ANALISIS KEWASPADAAN STANDAR DALAM PENCEGAHAN INFEKSI DI KAMAR BEDAH RUMAH SAKIT UMUM DAERAH DOLOKSANGGUL

Authors

  • PARDAMEAN LUBIS INSTITUT KESEHATAN HELVETIA
  • Juliandi Harahap Institut Kesehatan Helvetia
  • Deli Theo Institut Kesehatan Helvetia

DOI:

https://doi.org/10.31004/jkt.v2i3.2109

Abstract

Kewaspadaan standar dalam pencegahan infeksi sangat penting diterapkan di kamar bedah, mengingat pembedahan memiliki resiko yang besar terjadinya infeksi nasokomial sehingga dapat meningkatkan morbilitas dan mortalitas serta meningkatkan biaya kesehatan. Kejadian Infeksi Daerah Operasi (IDO) di RSUD Doloksanggul pada Tahun 2019 yaitu kasus bedah umum sebesar 10%, kasus bedah mata sebesar 10%, kasus kebidanan sebesar 2% dan kasus bedah mulut sebesar 0,5%. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kewaspadaan standar dalam pencegahan infeksi di Kamar Bedah RSUD Doloksanggul. Jenis penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Penelitian dilaksanakan di RSUD Doloksanggul. Informan dalam penelitian ini berjumlah 8 orang Pengumpulan data dengan wawancara mendalam dan observasi lapangan dan analisa data dengan mereduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kebersihan tangan yang dilakukan oleh petugas kesehatan di kamar bedah Rumah Sakit Umum Daerah Doloksanggul kurang baik, pemakian alat pelindung diri (APD) kurang baik, dekontaminasi peralatan perawatan pasien sudah baik, pengendalian lingkungan kurang baik, pengelolaan limbah sudah baik, pengelolaan linen sudah baik, perlindungan kesehatan petugas kurang baik, Penempatan pasien kurang baik, Praktik menyuntik sudah baik, Praktik lumbal fungsi sudah baik. Disarankan kepada RSUD Doloksanggul untuk meningkatkan peran dan fungsi tim pencegahan dan pengendalian infeksi, melakukan pelatihan berkelanjutan bagi petugas kamar bedah tentang pencegahan dan pengendalian infeksi.

References

Amrullah, A. A. (2019). Analisis Pengelolaan Limbah Medis Puskesmas di Kecamatan Babulu Kabupaten Penajam Paser Utara Berdasarkan Permenkes Nomor 27 Tahun 2017. Husada Mahakam: Jurnal Kesehatan, 9(1), 453–464. JOUR.

Asrawal, A., Hasan, D., & Daniel, D. (2019). Faktor Risiko Terjadinya Infeksi Daerah Operasi pada Pasien Bedah Orthopedi di Rsup Fatmawati Periode Juli-Oktober 2018. Jurnal Sains Farmasi & Klinis, 6(2), 104–112. JOUR.

Haryono, R., & Utami, M. P. S. (2019). Keperawatan Medikal Bedah 2. JOUR.

Kamil, H. (2011). Penerapan Prinsip Kewaspadaan Standar Oleh Perawat Pelaksana Di Ruang Rawat Inap Penyakit Bedah RSUDZA Banda Aceh. Idea Nursing Journal, 2(1), 1–11. JOUR.

Kautsar Azhari, M. (2017). Penerapan hand Hygienis dan Penggunaan Alat Pelindung Diri dalam Pencegahan dan Pengendalian Infeksi Nosokomial di Ruang Isolasi RSUD Labuang Baji Makassar. DISS, UIN Alauddin Makassar.

KemenKes, R. I. (2012). Pedoman Teknis Bangunan Rumah Sakit Ruang Perawatan Intensif. Jakarta: Direktorat Bina Pelayanan Penunjang Medik Dan Sarana Kesehatan. JOUR.

KEMENKES, R. I. (2017). Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 27 tahun 2017 Tentang Pedoman Pencegahan dan Pengendalian Infeksi di Fasilitas Pelayanan Kesehatan. MENKES RI: Jakarta. JOUR.

Muttaqin, A., & Sari, K. (2009). Asuhan keperawatan perioperatif konsep, proses, dan aplikasi. Jakarta: Salemba Medika, 56–58. JOUR.

Potter, P. A., & Perry, A. G. (2005). Buku Ajar Fundamental Keperawatan Konsep, Proses dan Praktik Edisi 4, Jakarta: EGC Notoatmodjo. 2009. Promosi Kesehatan Teori Dan Aplikasi. JOUR.

Romadhoni, S., & Widowati, E. (2017). The Penerapan Kewaspadaan Standar sebagai Upaya Pencegahan Bahaya Biologi pada Tenaga Keperawatan. HIGEIA (Journal of Public Health Research and Development), 1(4), 14–24. JOUR.

Rosadiana, A. (2020). Hubungan Kepatuhan Perawat Kamar Bedah dengan Risiko Infeksi Daerah Operasi (IDO) di RSUD Wonosari. DISS, Poltekkes Kemenkes Yogyakarta.

Siswanto, S., Susila, D., & Suyanto, D. (2013). Metodologi penelitian kesehatan dan kedokteran. Yogyakarta: Bursa Ilmu. JOUR.

Downloads

Published

2021-09-30

How to Cite

LUBIS, P., Harahap, J., & Theo, D. (2021). ANALISIS KEWASPADAAN STANDAR DALAM PENCEGAHAN INFEKSI DI KAMAR BEDAH RUMAH SAKIT UMUM DAERAH DOLOKSANGGUL. Jurnal Kesehatan Tambusai, 2(3), 150–159. https://doi.org/10.31004/jkt.v2i3.2109