GAMBARAN NOMOPHOBIA (NO MOBILE PHONE PHOBIA) PADA ANAK PENGGUNA SMARTPHONE DI SD NEGERI 1 DUKUHWALUH

Authors

  • Annisa Hayyu Prastiwi Program Studi Keperawatan Program Sarjana Fakultas Kesehatan Universitas Harapan Bangsa, Purwokerto
  • Ita Apriliyani Program Studi Keperawatan Program Sarjana Fakultas Kesehatan Universitas Harapan Bangsa, Purwokerto
  • Murniati Murniati Program Studi Keperawatan Program Diploma Tiga Fakultas Kesehatan Universitas Harapan Bangsa, Purwokerto

DOI:

https://doi.org/10.31004/jkt.v4i4.20643

Keywords:

anak sekolah dasar, nomophobia, smartphone

Abstract

Nomophobia merupakan perasaan cemas dan takut saat terpisah dari smartphone yang terjadi karena penggunaan smartphone yang berlebihan. Nomophobia dapat menyebabkan beberapa efek diantaranya stres, kurang fokus, antisosial, serta insomnia. Nomophobia dapat terjadi pada semua kalangan tak terkecuali pada anak-anak ditingkat sekolah dasar dimana pada usia ini merupakan tahap penting dalam perkembangan kognitif, motorik, dan sosial pada kehidupan anak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran nomophobia pada anak pengguna smartphone di SD Negeri 1 Dukuhwaluh. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan cross sectional. Responden pada penelitian ini adalah 64 orang tua siswa kelas 4 dan 5 yang anaknya memiliki smartphone yang diambil dengan teknik total sampling. Pengambilan data dilakukan dengan membagikan kuesioner Nomophobia Questionnaire (NMP-Q) dan dianalisis menggunakan distribusi frekuensi. Hasil penelitian didapatkan bahwa nomophobia pada anak pengguna smartphone di SD Negeri 1 Dukuhwaluh mayoritas berada pada kategori sedang (57,8 %), didominasi oleh responden dengan usia 11 tahun (40,6%), mayoritas berjenis kelamin laki-laki (56,2%), mayoritas memiliki smartphone selama 1-2 tahun (50%), dan mayoritas menggunakan smartphone selama >2 jam (42,2%). Dengan demikian, mayoritas siswa SD Negeri 1 Dukuhwaluh pengguna smartphone mengalami kecenderungan nomophobia pada kategori sedang. Disarankan agar orang tua dapat mengontrol anaknya dalam menggunakan smartphone dan anak-anak dapat mengatur waktu pemakaian smartphone sehingga tidak mengalami kecenderungan nomophobia.

References

Adisty, N. (2022). Mengulik Perkembangan Penggunaan Smartphone di Indonesia. Www.Goodnewsfromindonesia.Id. https://goodstats.id/article/mengulik-perkembangan-penggunaan-smartphone-di-indonesia-sT2LA

Halimah, S. N., & Gofur, M. A. (2021). Nomophobia Dan Pengaruhnya terhadap Motivasi Belajar Anak ( Studi Kasus ). 4, 59–70. https://doi.org/10.54125/elbanar.v4i2.63

Hestia, K. P., Siswanto, & Risva. (2021). Related Factors Nomophobia to Student of Information Technology and Computer Sscience. Jurnal Nasional Ilmu Kesehatan (JNIK), 4(2), 14.

