PENGARUH KECERDASAN EMOSIONAL DAN SPIRITUAL TERHADAP KINERJA PERAWAT: LITERATURE REVIEW
DOI:
https://doi.org/10.31004/jkt.v4i4.20731Keywords:
kecerdasan emosional, kecerdasan spiritual, kinerja perawatAbstract
Kinerja perawat merupakan faktor utama dalam menentukan keberhasilan pelayanan di rumah sakit. Dalam konteks pelayanan kesehatan yang semakin kompleks, peran perawat menjadi sangat krusial dalam memberikan perawatan yang efektif dan empatik kepada pasien. Kinerja perawat secara langsung memengaruhi kualitas layanan di fasilitas kesehatan. Kecerdasan emosional melibatkan kemampuan mengenali dan mengelola emosi, sementara kecerdasan spiritual mencakup aspek kreatif dan nilai-nilai yang mendalam. Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan peran yang dimainkan oleh kecerdasan emosional dan spiritual dalam meningkatkan kinerja perawat. Metode penelitian ini menggunakan literature review dengan cara mengeksplorasi bukti yang dipublikasikan dalam data elektronik Google Scholar dan Semantic Scholar. Filterisasi menggunakan Publish or Perish, pencarian data dari tahun 2018-2023, dengan kata kunci “Kecerdasan emosional”, “Kecerdasan spiritual”, dan “Kinerja perawat”. Melalui strategi Prisma diagram flow chart diperoleh 10 jurnal yang relevan dari 994 jurnal. Hasil menunjukan perawat dengan tingkat kecerdasan emosional dan spiritual yang tinggi cenderung mencapai performa unggul dalam memberikan pelayanan kesehatan. Kecerdasan emosional memiliki pengaruh positif yang signifikan terhadap kinerja perawat. Kecerdasan spiritual juga berdampak positif terhadap kinerja perawat, meskipun pengaruhnya sering kali muncul melalui variabel komitmen organisasi. Kedua jenis kecerdasan berkontribusi pada kepuasan kerja perawat, dengan kecerdasan emosional cenderung memiliki pengaruh lebih kuat. Pemahaman mendalam tentang korelasi ini dapat meningkatkan persiapan, pelatihan, dan kualitas layanan perawat bagi pasien.References
Ahmad, S. N. A., Anwar, S., & Suleman, S. (2020). Pengaruh kecerdasan terhadap kinerja melalui keterampilan perawat. Jurnal JKFT, 5(1), 48–61. https://jurnal.umt.ac.id/index.php/jkft/article/view/2846/0
Alonazi, W. B. (2020). The impact of emotional intelligence on job performance during covid-19 crisis: A cross-sectional analysis. Psychology Research and Behavior Management, 13, 749–757. https://doi.org/10.2147/PRBM.S263656
Anggraheny, H. D. (2020). Kecerdasan emosional?: implikasi terhadap kinerja perawat di Rumah Sakit Banyumanik Semarang. Medica Arteriana (Med-Art), 2(2), 108. https://doi.org/10.26714/medart.2.2.2020.108-114
Aziza, N., & Andriany, L. M. (2020). Pengaruh Kecerdasan Emosional dan Spiritual terhadap Kinerja Perawat dengan Organizational Citizenship Behaviour sebagai Variabel Intervening. 50–65.
Dewi, K. T. S. (2019). Pengaruh Kecerdasan Intelektual, Kecerdasan Emosional Dan Kecerdasan Spiritual Terhadap Kinerja Perawat. Jurnal Kajian Ekonomi Dan Bisnis, 12(2), 167–176. https://doi.org/10.32493/smk.v1i3.2260
Dewi, K. T. S., Romayanti, K. N., & Gorda, E. S. (2019). Pengaruh Kecerdasan Emosional Dan Kecerdasan Spiritual Terhadap Kepuasan Kerja Dan Kinerja Perawat. Sintesa Prosiding, 12(2), 473–480.
