FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN PEMANFAATAN BPJS KESEHATAN PADA MASYARAKAT DI PUSKESMAS ALUE PISANG KABUPATEN ACEH BARAT DAYA TAHUN 2022

Authors

  • Liza Ulfira Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Muhammadiyah Aceh, Indonesia
  • Surna Lastri Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Muhammadiyah Aceh, Indonesia
  • Dedi Andria Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Muhammadiyah Aceh, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31004/jkt.v4i4.21512

Keywords:

Fasilitas, Pelayanan kesehatan, Pengetahuan, Sikap

Abstract

BPJS kesehatan adalah badan hukum publik yang berfungsi menyelenggarakan program jaminan kesehatan bagi seluruh masyarakat Indonesia termasuk warga asing yang bekerja paling singkat 6 bulan di Indonesia. Laporan Puskesmas Alue Pisang bahwa kunjungan peserta BPJS tahun 2020 terjadi penurunan yang sangat signifikan yaitu menjadi 145 peserta BPJS kesehatan yang berkunjung. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor yang berhubungan dengan pemanfaatan BPJS kesehatan pada masyarakat di Puskesmas Alue Pisang Kabupaten Aceh Barat Daya Tahun 2022. Metode penelitian ini bersifat deskriptif analitik dengan desain penelitian pendekatan cross sectional., jumlah populasi penerima bantuan iuran (PBI) 23.455 orang. sampel sebanyak 99 responden, Teknik pengambilan sampel menggunakan random sampling. Analisis data menggunakan uji chisquare. Berdasarkan hasil analisis univariat variabel pemanfataan BPJS 68,7% yang tidak memanfaatkan 22.2%, pengetahuan dengan kategori baik 55.6%, fasilitas kesehatan dengan kategori baik 51.5% dan kurang baik 48.5%, pelayanan kesehatan kategori baik 37.4% dan kurang baik 62.6%, sedangkan sikap petugas kesehatan kategori baik 63.6% dan kurang baik 36.4%. Dibandingkan dengan hasil analisis bivariat variabel pengetahuan memiliki nilai p-value 0,035, fasilitas kesehatan nilai p-value 0,031, pelayan kesehatan nilai p-value 0,007, dan sikap petugas kesehatan memiliki nilai p-value 0,003 yang berarti  memiliki hubungan yang signifikan terhadap pemanfaatan BPJS Kesehatan pada masyarakat di Wilayah Kerja Puskesmas Alue Pisang Kecamatan Kuala Bate Kabupaten Aceh Barat Daya Tahun 2022. Kesimpulan dari penelitian ini pengetahuan, fasilitas kesehatan, pelayanan kesehatan dan sikap petugas kesehatan memiliki hubungan terhadap pemanfaatan bpjs kesehatan pada masyarakat. Oleh karena itu disarankan bagi masyarakat agar selalu memanfaatkan kartu bpjs kesehatan.

References

Asri. (2022). Faktor-Faktor Yang Berhubungan Dengan Pemanfaatan Pelayanan Kesehatan Pada Peserta Bpjs Kesehatan Di Puskesmas Campalagian. Journal Peqguruang: Conference Series, Vol. 4, No.

Betri. (2019). Puskesmas Dan Jaminan Kesehatan Nasional. Yogyakarta: Deepublish.

BPJS Ketenagakerjaan. (2016). Undang-Undang No.40 tahun 2004. Retrieved from https://www.bpjsketenagakerjaan.go.id/assets/uploads/peraturan/09012015_101126_uu_40_04_jamnas.pdf

Cahyani. (2020). Faktor-Faktor Yang Berhubungan Dengan Pemanfaatan Pelayanan Kesehatan Pada Peserta JKN Di Wilayah Kerja Puskesmas Beruntung Raya Tahun 2020. In Doctoral dissertation. Kalimantan: Universitas Islam Kalimantan MAB.

Dinkes Aceh. (2021). Profil Kesehtan Aceh Tahun 2021. Aceh: Dinas Kesehatan Aceh.

Hidayatun. (2021). Konsep Dasar Mutu Pelayanan Kesehatan. Jakarta: Penerbit Adab.