Hijriati, P. R. (2021). Proses Belajar Anak Usia 0 Sampai 12 Tahun Berdasarkan Karakteristik Perkembangannya. Bunayya?: Jurnal Pendidikan Anak, 7(1), 152. https://doi.org/10.22373/bunayya.v7i1.9295

Irnawaty, & Agustang, A. (2019). Smartphone Addiction Pada Mahasiswa Pendidikan Sosiologi Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Makassar. Jurnal Sosialisasi Pendidikan Sosiologi, 6(2), 41–46. https://doi.org/10.51806/an-nahdlah.v1i3.29

Jumiati, N. M. (2019). Gambaran Nomophobia Pada Mahasiswa Keperawatan Akibat Penggunaan Smartphone Di Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Muhammadiyah Pekajangan Pekalongan. Society, 2(1), 1–19. https://smakartinibatam.sch.id/

Juniarto, A., Apriliyani, I., & Rahmawati, A. N. (2021). Gambaran kecanduan game online dilihat dari durasi lama bermain pada remaja di SMP Negeri 2 Randudongkal. Jurnal Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 840–844. https://prosiding.uhb.ac.id/index.php/SNPPKM/article/view/750

Kurniawati, I., & Purnomo, H. (2020). Pengaruh Kebiasaan Bermain Game Online terhadap Prestasi Belajar Siswa SD. Jurnal PGSD STKIP PGRI BANJARMASIN, 2(1), 320–334. https://doi.org/10.33654/pgsd

Pasongli, A., Ratag, B. T., & Kalesaran, A. F. . (2020). Faktor-Faktor yang Berhubungan dengan Nomophobia Pada Mahasiswa Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Sam Ratulangi. Jurnal Kesmas, 9(6), 88–95. https://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/kesmas/article/view/30937

Rahayu, N. S., Elan, & Mulyadi, S. (2022). Penggunaan Gadget pada Anak Usia Dini. Jurnal Syntax Imperatif?: Jurnal Ilmu Sosial Dan Pendidikan, 1(5), 356. https://doi.org/10.36418/syntax-imperatif.v1i5.159

Rahmawati, N., Herlina, H., & Hasneli N., Y. (2021). Gambaran Ketergantungan Gadget pada Anak Usia Sekolah. Jkep, 6(2), 135–145. https://doi.org/10.32668/jkep.v6i2.445

Ramadhani, R. W., Rahayu, R., & Kuryanto, M. S. (2018). Dampak Nomophobia Terhadap Motivasi Belajar Siswa Sekolah Dasar. P2M STKIP Siliwangi P2M STKIP Siliwangi, 5(2), 1–6. https://doi.org/10.22460/p2m.v8i2p97-106.2492

Ramaita, R., Armaita, A., & Vandelis, P. (2019). Hubungan Ketergantungan Smartphone Dengan Kecemasan (Nomophobia). Jurnal Kesehatan, 10(2), 89. https://doi.org/10.35730/jk.v10i2.399

Riyanti, V., Muttaqin, Z., & Keperawatan Poltekkes Kemenkes Bandung, J. (2021). Gambaran Nomophobia Pada Remaja. Jurnal Keperawatan Indonesia Florence Nightingale, 2(1), 249–254. https://jurnal.polkesban.ac.id/index.php/jkifn/article/view/106

Syarifudin, A., & Syamsurrijal, M. (2023). Peran Orang Tua terhadap Penggunaan Gadget pada Perkembangan Sosial Anak Usia Dini di Masa Pandemi COVID-19. Ashil: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1), 1–13. https://doi.org/10.47776/tunasaswaja.v1i2.601

Zulkifli, M., Wahida, W. A., & Sendi. (2022). Dampak Teknologi Smartphone di Era Revolusi Industri 4.0 terhadap Perilaku Siswa. Al-Nahdlah: Jurnal Pendidikan Islam, 1(April), 201–212. https://doi.org/10.51806/an-nahdlah.v1i3.29

Downloads

Published

2023-12-03

How to Cite

Hayyu Prastiwi, A., Apriliyani, I. ., & Murniati, M. (2023). GAMBARAN NOMOPHOBIA (NO MOBILE PHONE PHOBIA) PADA ANAK PENGGUNA SMARTPHONE DI SD NEGERI 1 DUKUHWALUH. Jurnal Kesehatan Tambusai, 4(4), 5158–5166. https://doi.org/10.31004/jkt.v4i4.20643