EVALUASI POLA PELAYANAN KONSELING PADA PASIEN POLIFARMASI RAWAT JALAN DI RUMAH SAKIT SITI FATIMAH DAN RUMAH SAKIT ISLAM AR-RASYID DI PALEMBANG

Authors

  • Hairun Niza Universitas Kader Bangsa Palembang
  • Sarah Hanifah Az-Zahra Anwar Universitas Kader Bangsa Palembang
  • Novi Arianti Universitas Kader Bangsa Palembang

DOI:

https://doi.org/10.31004/jkt.v4i4.21542

Keywords:

Konseling, Polifarmasi, Tingkat kepatuhan dan tingkat keberhasilan terapi

Abstract

Layanan konseling melibatkan apoteker yang memberikan informasi atau rekomendasi kepada pasien atau keluarganya mengenai terapi obat. Polifarmasi merupakan masalah serius dalam pengobatan pasien karena dapat menyebabkan interaksi obat yang tidak diinginkan, efek samping yang merugikan, penurunan kualitas hidup, dan peningkatan resiko kematian. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kepatuhan dan tingkat keberhasilan terapi pada pasien setelah diberikan konseling di Rumah Sakit Palembang. Rancangan penelitian yang digunakan berupa penelitian cross-sectional dengan pengambilan data berupa prospektif pengumpulan data menggunakan kuesioner kepada 41 responden polifarmasi di Rumah Sakit Siti Fatimah dan Rumah Sakit Islam Ar-Rasyid di masing – masing Rumah Sakitnya, hasil uji statistik diperoleh p value = 0,001 dapat disimpulkan ada hubungan pelayanan konseling terhadap tingkat kepatuhan pada pasien polifarmasi di Rumah Sakit Siti Fatimah, sedangkan hasil uji statistik di Rumah Sakit Islam Ar-Rasyid diperoleh p value = 0,005 disimpulkan ada hubungan pelayanan konseling terhadap tingkat kepatuhan pada pasien polifarmasi, berdasarkan tingkat keberhasilan terapi dari hasil statistik p value = 0,031 dengan demikian dapat disimpulkan ada hubungan konseling terhadap keberhasilan terapi di Rumah Sakit Siti Fatimah, sedangkan di Rumah Sakit Islam Ar-Rasyid p value = 0,010 dapat disimpulkan ada hubungan konseling terhadap keberhasilan terapi.

References

Amanah, M. N. (2022). Pengaruh Konseling Terhadap Kepatuhan Pasien Tuberrculosis di Puskesmas Andalas Padang (Doctoral dissertation, Universitas Andalas)

Febriani, Widia et al. 2022. “Pentingnya Peran Layanan Konseling Bagi Pasien Di Rumah Sakit.” 1(02): 132–36.

Kementerian Kesehatan Republik Indonesia . Peraturan Menteri kesehatan No 72 Tahun 2016. Tentang Pelayanan Kefarmasian, kementerian Kesehatan RI; 2016.

Nila, Dian, Niken (2019). Hubungan Kepatuhan Minum Obat Dengan Keberhasilan Terapi Pada PAsien Prolanis DM Tipe 2 di Instalasi Rawat Jalan Puskesmas Lerep

Siregar. (2015). Metode Penelitian Kuantitaif. Jakarta: Prenadamedia Group.

Sugiyono (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alphabet

Zelko E, Klemenc-Ketis Z, Tusek-Buck K. “Medication Adherence in Elderly With Polypharmacy Living at Home: A Systematic Review of Existing Studies. “Mster Sociomed. 2016;28(2):129-132.

Prihandiwati, E., Rahem, A., & Rachmawati, R. (2018). Pengaruh Brief Counseling Terhadap Kepatuhan Minum Obat dan Kadar Gula Darah Pasien Diabetes Mellitus Tipe II di RSUD Ulin Banjarmasin. CALYPTRA, 7(1), 2050-2067.

Downloads

Published

2023-12-14

How to Cite

Niza, H., Anwar, S. H. A.-Z. ., & Arianti, N. (2023). EVALUASI POLA PELAYANAN KONSELING PADA PASIEN POLIFARMASI RAWAT JALAN DI RUMAH SAKIT SITI FATIMAH DAN RUMAH SAKIT ISLAM AR-RASYID DI PALEMBANG. Jurnal Kesehatan Tambusai, 4(4), 5610–5615. https://doi.org/10.31004/jkt.v4i4.21542