Imbalo. (2016). Jaminan Mutu Layanan Kesehatan. Jakarta: Elex Media Komputindo.

Imtiya. A.Y. (2023). Faktor-Faktor yang Berhubungan Dengan Pemanfaatan Pelayanan Kesehatan Pada Pasien BPJS Kesehatan di Puskesmas Sibela Surakarta. In Tesis. Surakarta: Universitas Kusuma Husada Surakarta.

Irawan. B. (2018). Analisis Faktor-Faktor Yang Berhubungan Dengan Pemanfaatan Pelayanan Kesehatan Pada Peserta Jaminan Kesehatan Nasional Di Wilayah Kerja Puskesmas Payakabung, Kabupaten Ogan Ilir. Jurnal Ilmu Kesehatan Masyarakat, 9(3), 189-.

Kemenkes RI. (2021). Profil Kesehatan Indonesia Tahun 2021. Retrieved from Pdf/profilKesehatan-Indonesia.

Kurniawati. W. (2018). Identifikasi penyebab rendahnya kepesertaan JKN pada pekerja sektor informal di kawasan pedesaan. Jurnal Administrasi Kesehatan Indonesia Volume 3 Nomor 1, 6(1), 33.

Laturrakhmi. Y. F. (2020). Analisis perilaku masyarakat pedesaan terhadap asuransi kesehatan nasional dalam perspektif komunikasi kesehatan. Informasi,. Komuniti: Jurnal Komunikasi Dan Teknologi, 12(2), 87-.

Lilik. (2020). Buku Ajar Manajemen Pelayanan Kesehatan. Jakarta: Zifatama Jawara.

Lukfiati. (2021). Faktor Yang Berhubungan Dengan Pemanfaatan Pelayanan Kesehatan Pada Pasien BPJS Di Puskesmas Bantimurung Kabupaten Maros. Doctoral Dissertation, Universitas Hasanuddin.

Mustofa.A. (2020). Administrasi Pelayanan Kesehatan Masyarakat. Surabaya: CV.Jakad Media Publishing.

Natasya. E. (2022). FAKTOR-FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN PEMANFAATAN PELAYANAN JAMINAN KESEHATAN NASIONAL DI RSD IDAMAN BANJARBARU. Doctoral Dissertation, Universitas Islam Kalimantan MAB.

Nurdan. J. Wulan.S. Aktariyani. T. & Fanda. R. B. (2020). Hasil Penelitian Kebijakan Evaluasi Jaminan Kesehatan Nasional 2019 Di Provinsi Bengkulu. Center for Helath

Policy and Management, 1-14.

Nursafa. (2015). Faktor Yang Berhubungan Dengan Pemanfaatan Pelayanan Kesehatan Pasien BPJS Kesehatan Di Puskesmas Jumpandang Baru. Jurnal Penelitian (Online).

Rahmayani.A. (2021). Faktor-Faktor yang Berhubungan Dengan Pemanfaatan Pelayanan Kesehatandi Puskesmas Benda Baru Tangerang Selatan. Jurnal Semesta Sehat, Vol.1, No.

Rahmayanti. (2021). Faktor-faktor yang Berhubungan dengan Pemanfaatan BPJS Kesehatan di Wilayah Kerja Puskesmas Benda Baru Tangerang Selatan. Jurnal Semesta Sehat (J-Mestahat), 1(1), 1-9.

Ryadi. (2016). Ilmu Kesehatan Masyarakat. Yogyakarta: ANDI.

Wiyono. (2018). Manajemen Mutu Pelayanan Kesehatan Edisi 2. Surabaya: UNAIR Press.

Downloads

Published

2023-12-22

How to Cite

Ulfira, L. ., Lastri, S. ., & Andria, D. . (2023). FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN PEMANFAATAN BPJS KESEHATAN PADA MASYARAKAT DI PUSKESMAS ALUE PISANG KABUPATEN ACEH BARAT DAYA TAHUN 2022. Jurnal Kesehatan Tambusai, 4(4), 6058–6065. https://doi.org/10.31004/jkt.v4i4.21512