FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN PEMANFAATAN BPJS KESEHATAN PADA MASYARAKAT DI PUSKESMAS ALUE PISANG KABUPATEN ACEH BARAT DAYA TAHUN 2022
DOI:
https://doi.org/10.31004/jkt.v4i4.21512Keywords:
Fasilitas, Pelayanan kesehatan, Pengetahuan, SikapAbstract
BPJS kesehatan adalah badan hukum publik yang berfungsi menyelenggarakan program jaminan kesehatan bagi seluruh masyarakat Indonesia termasuk warga asing yang bekerja paling singkat 6 bulan di Indonesia. Laporan Puskesmas Alue Pisang bahwa kunjungan peserta BPJS tahun 2020 terjadi penurunan yang sangat signifikan yaitu menjadi 145 peserta BPJS kesehatan yang berkunjung. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor yang berhubungan dengan pemanfaatan BPJS kesehatan pada masyarakat di Puskesmas Alue Pisang Kabupaten Aceh Barat Daya Tahun 2022. Metode penelitian ini bersifat deskriptif analitik dengan desain penelitian pendekatan cross sectional., jumlah populasi penerima bantuan iuran (PBI) 23.455 orang. sampel sebanyak 99 responden, Teknik pengambilan sampel menggunakan random sampling. Analisis data menggunakan uji chisquare. Berdasarkan hasil analisis univariat variabel pemanfataan BPJS 68,7% yang tidak memanfaatkan 22.2%, pengetahuan dengan kategori baik 55.6%, fasilitas kesehatan dengan kategori baik 51.5% dan kurang baik 48.5%, pelayanan kesehatan kategori baik 37.4% dan kurang baik 62.6%, sedangkan sikap petugas kesehatan kategori baik 63.6% dan kurang baik 36.4%. Dibandingkan dengan hasil analisis bivariat variabel pengetahuan memiliki nilai p-value 0,035, fasilitas kesehatan nilai p-value 0,031, pelayan kesehatan nilai p-value 0,007, dan sikap petugas kesehatan memiliki nilai p-value 0,003 yang berarti memiliki hubungan yang signifikan terhadap pemanfaatan BPJS Kesehatan pada masyarakat di Wilayah Kerja Puskesmas Alue Pisang Kecamatan Kuala Bate Kabupaten Aceh Barat Daya Tahun 2022. Kesimpulan dari penelitian ini pengetahuan, fasilitas kesehatan, pelayanan kesehatan dan sikap petugas kesehatan memiliki hubungan terhadap pemanfaatan bpjs kesehatan pada masyarakat. Oleh karena itu disarankan bagi masyarakat agar selalu memanfaatkan kartu bpjs kesehatan.References
Asri. (2022). Faktor-Faktor Yang Berhubungan Dengan Pemanfaatan Pelayanan Kesehatan Pada Peserta Bpjs Kesehatan Di Puskesmas Campalagian. Journal Peqguruang: Conference Series, Vol. 4, No.
Betri. (2019). Puskesmas Dan Jaminan Kesehatan Nasional. Yogyakarta: Deepublish.
BPJS Ketenagakerjaan. (2016). Undang-Undang No.40 tahun 2004. Retrieved from https://www.bpjsketenagakerjaan.go.id/assets/uploads/peraturan/09012015_101126_uu_40_04_jamnas.pdf
Cahyani. (2020). Faktor-Faktor Yang Berhubungan Dengan Pemanfaatan Pelayanan Kesehatan Pada Peserta JKN Di Wilayah Kerja Puskesmas Beruntung Raya Tahun 2020. In Doctoral dissertation. Kalimantan: Universitas Islam Kalimantan MAB.
Dinkes Aceh. (2021). Profil Kesehtan Aceh Tahun 2021. Aceh: Dinas Kesehatan Aceh.
Hidayatun. (2021). Konsep Dasar Mutu Pelayanan Kesehatan. Jakarta: Penerbit Adab.
Imbalo. (2016). Jaminan Mutu Layanan Kesehatan. Jakarta: Elex Media Komputindo.
Imtiya. A.Y. (2023). Faktor-Faktor yang Berhubungan Dengan Pemanfaatan Pelayanan Kesehatan Pada Pasien BPJS Kesehatan di Puskesmas Sibela Surakarta. In Tesis. Surakarta: Universitas Kusuma Husada Surakarta.
Irawan. B. (2018). Analisis Faktor-Faktor Yang Berhubungan Dengan Pemanfaatan Pelayanan Kesehatan Pada Peserta Jaminan Kesehatan Nasional Di Wilayah Kerja Puskesmas Payakabung, Kabupaten Ogan Ilir. Jurnal Ilmu Kesehatan Masyarakat, 9(3), 189-.
Kemenkes RI. (2021). Profil Kesehatan Indonesia Tahun 2021. Retrieved from Pdf/profilKesehatan-Indonesia.
Kurniawati. W. (2018). Identifikasi penyebab rendahnya kepesertaan JKN pada pekerja sektor informal di kawasan pedesaan. Jurnal Administrasi Kesehatan Indonesia Volume 3 Nomor 1, 6(1), 33.
Laturrakhmi. Y. F. (2020). Analisis perilaku masyarakat pedesaan terhadap asuransi kesehatan nasional dalam perspektif komunikasi kesehatan. Informasi,. Komuniti: Jurnal Komunikasi Dan Teknologi, 12(2), 87-.
Lilik. (2020). Buku Ajar Manajemen Pelayanan Kesehatan. Jakarta: Zifatama Jawara.
Lukfiati. (2021). Faktor Yang Berhubungan Dengan Pemanfaatan Pelayanan Kesehatan Pada Pasien BPJS Di Puskesmas Bantimurung Kabupaten Maros. Doctoral Dissertation, Universitas Hasanuddin.
Mustofa.A. (2020). Administrasi Pelayanan Kesehatan Masyarakat. Surabaya: CV.Jakad Media Publishing.
Natasya. E. (2022). FAKTOR-FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN PEMANFAATAN PELAYANAN JAMINAN KESEHATAN NASIONAL DI RSD IDAMAN BANJARBARU. Doctoral Dissertation, Universitas Islam Kalimantan MAB.
Nurdan. J. Wulan.S. Aktariyani. T. & Fanda. R. B. (2020). Hasil Penelitian Kebijakan Evaluasi Jaminan Kesehatan Nasional 2019 Di Provinsi Bengkulu. Center for Helath
Policy and Management, 1-14.
Nursafa. (2015). Faktor Yang Berhubungan Dengan Pemanfaatan Pelayanan Kesehatan Pasien BPJS Kesehatan Di Puskesmas Jumpandang Baru. Jurnal Penelitian (Online).
Rahmayani.A. (2021). Faktor-Faktor yang Berhubungan Dengan Pemanfaatan Pelayanan Kesehatandi Puskesmas Benda Baru Tangerang Selatan. Jurnal Semesta Sehat, Vol.1, No.
Rahmayanti. (2021). Faktor-faktor yang Berhubungan dengan Pemanfaatan BPJS Kesehatan di Wilayah Kerja Puskesmas Benda Baru Tangerang Selatan. Jurnal Semesta Sehat (J-Mestahat), 1(1), 1-9.
Ryadi. (2016). Ilmu Kesehatan Masyarakat. Yogyakarta: ANDI.
Wiyono. (2018). Manajemen Mutu Pelayanan Kesehatan Edisi 2. Surabaya: UNAIR Press.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Liza Ulfira, Surna Lastri, Dedi Andria
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work’s authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).