HUBUNGAN DEPRESI DENGAN STUDENTS ENGAGEMENT PADA SISWA DI SMA NEGERI 1 MINGGIR SLEMAN
DOI:
https://doi.org/10.31004/jkt.v4i4.21248Keywords:
Depresi, Remaja, Student engagementAbstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menginvestigasi hubungan antara depresi dan sejauh mana siswa terlibat dalam proses tersebut. belajar di SMA Negeri 1 Minggir, Sleman. Sampel penelitian terdiri dari 136 siswa yang dipilih secara menyeluruh. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan metode cross-sectional. Data dikumpulkan menggunakan instrumen Penelitian ini telah diuji untuk memastikan validitas dan reliabilitasnya. Analisis statistik menggunakan uji Spearman dilakukan untuk mengevaluasi korelasi antara tingkat depresi dan keterlibatan siswa dalam proses belajar. Jika nilai p kurang dari 0,05, menunjukkan adanya hubungan yang signifikan antara kedua variabel tersebut.Dari hasil analisis, didapatkan nilai p sebesar 0,454, yang menunjukkan bahwa tidak terdapat hubungan yang signifikan antara tingkat depresi dan keterlibatan siswa dalam proses belajar di SMA Negeri 1 Minggir. Oleh karena itu, hipotesis penelitian ini harus ditolak. Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa tidak ada hubungan antara depresi dan tingkat keterlibatan siswa dalam proses pembelajaran di SMA Negeri 1 Minggir, Sleman. Temuan ini menunjukkan bahwa depresi tidak berpengaruh secara langsung terhadap tingkat keterlibatan siswa dalam proses pembelajaran di sekolah tersebut. Penelitian ini memberikan kontribusi penting dalam memperluas pemahaman tentang faktor-faktor yang mempengaruhi keterlibatan siswa di sekolah. Namun, penelitian lebih lanjut diperlukan untuk menyelidiki faktor-faktor lain yang mungkin berperan dalam keterlibatan siswa yang mengalami depresi pada usia remaja.References
Afrianty, F., & KUSDIYATI, S. (2015). Studi Deskriptif School Engagement Siswa Kelas X, XI Dan XII IPS SMA Mutiara 2 Bandung. Prosiding Psikologi, 460-467.
Damayanti, A. A. M., & Susilawati, L. K. P. A. (2018). Peran citra tubuh dan penerimaan diri terhadap self esteem pada remaja putri di kota denpasar. Jurnal Psikologi, 5(2), 424-433.
Emilda, F., Machira, C., & Wahab, A. (2016). Keakraban orang tua-remaja dan depresi remaja SMA di Kota Yogyakarta. Berita Kedokteran Masyarakat, 32(10), 379-384.
Endriyani, S., Sari, S. P., & Aksanonnisa, A. (2022). Analisis Dampak Pandemi Covid-19 terhadap Psikososial Remaja. Jurnal Keperawatan Jiwa, 10(2), 277-284.
Eskin, M., Sun, J. M., Abuidhail, J., Yoshimasu, K., Kujan, O., Janghorbani, M., ... & Voracek, M. (2016). Suicidal behavior and psychological distress in university students: a 12-nation study. Archives of suicide research, 20(3), 369-388.
Feng, J., Spence, I., & Pratt, J. (2007). Playing an action video game reduces gender differences in spatial cognition. Psychological science, 18(10), 850-855.
Haryanto, H., Wahyuni, H. D., & Nandiroh, S. (2016). Sistem deteksi gangguan depresi pada anak-anak dan remaja. Jurnal Ilmiah Teknik Industri, 14(2), 142-152.
Husain, N., Cruickshank, K., Husain, M., Khan, S., Tomenson, B., & Rahman, A. (2012). Social stress and depression during pregnancy and in the postnatal period in British Pakistani mothers: a cohort study. Journal of affective disorders, 140(3), 268-276.
Mahfud, M. (2021). Lama Waktu Tunggu Persiapan Tim Berhubungan dengan Kecemasan Pasien Gangguan Jantung yang akan Dilakukan Trans Esophageal Echocardiography di Ruang Echo. Indonesian Journal of Hospital Administration, 3(2), 53-60.
Nugroho, I. S., Kusumawati, E., & Wahyuningsih, D. D. (2021). Student engagement during pandemic COVID-19 and its implications for guidance and counseling. KONSELI: Jurnal Bimbingan Dan Konseling (E-Journal), 8(2), 135-144.
Pramesti, D. (2019). RELATIONSHIP BETWEEN KERONCONG MUSIC THERAPHY WITH DEPRESSION OF THE ELDERLY LEVEL AT PANTI WREDHA BUDHI DHARMA YOGYAKARTA. JURNAL KESEHATAN SAMODRA ILMU, 10(2), 146-151.
Rahmy, H. A., & Muslimahayati, M. (2021). Depresi dan Kecemasan Remaja Ditinjau dari Perspektif Kesehatan dan Islam. Journal of Demography, Ethnography and Social Transformation, 1(1), 35-44.
Tarigan, B. N. B., Agung, A. A. G., & Parmiti, D. P. (2019). Pengembangan lembar kerja siswa (lks) bermuatan karakter untuk meningkatkan hasil belajar ipa. Journal of Education Technology, 3(3), 179-185.
Windarwati, H. D., Hidayah, R., Nova, R., Supriati, L., Ati, N. A. L., Sulaksono, A. D., ... & Ilmy, E. S. K. (2021). Identifikasi keterkaitan komunikasi dalam keluarga dan keharmonisan keluarga pada remaja sekolah menengah atas. Caring: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(1), 1-9.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Bima Sakti Putra Utama, Despita Pramesti, Mahfud Mahfud
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work’s authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).