STRATEGI MARKETING PLAN DALAM PENCAPAIAN NILAI DAN TUJUAN PEMASARAN DI KLINIK MITHA PRE-MARRIAGE HEALTHCARE AND AESTHETIC
DOI:
https://doi.org/10.31004/jkt.v4i4.20048Keywords:
Klinik mitha, Marketing plan, Pencapaian nilai, Strategi, Tujuan pemasaranAbstract
Klinik Mitha telah menjalani perubahan bentuk menjadi Perseroan Terbatas (PT) dalam bidang layanan kesehatan sesuai dengan ketentuan Peraturan Menteri Kesehatan No. 028/2011. Estimasi waktu yang dibutuhkan untuk mencapai tahapan ini, mulai dari tahap awal hingga akta notaris, adalah sekitar satu bulan. Penelitian ini berfokus pada penyusunan rencana pemasaran (marketing plan) Klinik Mitha, sebuah proses perencanaan yang krusial dalam bidang pemasaran untuk mencapai target pemasaran yang telah ditetapkan. Klinik Mitha bertujuan untuk menjadi penyedia layanan kesehatan pranikah dan estetik yang memiliki reputasi baik di kalangan masyarakat DKI Jakarta. Tujuan ini diharapkan dapat tercapai melalui strategi pemasaran yang mencakup penetapan tujuan dan sasaran pemasaran yang terukur, pemahaman mendalam tentang segmen pasar, strategi STP (Segmentation, Targeting, Positioning), pemilihan elemen marketing mix B2C (Business to Consumer), perencanaan aktivitas penjualan, serta proyeksi sales budget dan proyeksi revenue stream yang realistis. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa strategi marketing plan untuk mencapai nilai dan tujuan pemasaran Klinik Mitha dipengaruhi oleh berbagai faktor, termasuk tujuan bisnis, perencanaan pemasaran yang mencakup harga, lokasi, promosi, penjualan, dan perencanaan keuangan yang matang. Dengan menjalankan strategi pemasaran yang efektif sesuai rencana yang telah disusun, Klinik Mitha diharapkan akan membangun reputasi yang baik, meningkatkan kepuasan pelanggan, dan dalam jangka panjang, mempertimbangkan pembukaan klinik cabang baru. Di tengah persaingan bisnis layanan kesehatan yang ketat, strategi pemasaran yang baik menjadi faktor kunci dalam mencapai kesuksesan.References
Andriyani, M. F. (2020). Penerapan Pelayanan Prima Terhadap Fasilitas Pada Klinik Kecantikan.
Firdhauzi, S. (2022). ESENSI PERKAWINAN DITINJAU DARI UNDANG-UNDANG NOMOR 16 TAHUN 2019 TENTANG PERKAWINAN. Bureaucracy Journal: Indonesia Journal of Law and Social-Political Governance, 2(2), 301–320.
Fitri, N. A., & Basri, H. (2021). Pengaruh gaya hidup terhadap perilaku konsumen pada generasi milenial di era pandemi covid-19 dengan pengetahuan ekonomi sebagai variabel
moderasi. EKOMBIS REVIEW: Jurnal Ilmiah Ekonomi Dan Bisnis, 9(2), 183–192.
Kasmiati, K., Sumarni, S., Metasari, A. R., Fhirawati, F., Sriwidyastuti, S., Fauziah, A., Mulfiyanti, D., Susilawati, S., Ramadani, F., & Bintang, A. (2023). Pengantar Ilmu Kesehatan Masyarakat. Pengantar Ilmu Kesehatan Masyarakat.
Kotler, P. (2021). Marketing 4.0 do tradicional ao digital.
Munawaroh, L. (2019). Tes Kesehatan Sebagai Syarat Pra Nikah (Studi UU Pernikahan di Kuwait). Jurnal Pemikiran Hukum Dan Hukum Islam, 10(1).
Peñaloza, L., Prothero, A., McDonagh, P., & Pounders, K. (2023). The Past and Future of Gender Research in Marketing: Paradigms, Stances, and Value-Based Commitments. Journal of Marketing, 00222429231154532.
Putra, M. A., Dilova, G., & Wulandari, R. A. (2023). Akibat Hukum Penetapan Dispensasi Perkawinan Terhadap Anak di Pengadilan Agama Pulau Punjung. Innovative: Journal Of Social Science Research, 3(4), 3635–3646.
Rahmadinna, F. (2019). Beauty Vlog dan Makna Kecantikan Bagi Perempuan Muda di Kota Jakarta. Fakultas Ilmu Budaya.
Rahmi, S. (2021). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pasien di Rumah Sakit Ibu Dan Anak Kota Banda Aceh (Tinjauan Melalui Metode Service Qualiti). UIN Ar-raniry.
Riswandi, R. (2019). Pengaruh Reputasi Penjual dan Kualitas Pelayanan terhadap Kepercayaan Konsumen yang Berdampak pada Keputusan Pembelian. Digital Economic, Management and Accounting Knowledge Development (DEMAnD), 1(2), 42–55.
Rohim, S. H. S. N. (2020). IMPLEMENTASI PENDIDIKAN ISLAM DALAM PERNIKAHAN TUNANETRA DI KABUPATEN PONOROGO. Universitas Muhammadiyah Ponorogo.
Saragih, J. F. H., Nugraheni, S. A., & Adi, M. S. (n.d.). SWOT Analisis Pelayanan Klinik Nyeri Rumah Sakit St. Elisabeth Semarang. JAI (Jurnal Anestesiologi Indonesia), 15(2), 95–107.
Windi, P., & Mursid, M. C. (2021). Pentingnya perilaku organisasi dan strategi pemasaran dalam menghadapi persaingan bisnis di era digital. Jurnal Logistik Bisnis, 11(2), 71–77.
Xie, C., Yu, J., Huang, S. S., & Zhang, J. (2022). Tourism e-commerce live streaming: Identifying and testing a value-based marketing framework from the live streamer perspective. Tourism Management, 91, 104513.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Nasriyatul Hannak, Unggul Kustiawan
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work’s authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).