAN PENGETAHUAN DAN SIKAP SISWA DI SDN 005 BINUANG PADA MASA PANDEMI COVID-19
DOI:
https://doi.org/10.31004/jkt.v2i4.2698Keywords:
PHBS, ENYULUHAN , PENGGUNAAN MASKERAbstract
Masalah kesehatan yang terjadi pada anak usia sekolah semakin memperjelas bahwa nilai-nilai PHBS di sekolah belum mencapai tingkat yang diharapkan. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh penyuluhan mengenai PHBS dan penggunaan masker terhadap peningkatan pengetahuan dan sikap siswa di SDN 005 Binuang pada masa pandemi covid-19. Penelitian dilakukan pada tanggal 21 Agustus - 4 September 2021. Populasi dan sampel pada penelitian berjumlah 75 siswa. Desain penelitian ini kuantitatif dengan rancangan penelitian quasi eksperimen. Analisis data yang digunakan yaitu analisa univariat dan analisa bivariat dengan uji paired t-test. Hasil penelitian univariat menunjukkan sebanyak nilai pengetahuan sebelum diberikan penyuluhan sebesar 41.56 dengan standar deviasi sebesar 4.491 dan nilai pengetahuan setelah diberikan penyuluhan sebesar 80.31 dengan standar deviasi sebesar 11.094. Selisih antara pengetahuan sebelum dan sesudah diberikan penyuluhan ialah 38.75. Nilai sikap sebelum diberikan penyuluhan sebesar 66.97 dengan standar deviasi sebesar 6.443 dan nilai sikap setelah diberikan penyuluhan sebesar 87.32 dengan standar deviasi sebesar 3.778. Selisih antara sikap sebelum dan sesudah diberikan penyuluhan ialah 20.35. Ada pengaruh penyuluhan mengenai PHBS dan penggunaan masker terhadap peningkatan pengetahuan dan sikap siswa di SDN 005 Binuang pada masa pandemi covid-19. Hasil penelitian ini diharapkan siswa dapat menerapkan PHBS di sekolah dan selalu menggunakan masker sebagai salah satu protokol kesehatan pencegahan covid-19.References
Abidin, Yusuf. (2011). Guru dan pembelajaran bermutu. Bandung: Rizqi Press.
Agus S. Suryobroto. (2011). Sarana dan Prasarana Pendidikan Jasmani: Universitas Negeri Yogyakarta:Fakultas Ilmu Keolahragaan.
Ahmadi, Abu. 2003. Ilmu Sosial Dasar. Jakarta : PT Rineka Cipta
Charisma. (2012). Efektivitas Pendidikan Kesehatan dengan Media Video Terhadap Tingkat Pengetahuan PHBS. Jurnal Kesehatan Masyarakat.
Dahlan dan Umrah. 2013. Mencuci Tangan. Jakarta: Salemba Medika.
Departemen Kesehatan RI. Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 36 Tahun 2012 Tentang Kesehatan. Jakarta: Kementrian Kesehatan RI: 2012.
Depkes RI. 2007. Rumah Tangga Sehat dengan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat. Pusat Promosi Kesehatan. Jakarta.
Depkes RI. 2011. Pedoman Pengelolaan Promosi Kesehatan dalam Pencapaian Perilaku Hidup Bersih dan Sehat. Departemen Kesehatan. Jakarta.
Depkes RI. 2011. Target Tujuan Pembangunan MDGs. Direktorat Jendral Kesehatan Ibu dan Anak. Jakarta.
Dian. (2016). Pelaksanaan Program Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) di SD Negeri 001 Tanjung Balai Karimun. Jurnal Kesehatan Masyarakat Vol. 8, No. 1. p-ISSN : 1978- 3833, e-ISSN: 2442-6725. Diakses dari : jurnal.fkm.unand.ac.id/index.php/jkma/article/view/123/128.
Fajar.M. A, dkk. (2019). Penyuluhan cuci tangan pakai sabun di SDN 128 Pekanbaru Kelurahan Rantau Panjang Pekanbaru. Jurnal Pengabdian Masyarakat Multidisiplin. Volume 3, no.1: 29-35.
Farida. (2020). PHBS (Perilaku Hidup Bersih dan Sehat) di Sekolah Kelurahan Namogajah Kecamatan Medan Tuntungan . Skripsi. Sumatera.
Firdayanti. (2020). Gambaran Perilaku Hidup Bersih Dan Sehat Siswa SDN 29 Ulak Karang Padang Tahun 2013.Padang. Politeknik Kemenkes Padang. Diakses dari : https://e-journal.unair.ac.id/PROMKES/article/view/5809.
