MUTU PELAYANAN PADA MASA PANDEMI COVID – 19 (CORONAVIRUS DISEASE 2019) DI RUMAH SAKIT UMUM DAERAH KABUPATEN KARO TAHUN 2022
DOI:
https://doi.org/10.31004/jkt.v5i3.26538Keywords:
mutu pelayanan, pandemi Covid-19, Rumah Sakit Umum Daerah Kabupaten KaroAbstract
Mutu pelayanan dalam pelayanan kesehatan terkait dengan asumsi yang diterima oleh pasien selama menerima pelayanan dari rumah sakit, oleh karena itu rumah sakit perlu untuk sangat mengenal dan mengukur kebutuhan yang diperlukan oleh pasien selama menerima pelayanan di Rumah Sakit. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis mutu pelayanan di masa pandemi Covid-19 di Rumah Sakit Umum Daerah Kabupaten Karo Tahun 2022. Dalam penelitian ini variabel yang diteliti reability, responsiveness, assurance, empathy, tangible. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Dengan jumlah Informan pada penelitian ini sebanyak 5 informan. Pengumpulan data dengan wawancara secara mendalam. Hasil wawancara menunjukkan bahwa mutu pelayanan dilihat dari reliability adalah berdasarkan pelayanan kepada pasien dilakukan sesuai Standar Operasional Prosedur namun jumlah petugas belum memadai. Responsiveness adalah baik saat masa pandemic Covid-19 ataupun pasca pandemic Covid-19 dan pasien merasa puas hal ini dilihat dari tidak ada keluhan dari pasien selama perawatan. Assurance adalah perawat bersikap sabar dan sopan terhadap pasien rawat inap. Empathy adalah cepat tanggap dan segera melaporkan ke dokter namun tidak setiap ruangan tersedia kotak saran. Tangible adalah kurangnya ketersediaan air bersih. Disarankan kepada management Rumah Sakit Umum Daerah Kabupaten Karo diharapkan dapat meningkatkan mutu pelayanan dengan maksimal seperti meningkatkan sarana dan prasarana yaitu ketersediaan air bersih dengan menambah sumur bor tersendiri di ruang rawat inap sesuai Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia No.7 tahun 2019, penambahan staf perawat serta menyediakan kotak saran disetiap ruangan pelayanan.References
Anjaryani, W. D. 2020. Kepuasan Pasien Rawat Inap Terhadap Pelayanan Perawat di RSUD Tugurejo Semarang. Semarang: Universitas Diponegoro Semarang. https://core.ac.uk/download/files/379/11722783.pdf. Diakses tanggal 19 Maret 2020
Azwar, A. 2019. Pengantar Administrasi Kesehatan Edisi Ketiga. Jakarta: Binarupa Aksara
A. Gde Muninjaya. 2020. Manajemen Mutu Pelayanan Kesehatan. Jakarta: Buku Kedokteran EGC
Depkes RI, 2005. Indikator Kinerja Rumah Sakit, Direktorat Jendral Pelayanan Medik. Jakarta.
Irfan, 2018 , Prinsip-Prinsip Perumusan Kebijakan Negara, Jakarta: Sinar Grafika
KARS, 2021. Roadmap anacreditation menuju akreditasi bertaraf internasional, Jakarta.
Kementerian Kesehatan, 2020. Situasi Terkini Perkembangan Corona virus Disease (Covid 19) 31 Mei 2020, Diambil kembali dari covid19.kemkes.go.id: https://covid19.kemkes.go.id situasi infeksi emerging info corona virus
Manullang, M 2018. Manajemen Sumber Daya Manusia. Ghalia Indonesia. Jakarta
Melinda. 2020. Pengaruh kualitas layanan terhadap kepuasan pelanggan brown salon di Tunjungan Plaza Surabaya. Bachelor thesis, Petra Christian University.
Moeloeng, Lexi, J, 2020. Metode Penelitian Kualitatif, Bandung : Remaja, Rosdakarya
Nursalam. 2020. Manajemen Keperawatan: Aplikasi dalam praktik keperawatan professional. (Edisi 3). Jakarta: Salemba Medika
Notoatmodjo, Soekidjo, 2017. Metodologi Penelitian Kesehatan, Rineka Cipta Jakarta.
Putri, G. S. 2020. Update Corona 4 Mei: 3,58 Juta Orang Terinfeksi, 1.159.422 Sembuh. Diambil kembali dari www.kompas.com: https://www.kompas.com/sains/read/2020/05/04/100200023/update- corona-4-mei-358-juta.orang-terinfeksi-1159422-sembu
Profil Kesehatan RSUD Kabupaten Karo, 2020
Setiadi. 2020. Konsep dan Penulisan Dokumentasi Proses Keperawatan Teori dan Praktik. Yogyakarta: Graha Ilmu
Sugiyono. 2020. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Afabeta
Tim Kerja kemenkes, 2013. Pedoman Kesiapsiagaan Menghadapi Infeksi Novel Coronavirus (2019-Ncov). Kementerian Kesehatan RI Direktorat Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Direktorat Surveilans dan Karantina Kesehatan Sub Direktorat Penyakit Infeksi Emerging : Jakarta
Wekadigunawan, C,S,P. 2020. Drugs Aren’t Cool They Make You Act Like a Fool!. Jakarta: Grasindo
Yohana, A. 2020. Analisis Harapan dan Kepuasan Pasien Rawat Inap Penyakit Dalam terhadap Mutu Pelayanan Dokter Spesialis di RSI Sunan Kudus. Tidak Dipublikasikan. Semarang: Universitas Diponegoro.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Magraniy Perangin-Angin, Donal Nababan, Rinawati Sembiring, Frida Lina, Heru Santoso

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work’s authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).


