HUBUNGAN TINGKAT KEPUASAN PASIEN TERHADAP LOYALITAS PASIEN RAWAT JALAN DI RSUD BALARAJA

Authors

  • Siti Nurholifah Program Studi Kesehatan Masyarakat, Fakultas Ilmu – Ilmu Kesehatan, Universitas Esa Unggul
  • Intan Silviana Mustikawati Program Studi Kesehatan Masyarakat, Fakultas Ilmu – Ilmu Kesehatan, Universitas Esa Unggul
  • Anggun Nabila Program Studi Kesehatan Masyarakat, Fakultas Ilmu – Ilmu Kesehatan, Universitas Esa Unggul
  • Ade Heryana S1 Kesehatan Masyarakat Universitas Esa Unggul
  • Mayumi Nitami Program Studi Kesehatan Masyarakat, Fakultas Ilmu – Ilmu Kesehatan, Universitas Esa Unggul

DOI:

https://doi.org/10.31004/jkt.v5i2.26185

Keywords:

Daya Tanggap, Bukti fisik, Empati, Jaminan, Kehandalan, Kepuasan, Loyalitas

Abstract

Loyalitas merupakan bentuk perilaku pasien dalam pengambilan Keputusan untuk melakukan kunjungan secara terus menerus untuk melakukan pengobatan dan pemeriksaan disuatu rumah sakit yang dipilih. Berdasarkan studi pendahuluan pada 10 pasien rawat jalan ditemukan bahwa tingkat loyalitas pasien sebesar 50%, penelitian ini berujuan untuk mengetahui hubungan tingkat kepuasan pasien dengan loyalitas pasien rawat jalan di RSUD Balaraja. Menggunakan metode kuantitatif dengan desain cross sectional. Sampel dari 97 responden pasien rawat jalan yang sudah berkunjung ? 2 kali, analisis data univariat dan bivariate korelasi sperman. Penelitian ini dilakukan pada Januari 2024. Hasil univariat ditemukan karakteristik usia responden terbanyak pada katagori dewasa 84 responden (86,6%), jenis kelamin terbanyak pada responden laki laki 50 (51,5%), status pernikahan menikah sebanyak 56 (57,7%), tingkat pendidikan menengah sebanyak 47 responden (48,5%),  pekerjaan tertinggi berada pada katagori dan lain – lain 49 responden (49%), nilai rata – rata kepuasan pasien 65,00 dengan proporsi nilai rata – rata tertinggi pada dimensi kehandan yaitu 17 , nilai rata – rata loyalitas 31. Terdapat hubungan antara kepuasan, kehandalan, daya tanggap, jaminan, empati dan bukti fisik dengan loyalitas pasien. diharapkan dapat meningkatkan kepuasan pasien pasien terhadap pelayanan rawat jalan di RSUD Balaraja sehingga terciptanya loyalitas pada pasien.    

References

Griffin, J. (2010). Customer Loyalty How To Earn It, How Keep It. I. Mc Graw Hil.

Nisa, H. K. (2022). Faktor - Faktor Yang Berhubungan Dengan Loyalitas Pasien Instalasi Rawat Jalan Di RSU Jampang Kulon Tahun 2022. Jurnal Kesehatan Masyarakat Mulawarman.

Sari, M. R., Ardiwirastuti, I., & Harviandani, B. S. (2020). Hubungan Kepuasan Paien dengan Loyalitas pasien di RSGM IIK Bhakti Wijaya Kediri. Jurnal Ilmiah Kesehatan, 7, 1.

Sihombing, Y. A. (2022). Loyalitas Pasien Tinjauan Aspek Pelayanan, Kepuasan, Trust, Komitmen, Brand Equity, dan Hospital Image. PT. Nasya Expanding Management.

Tjiptono, F., & Chandra, G. (2012). Pemasaran Strategik (kedua). C.V Offset.

Wartaningsih, M., & Setiawan, F. E. B. (2023). Analisis Kepuasan dan Loyalitas Pasien Di Rumah Sakit Kristen Mojowarno. Jurnal Manajemen Kesehatan, 9.

Wati, L. (2018). Hubunan Antara Reliability dan Responsiveness Dengan Loyalitas Pasien di Ruang Rawat Inap. Keperawatan Silampari, 2, 1.

Downloads

Published

2024-06-29

How to Cite

Nurholifah, S., Silviana Mustikawati, I., Nabila, A., Heryana, A., & Nitami, M. . (2024). HUBUNGAN TINGKAT KEPUASAN PASIEN TERHADAP LOYALITAS PASIEN RAWAT JALAN DI RSUD BALARAJA. Jurnal Kesehatan Tambusai, 5(2), 5458–5463. https://doi.org/10.31004/jkt.v5i2.26185

Issue

Section

Articles