Hamalik, Oemar. 2013. Proses Belajar Mengajar n.( Jakarta : PT.Bumi Aksara )
Hikmawati, I. 2011. Promosi Kesehatan untuk Kebidanan. Yogyakarta: Nuha Medika.
IKAPI. 2011. Inner Healing At Home. Jakarta: Alex Media Komputindo.
Jaji. 2020. Pengaruh Pendidikan Kesehatan Dengan Media Leafletterhadap Pengetahuan Warga Dalam Pencegahan Penularan Covid 19. Jurnal Ilmu Keperawatan, Fakultas Kedokteran, Universitas Sriwijaya, Palembang.
Kemenkes RI. 2010. Pedoman Perilaku Hidup Bersih dan sehat. Jakarta: Kementerian Kesehatan Republik Indonesia.
Kemenkes RI. 2014. Kurikulum dan Modul Pelatihan Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM). Jakarta: Kementerian Kesehatan RI.
Kunoli, Firdaus. (2018). Penerapan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) pada Tatanan Rumah Tangga dan Sekolah di Kecamatan Parigi Kabupaten Parigi Moutong. Jurnal Kesmas
Kusnan. (2020). Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS). Jakarta: Trans Info Media.
LP3I, UNAIR (2011) Metode Pembelajaran. Available at: http//aula.unair.ac.id./file.
Machfoedz, I., dan Suryani, E. 2007. Pendidikan Kesehatan Bagian Dari Promosi Kesehatan. Fitrayama: Yogyakarta.
Maulana, Heri, d.j. 2011. Promosi Kesehatan. Penerbit Buku Kedokteran EGC: Jakarta.
Mubarak, Wahid I. Chayatin N., Rozikin K. & Supradi. (2012). Promosi Kesehatan. Yogyakarta : Graha Ilmu
Notoatmodjo Soedkidjo. 2012. Promosi Kesehatan dan Ilmu Perilaku. Jakarta: Rineka Cipta
Notoatmodjo. (2012). Promosi Kesehatan dan Perilaku Kesehatan. Jakarta: Rineka Cipta.
Rineka Cipta
Riskedas. 2018. Hasil Utama Riskesdas 2018. Kementerian Kesehatan Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan.
Risnawati, Lina. 2017. “Pengaruh Latar Belakang Pendidikan dan Perhatian Orang Tua Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas V SD Cakraningratan No.32 Tahun Ajaran 2011/2012â€. Skripsi. Surkarta: UMS.
Suraatmaja, sudaryat., 2012. Kapita selekta Gastroenterologi anak. Jakarta: sagung seto pp. 3-13.
Sutomo, ari. 2018. Hubungan perilaku cuci tangan pakai sabun (ctps) dengan kejadian diare anak usia sekolah di sdn 02 pelemsengir kecamatan todanan kabupaten blora. Jurnal Fikkes Keperawatan.
Syahputri. (2018). Hubungan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat Dengan Kejadian Diare Pada Balita Usia 1-3 Tahun. From http://www.perilaku hidup bersih (PHBS).com. diakses 13 Juli 2012.
Tentama. (2020). Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) Siswa DI SDN 42 Korong Gadang Kecamatan Kuranji Padang. Jurnal Promkes vol 4. no 1, 92-103. Diakses dari https://ejournal.unair.ac.id/PROMKES/article/view/5809/3718.
Tria, Dini. 2020. Gambaran Promosi Phbs Dalam Mendukung Gaya Hidup Sehat Masyarakat Kota Binjai Pada Masa Pandemic Covid-19 Tahun 2020. Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan.
Trianto. (2013). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif, Progresif, Konsep, Landasan, dan Implementasinya Pada Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Wawan. (2012). Teori dan Pengukuran Pengetahuan, Sikap, dan Perilaku Manusia. Cetakan II. Yogyakarta: Nuha Medika.
Widoyono. 2008. Penyakit Tropis Epidemiologi, Penularan, Pencegahan dan Pemberantasannya. Semarang.
Wijaya. (2020). Perancangan Media Interaktif Sebagai Alat Bantu Pembelajaran Aritmatika Dasar Untuk Anak Usia 6-9 Tahun. Institut Seni Indonesia.
Wowor.dkk. 2016. Pelayanan Kesehatan di Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) Amurang Timur Kabupaten Minahasa Selatan [Skripsi]. Manado: Universitas Sam Ratulangi.
Zafwan, Muhammad. 2018. Pengaruh Intervensi Promosi Kesehatan Terhadap Pengetahuan Sikap Dan Perilaku Cuci Tangan Pada Anak Kelas V Sekolah Dasar Inpres Borong Jambu I Kota Makassar. Skripsi : Universitas Hasanuddin. Makassar.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2021 Adrian Islami Putra, Ade Dita Puteri, Yusmardiansah Yusmardiansah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work’s authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).