MUTU PELAYANAN PADA MASA PANDEMI COVID – 19 (CORONAVIRUS DISEASE 2019) DI RUMAH SAKIT UMUM DAERAH KABUPATEN KARO TAHUN 2022

Authors

  • Magraniy Perangin-Angin Program Studi Magister Kesehatan Masyarakat, Direktorat Pascasarjana, Universitas Sari Mutiara Indonesia, Medan, Indonesia
  • Donal Nababan Program Studi Magister Kesehatan Masyarakat, Direktorat Pascasarjana, Universitas Sari Mutiara Indonesia, Medan, Indonesia
  • Rinawati Sembiring Program Studi Magister Kesehatan Masyarakat, Direktorat Pascasarjana, Universitas Sari Mutiara Indonesia, Medan, Indonesia
  • Frida Lina Program Studi Magister Kesehatan Masyarakat, Direktorat Pascasarjana, Universitas Sari Mutiara Indonesia, Medan, Indonesia
  • Heru Santoso Program Studi Magister Kesehatan Masyarakat, Direktorat Pascasarjana, Universitas Sari Mutiara Indonesia, Medan, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31004/jkt.v5i3.26538

Keywords:

mutu pelayanan, pandemi Covid-19, Rumah Sakit Umum Daerah Kabupaten Karo

Abstract

Mutu pelayanan dalam pelayanan kesehatan terkait dengan asumsi yang diterima oleh pasien selama menerima pelayanan dari rumah sakit, oleh karena itu rumah sakit perlu untuk sangat mengenal dan mengukur kebutuhan yang diperlukan oleh pasien selama menerima pelayanan di Rumah Sakit. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis mutu pelayanan di masa pandemi Covid-19 di Rumah Sakit Umum Daerah Kabupaten Karo Tahun 2022. Dalam penelitian ini variabel yang diteliti reability, responsiveness, assurance, empathy, tangible. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Dengan jumlah Informan pada penelitian ini sebanyak 5 informan. Pengumpulan data dengan wawancara secara mendalam. Hasil wawancara menunjukkan bahwa mutu pelayanan dilihat dari reliability adalah berdasarkan pelayanan kepada pasien dilakukan sesuai Standar Operasional Prosedur namun jumlah petugas belum memadai. Responsiveness adalah baik saat masa pandemic Covid-19 ataupun pasca pandemic Covid-19 dan pasien merasa puas hal ini dilihat dari tidak ada keluhan dari pasien selama perawatan. Assurance adalah perawat bersikap sabar dan sopan terhadap pasien rawat inap. Empathy adalah cepat tanggap dan segera melaporkan ke dokter namun tidak setiap ruangan tersedia kotak saran. Tangible adalah kurangnya ketersediaan air bersih. Disarankan kepada management Rumah Sakit Umum Daerah Kabupaten Karo diharapkan dapat meningkatkan mutu pelayanan dengan maksimal seperti meningkatkan sarana dan prasarana yaitu ketersediaan air bersih dengan menambah sumur bor tersendiri di ruang rawat inap sesuai Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia No.7 tahun 2019, penambahan staf perawat serta menyediakan kotak saran disetiap ruangan pelayanan.

References

Anjaryani, W. D. 2020. Kepuasan Pasien Rawat Inap Terhadap Pelayanan Perawat di RSUD Tugurejo Semarang. Semarang: Universitas Diponegoro Semarang. https://core.ac.uk/download/files/379/11722783.pdf. Diakses tanggal 19 Maret 2020

Azwar, A. 2019. Pengantar Administrasi Kesehatan Edisi Ketiga. Jakarta: Binarupa Aksara

A. Gde Muninjaya. 2020. Manajemen Mutu Pelayanan Kesehatan. Jakarta: Buku Kedokteran EGC

Depkes RI, 2005. Indikator Kinerja Rumah Sakit, Direktorat Jendral Pelayanan Medik. Jakarta.

Irfan, 2018 , Prinsip-Prinsip Perumusan Kebijakan Negara, Jakarta: Sinar Grafika

KARS, 2021. Roadmap anacreditation menuju akreditasi bertaraf internasional, Jakarta.

Kementerian Kesehatan, 2020. Situasi Terkini Perkembangan Corona virus Disease (Covid 19) 31 Mei 2020, Diambil kembali dari covid19.kemkes.go.id: https://covid19.kemkes.go.id situasi infeksi emerging info corona virus

Manullang, M 2018. Manajemen Sumber Daya Manusia. Ghalia Indonesia. Jakarta

Melinda. 2020. Pengaruh kualitas layanan terhadap kepuasan pelanggan brown salon di Tunjungan Plaza Surabaya. Bachelor thesis, Petra Christian University.

Moeloeng, Lexi, J, 2020. Metode Penelitian Kualitatif, Bandung : Remaja, Rosdakarya

Nursalam. 2020. Manajemen Keperawatan: Aplikasi dalam praktik keperawatan professional. (Edisi 3). Jakarta: Salemba Medika

Notoatmodjo, Soekidjo, 2017. Metodologi Penelitian Kesehatan, Rineka Cipta Jakarta.

Putri, G. S. 2020. Update Corona 4 Mei: 3,58 Juta Orang Terinfeksi, 1.159.422 Sembuh. Diambil kembali dari www.kompas.com: https://www.kompas.com/sains/read/2020/05/04/100200023/update- corona-4-mei-358-juta.orang-terinfeksi-1159422-sembu

Profil Kesehatan RSUD Kabupaten Karo, 2020

Setiadi. 2020. Konsep dan Penulisan Dokumentasi Proses Keperawatan Teori dan Praktik. Yogyakarta: Graha Ilmu

Sugiyono. 2020. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Afabeta

Tim Kerja kemenkes, 2013. Pedoman Kesiapsiagaan Menghadapi Infeksi Novel Coronavirus (2019-Ncov). Kementerian Kesehatan RI Direktorat Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Direktorat Surveilans dan Karantina Kesehatan Sub Direktorat Penyakit Infeksi Emerging : Jakarta

Wekadigunawan, C,S,P. 2020. Drugs Aren’t Cool They Make You Act Like a Fool!. Jakarta: Grasindo

Yohana, A. 2020. Analisis Harapan dan Kepuasan Pasien Rawat Inap Penyakit Dalam terhadap Mutu Pelayanan Dokter Spesialis di RSI Sunan Kudus. Tidak Dipublikasikan. Semarang: Universitas Diponegoro.

Downloads

Published

2024-09-27