HUBUNGAN KELENGKAPAN PENULISAN PENYEBAB KEMATIAN PADA SERTIFIKAT MEDIS PENYEBAB KEMATIAN (SMPK) DENGAN KETEPATAN KODE PENYEBAB KEMATIAN DI RSIJ SUKAPURA KELAPA GADING TAHUN 2023

Authors

  • Zalipa Wittri Program Studi Manajemen Informasi Dan Kesehatan, Universitas Esa Unggul
  • Ambarwati Ambarwati Program Studi Manajemen Informasi Dan Kesehatan, Universitas Esa Unggul
  • Hosizah Hosizah Program Studi Manajemen Informasi Dan Kesehatan, Universitas Esa Unggul
  • Nauri Anggita Temesvari Program Studi Manajemen Informasi Dan Kesehatan, Universitas Esa Unggul
  • Witri Zuama Qomarania Program Studi Manajemen Informasi Dan Kesehatan, Universitas Esa Unggul

DOI:

https://doi.org/10.31004/jkt.v5i1.26657

Keywords:

Kelengkapan, Ketepatan, SMPK, RSIJ Sukapura Kelapa Gading

Abstract

Setiap RS wajib mendokumentasikan penyebab kematian ke dalam SMPK, dan diisi lengkap 100% oleh dokter dalam waktu < 24 jam setelah selesai pelayanan. Pada SMPK terdapat beberapa indikator penyebab kematian seperti : penyebab langsung, penyebab antara, dan penyebab dasar. Tepat atau tidak tepat penentuan kode penyebab kematian pada SMPK merupakan tanggung jawab coder, ketidaktepatan kode penyebab kematian dapat menyebabkan laporan mortalitas menjadi tidak akurat. Penelitian ini dimaksudkan untuk mengetahui hubungan kelengkapan penulisan penyebab kematian pada SMPK dengan ketepatan kode penyebab kematian di RSIJ Sukapura Kelapa Gading. Penelitian ini dilakukan di RSIJ Sukapura Kelapa Gading. Jenis penelitian yaitu kuantitatif dengan desain obsevasional anatilik. Metode yang digunakan yaitu cross sectional. Populasi pada penelitian ini 166 SMPK dengan besar sampel 115 SMPK. Pengumpulan data dilakukan menggunakan daftar tilik. Teknis analisis data menggunakan analisis univariat dan bivariat dengan uji chi square. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tidak ada hubungan antara kelengkapan penulisan penyebab kematian pada SMPK dengan ketepatan kode penyebab kematian, dengan nilai P value yaitu 0,442.

References

Adinda, Shafa Haniyah, and Ripai Siregar. 2023. “Hubungan Kelengkapan Diagnosis Dan Tindakan Pada Resume Medis Dengan Ketepatan Koding Rawat Inap Pasien BPJS Di Rumah Sakit Umum Sembiring Tahun 2022 Kesehatan Deli Sumatera.” Kesehatan Deli Sumatera 1(1):1–7.

Akbar, Lutfiyah Mardatillah, and Deni Maisa Putra. 2022. “Analisis Ketepatan Kodefikasi Penyebab Dasar Kematian Di Beberapa Fasilitas Kesehatan Rujukan Tingkat Lanjutkan (FKRTL).” Administration & Health Information of Journal 3(1):71–78.

Alamanda, Widha. 2022. “Analisis Faktor Penyebab Ketidakakuratan Kode Diagnosis Cedera Dan Penyebab Luar Cedera (External Cause) Di RSUPN Dr. Cipto Mangunkusumo.”

Arimbawa, I. Wayan Gede, Ni Putu Linda Yunawati, and Ida Ayu Putu Feby Paramita. 2022. “Hubungan Kelengkapan Penulisan Diagnosis Terhadap Keakuratan Kode ICD-10 Kasus Obstetri Triwulan III Pasien Rawat Inap Di RSU Premagana.” Jurnal Manajemen Informasi Kesehatan Indonesia 10(1):35.

Damayanti, Dian, Novita Nurainir, and Siti Nurhidayah. 2013. “Hubungan Kelengkapan Diagnosis Dengan Keakuratan Kode Diagnosis Pasien Kasus Obstetri Berdasarkan ICD-10 Di Rumah Sakit Umum Kaliwates Jember.” 1(1):77.

Depkes RI. 2006. Pedoman Penyelenggaraan Dan Prosedur Rekam Medis Rumah Sakit Di Indonesia. Jakarta.

Depkes RI. 2008. “Permenkes RI Nomor 129 Tahun 2008 Tentang Standar Pelayanan Minimal Rumah Sakit.” 1–55.

Dewi, Sri Chandra, Dwi Linna Suswardany, and Ibnu Mardiyoko. 2013. “Hubungan Kelengkapan Pengisian Resume Medis Dengan Keakuratan Kode Diagnosis Kasus Obstetri Di RSUD DR Moewardi Surakarta.” 66:37–39.

Hatta, Gemala. 2011. Pedoman Manajemen Informasi Kesehatan Di Sarana Pelayanan Kesehatan. Jakarta: UI-Press.

Hatta, Gemala. 2017. “Pedoman Manajemen Informasi Kesehatan Di Sarana Pelayanan Kesehatan.” Jakarta: UI Press Edisi revi:143–44.

Maryati, Warsi, Aris Oktavian Wannay, and Devi Permani Suci. 2018. “Hubungan Kelengkapan Informasi Medis Dan Keakuratan Kode Diagnosis Diabetes Mellitus.” Jurnal Rekam Medis Dan Informasi Kesehatan 1(2):96.

Meilany, Lilik, and Ari Sukawan. 2021. “Hubungan Pengetahuan Dan Kelengkapan Dokumen Medis Terhadap Ketepatan Kode Diagnosa Utama Pasien Seksio Caesarean Di RSUD Syekh Yusuf Kabupaten Gowa.” Jurnal Manajemen Infor

Downloads

Published

2024-03-24

How to Cite

Wittri, Z., Ambarwati, A., Hosizah, H., Temesvari, N. A. ., & Qomarania, W. Z. . (2024). HUBUNGAN KELENGKAPAN PENULISAN PENYEBAB KEMATIAN PADA SERTIFIKAT MEDIS PENYEBAB KEMATIAN (SMPK) DENGAN KETEPATAN KODE PENYEBAB KEMATIAN DI RSIJ SUKAPURA KELAPA GADING TAHUN 2023 . Jurnal Kesehatan Tambusai, 5(1), 1781–1787. https://doi.org/10.31004/jkt.v5i1.26657

Issue

Section

Articles