Dou, S., Han, C., Li, C., Liu, X., & Gan, W. (2022). Influence of emotional intelligence on the clinical ability of nursing interns: a structural equation model. BMC Nursing, 21(1), 1–9. https://doi.org/10.1186/s12912-022-00933-y
Eriksen, & Frandsen. (2018). The impact of patient, intervention, comparison, outcome (Pico) as a search strategy tool on literature search quality: A systematic review. Journal of the Medical Library Association.
Goleman. (2019). Emotional Intelligence?: Mengapa EI Lebih Penting Daripada IQ. PT Gramedia Pustaka Utama.
Gultom, E. (2020). Pengaruh kecerdasan emosional, kecerdasan spritual dan kecerdasan intelektual terhadap kinerja perawat pada masa pandemi covid-19 di rumah sakit surya insani pasir pangaraian rokan hulu. Jurnal Ilmu Manajemen, 8(2), 33–41.
Gurning, Y., Syam, B., & Setiawan, S. (2021). Kohesivitas dan Kecerdasan Emosional Perawat terhadap Kinerja Perawat Pelaksana. Journal of Telenursing (JOTING), 3(2), 440–455. https://doi.org/10.31539/joting.v3i2.2390
Hamidah, N., & Salam, M. F. (2021). Pengaruh Kecerdasan Spiritual Terhadap Kinerja Perawat Di Instalasi Rawat Inap Rumah Sakit Muhammadiyah Bandung. Jurnal RASI, 2(2), 47–58. https://doi.org/10.52496/rasi.v2i2.65
Ismuhadi, I., & Puteh, M. A. (2022). Pengaruh kecerdasan emosional dan spiritual terhadap kinerja perawat dengan komitmen organisasi sebagai variabel intervening. Holistik Jurnal Kesehatan, 15(4), 600–609. https://doi.org/10.33024/hjk.v15i4.5362
Keramati, M., Ebrahimi, H., Bameri, A., Basirinezhad, M. H., Mirhoseini, S. M., & Mohammadpourhodki, R. (2019). The Relationship between Spiritual Intelligence and Job Performance among Clinical Nurses. Library Philosophy and Practice, 2019.
Kholifah. (2018). Pengaruh Pola Asuh Orang Tua terhadap Kecerdasan Emosional AUD TK Muslimat NU 1 Tuban. Jurnal Pendidikan Anak, 7(1), 61–75. https://digilibadmin.unismuh.ac.id/upload/4049-Full_Text.pdf
Mulyo, A., & Sunaryo, H. (2019). Pengaruh Kecerdasan Emosional dan Kecerdasan Spiritual terhadap Kinerja Perawat (Puskesmas Ardimulyo Singosari Kabupaten Malang) Oleh. E-Journal Riset Manajemen, 82–94.
Nasution, R., Siregar, D. A., Ginting, N., & Girsang, E. (2020). Efektifitas Pelatihan terhadap Peningkatan Kecerdasan Emosional Perawat di RSU Royal Prima Medan. Jurnal Maternitas Kebidanan, 5(2), 1–10.
Sukring, S. (2022). Konsep Kecerdasan Emosional dan Spiritual dalam Tinjauan Al-Quran dan Hadits. Al-Liqo: Jurnal Pendidikan Islam, 7(1), 15–39. https://doi.org/10.46963/alliqo.v7i1.502
Utama, Y. C., & Simanjuntak, J. (2021). Pengaruh Kecerdasan Intelektual, Kecerdasan Emosional, dan Kecerdasan Spiritual terhadap Kinerja Perawat Rumah Sakit Harapan Bunda. Journal Batam Universty.
Widihastuti, A., Baraba, R., & Runanto, D. (2021). Pengaruh Kecerdasan Emosional dan Organizational Citizenship Behavior terhadap Kinerja Perawat (Studi pada Rumah Sakit Umum Daerah Prembun). Jurnal Volalitas, 3(3), 1–23.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Nurul Assyfa, Aisyah Mulyanti, Hilmi Uly Ul Hidayah, Nanda Hanastasyia
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work’s authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).