TINJAUAN KEPUASAN PASIEN TERHADAP PETUGAS PADA LOKET PENDAFTARAN RAWAT JALAN DI PENSIUNAN PELINDO INDONESIA II DI RUMAH SAKIIT PELABUHAN JAKARTA TAHUN 2023

Authors

  • Salsabila Putri Cahyani Program Studi Rekam Medis Dan Informasi Kesehatan, Universitas Esa Unggul
  • Muniroh Muniroh Program Studi Rekam Medis Dan Informasi Kesehatan, Universitas Esa Unggul
  • Daniel Happy Putra Program Studi Rekam Medis Dan Informasi Kesehatan, Universitas Esa Unggul
  • Laela Indawati Program Studi Rekam Medis Dan Informasi Kesehatan, Universitas Esa Unggul

DOI:

https://doi.org/10.31004/jkt.v4i4.20379

Keywords:

Kepuasan, Pelayanan, Pendaftaran, Rawat jalan

Abstract

Diketahui kepuasan pasien menjadi salah satu perhatian yang spesifik karena menghasilkan informasi yang digunakan untuk mengidentifikasi pelayanan yang diterima oleh pasien dan kesenjangan mengenai harapan. Berdasarkan hasil wawancara pada bulan Januari 2023 yang peneliti lakukan di unit pendaftaran rawat jalan di Rumah Sakit Pelabuhan Jakarta, terdapat 11 responden diketahui bahwa 4 responden (36,3%) merasa puas karena pendaftaran yang sudah tertata rapi, petugas pendaftaran yang sudah berpenampilan rapih, ruang tunggu yang nyaman dan 7 responden (63,6%) menyatakan tidak puas karena waktu pendaftaran yang terlalu lama, petugas yang kurang ramah dalam proses pelayanan pendaftaran rawat jalan terhadap pasien dan dibagian farmasi adanya keterlambatan saat pengambilan obat. Dampak dari permasalahan diatas akan mempengaruhi kepuasan pasien rawat jalan di Pensiunan Pelindo Indonesia II pada Rumah Sakit Pelabuhan Jakarta.Tujuan penelitian ini untuk mengetahui tinjauan kepuasan pasien terhadap pelayanan petugas loket pendaftaran rawat jalan di pensiunan pelindo Indonesia II di Rumah Sakit Pelabuhan Jakarta. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif dengan analisis kuantitatif. Perhitungan besar ampel menggunakan rumus estimasi proporsi didapatkan 85 sampel dengan metode pengambilan sampel yaitu Accidental Sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket kemudian data diolah menggunakan SPSS. Hasil penelitian ini pada dimensi tangible 34,1% tidak puas, 65,9% puas, reability 43,5% tidak puas, 56,6% puas, empathy 25,9 tidak puas, 74,1% puas, responsiveness 23,5% tidak puas 76,5% puas, assurance 35,3% tidak puas, 64,7% puas. Tingkat kepuasan pasien terhadap pelayanan petugas pada loket pendaftaran rawat jalan Pensiunan Pelindo II di Rumah Sakit   bahwa 41 responden (48%) menyatakan tidak puas den 44 responden (52%) menyatakan puas.

References

Amalia, R. (2020). Mutu Pelayanan Kesehatan Terhadap Kepuasan Pasien Pada Tempat Penerimaan Pasien Rawat Jalan Di Rumah Sakit. Literature Review, 19(November), 33–37.

Astuti, D. (2017). Persepsi Pasien Tentang Mutu Pelayanan Dengan Tingkat Kepuasan Pasien Rawat Inap Puskesmas. Higeia Journal of Public Health Research and Development, 1(1), 51–57.

Biyanda Eninurkhayatun, Antono Suryoputro, E. Y. F. (2017). Analisis Tingkat Kepuasan Pasien Terhadap Kualitas Pelayanan Rawat Jalan Di Puskesmas Duren Dan Puskesmas Bergas Kabupaten Semarang Tahun 2017. Jurnal Kesehatan Masyarakat (e-Journal), 5(4), 33–42.

Cynthia silsilia, & Tailaso. (2018). Hubungan Mutu Pelayanan Kesehatan Dengan Kepuasan Pasien Di Puskesmas Bahu Kota Manado, 7, 1–10.

Handayani, S. (2016). Tingkat Kepuasan Pasien Terhadap Pelayanan Kesehatan Di Puskesmas Baturetno. Profesi (Profesional Islam)?: Media Publikasi Penelitian, 14(1), 42.

Irawati, A. D., Fannya, P., Indawati, L., & Rumana, N. A. (2022). Tinjauan Kepuasan Pasien Terhadap Pelayanan Petugas Pendaftaran Rawat Jalan Di Rumah Sakit Bhakti Kartini Tahun 2021. Jurnal Ilmiah Kedokteran Dan Kesehatan, 1(1), 36–41.

Istiana, M. N., Ahmad, L. O. A. I., & Liaran, R. D. (2019). Studi Kualitas Pelayanan Kesehatan Terhadap Kepuasan Pasien Rawat Jalan di Rumah Sakit Umum Daerah Kota Kendari. Kesehatan Masyarakat Celebes, 01(02), 24–31.

Kemenkes, R. (2008). Standar Pelayanan Minimal Rumah Sakit.

Kemenkes RI. (2009a). Permenkes No 36 Tahun 2009.

Kemenkes RI. (2009b). Permenkes No 44 Tahun 2009. Journal of Real Estate Finance and Economics, 23(1), 77–100.

Kemenkes RI. (2022). PERATURAN MENTERI KESEHATAN REPUBLIK INDONESIA NOMOR 24 TAHUN 2022 TENTANG REKAM MEDIS. 8.5.2017, 2003–2005.

Nofiana, H. . S. (2011). Hubungan Mutu Pelayan Pendaftaran dengan Kepuasan Pasien Rawat Jalan di Rumah Sakit PKU Muhammadiah Karanganyar. Jurnal Kesehatan, V(1), 90–

Pangestu, A. Y. (2013). Gambaran Kepuasan Pasien Pada Pelayanan Rawat Jalan Di RSU Kota Tangerang Selatan. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699.

Parasuraman. (1988). Teori Mutu. In Parasuraman at. al.

Port, G. (2021). Pelindo.

Presiden RI. (2014). UU RI No.40 Tahun 2014 tentang Perasuransian, 1–46.

Downloads

Published

2023-12-27