PENGARUH PENGASUHAN ORANG TUA DAN KONFORMITAS TEMAN SEBAYA TERHADAP MOTIVASI BELAJAR MELALUI KONSEP DIRI (ANAK USIA 12-13 TAHUN SD BAKTI PRATIWI SEMARANG)
DOI:
https://doi.org/10.31004/jkt.v6i1.19748Keywords:
konformitas, konsep diri, motivasi belajar, pengasuhan orang tuaAbstract
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengasuhan orang tua berpengaruh terhadap Motivasi Belajar motivasi belajar anak usia 12-13 Tahun di SD BAKTI PRATIWI Semarang. Dalam penelitian ini terdapat variabel indpendent (X), dependent (Y), serta Moderasi (Z). Penelitian ini dimaksud untuk mengetahui Apakah Pengasuhan Orang Tua dan Konformitas Teman Sebaya Dapat Mempengaruhi Motivasi Belajar Melalui Konsep Diri Anak Usia 12-13 Tahun di SD BAKTI PRATIWI Semarang. Berdasarkan Uji statistik ditemukan bahwa ada pengaruh positif dan yang signifikan Pengasuhan orang tua terhadap Motivasi Belajar Anak Usia 12-13 Tahun di SD BAKTI PRATIWI Semarang. Berdasarkan Uji statistik ditemukan bahwa ada signifikan Konformitas Teman Sebaya terhadap Motivasi Belajar Anak Usia 12-13 Tahun di SD BAKTI PRATIWI Semarang. Berdasarkan Uji statistik ditemukan bahwa ada pengaruh positif dan signifikan Pengasuhan Orang Tua terhadap Konsep Diri Anak Usia 12-13 Tahun di SD BAKTI PRATIWI Semarang. Berdasarkan Uji statistik ditemukan bahwa ada pengaruh yang signifikan Konformitas Teman Sebaya terhadap Konsep Diri Anak Usia 12-13 Tahun di SD BAKTI PRATIWI Semarang. Berdasarkan Uji statistik ditemukan bahwa ada pengaruh positif dan signifikan Konsep Diri terhadap Motivasi Belajar Anak Usia 12-13 Tahun di SD BAKTI PRATIWI Semarang. Berdasarkan Uji statistik ditemukan bahwa tidak ada pengaruh yang signifikan Pengasuhan orang tua terhadap Motivasi Belajar yang dimediasi oleh Konsep Diri Anak Usia 12-13 Tahun di SD BAKTI PRATIWI Semarang. Berdasarkan Uji statistik ditemukan bahwa ada pengaruh positif dan signifikan Konformitas Teman Sebaya terhadap Motivasi Belajar yang dimediasi oleh Konsep Diri Anak Usia 12-13 Tahun di SD BAKTI PRATIWI Semarang.References
Admaja, Prawira Purwa. (2014). Psikologi Pendidikan Dalam Perspektif Baru. Yogyakarta: Ar-Ruuz Media.
Andreas Wijaya. (2019). Metode Penelitian Menggunakan Smart Pls 03. Yogyakarta: Innosain
Agustiani H. (2009). Psikologi Perkembangan (Pendekatan Ekologi Kaitannya dengan Konsep Diri dan Penyesuaian Diri pada Remaja). Bandung: PT Refika Aditama
Amanullah, A. S. R., & Kharisma, D. K. (2022). Perkembangan Pola Asuh Orang Tua Terhadap Emosi Remaja. ALMURTAJA: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 1(2), 49-55.
Andriani, N. P. L., & Wahyuni, C. (2020). Analisis Pola Asuh Orang Tua Terhadap Perkembangan Sosial Emosional Anak Usia 4-5 Tahun Di TK Dharma Wanita Kelurahan Burengan Kecamatan Pesantren Kota Kediri. Judika (Jurnal Nusantara Medika), 4(2), 106-117.
Anshar, N., Jufri, M., & Halifah, S. (2020). Posisi Significant Others terhadap Pembentukan Konsep Diri Anak Usia Dini di Desa Latimojong Enrekang Sulawesi Selatan. Al-MUNZIR, 13(1), 119-134.
Avicenia, M. I. F., Psi, S., Putri, A. M., Psi, S., Yasmine, F. S., & Psi, S. The Relationship between Attachment (Mother, Father, Caregiver and Friendship) and Self Concept of Juvenile Delinquency. International Journal of Science and Research (IJSR). 8(9). 330-334
Djamarah, S. B, 2019, Guru dan Anak Didik. Jakarta: Rineka Cipta.
Dini, J. P. A. U. (2023). Peran orang tua dalam membentuk kemandirian anak usia 4-5 tahun. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(1), 587-599.
Desmita. (2014). Psikologi Perkembangan Peserta Didik. Bandung: Remaja rosdakarya.
Dewi, dan Lestari, (2020). Hubungan konformitas teman sebaya dan konsep diri terhadap perilaku seksual pranikah remaja madya di Kabupaten Bangli. Jurnal Psikologi Udayana, 1, 77-87.
Dongoran, D., & Boiliu, F. M. (2020). Pergaulan teman sebaya dalam pembentukan konsep diri siswa. Jurnal Educatio FKIP Unma, 6(2), 381-388
Fadlilah, A. N. (2020). Strategi menghidupkan motivasi belajar anak usia dini selama pandemi covid-19 melalui publikasi. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 373-384.
Fitri, N., dan Masyithoh, S. (2023). Hubungan Pola Asuh Orang Tua Terhadap Motivasi Belajar Siswa. TAJDID: Jurnal Pemikiran Keislaman Dan Kemanusiaan, 7(1), 1-16
Ghozali, I. (2018). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Pogram IBM SPSS”Edisi. Sembilan. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Habibullah, M., & Nurkholidah, E. (2022). Hubungan konformitas teman sebaya dengan motivasi belajar siswa SMP Muhammadiyah. Schoulid: Indonesian Journal of School Counseling, 7(1), 22-31
Harahap, Friska. I. N. (2018). Pengaruh hasil program parenting dan pola asuh orang tua terhadap peningkatan motivasi belajar anak usia dini. Al-Muaddib J. Ilmu-Ilmu Sos. Keislam, 3(1).
Harahap, C. R., Lubis, S. A., dan Siregar, N. S. S. (2022). Hubungan Penyesuaian Diri dan Pola Asuh Demokratis dengan Motivasi Belajar Siswa Kelas 7 Sekolah Menengah Pertama. Journal of Education, Humaniora and Social Sciences (JEHSS). 3(4). 1853-1859
Handayani, H., Rahman, T., & Sumardi, S. (2022). Pola Asuh Orang Tua Terhadap Anak Introvert Usia 4-5 Tahun. Jurnal Pendidikan dan Konseling (JPDK), 4(4), 4752-4756.
Heriyanti, N. S., Thamrin, M., & Yuniarni, D. (2019). Pemberian motivasi belajar pada anak usia 4-5 tahun di taman kanak-kanak mujahidin ii pontianak timur. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK), 3(8). 1-9
Hutagalung. I. (2018). Teori-Teori Komunikasi dalam Pengaruh. Psikologi. Jakarta: Indeks.
Isnaini, A., Wulandari, N. W., & Sera, D. C. (2021). Pengaruh keterlibatan ayah dalam pengasuhan (father involvement) terhadap konsep diri remaja. Jurnal Psikologi Tabularasa, 16(2), 77-82.
Kurniawaty, I., Faiz, A., & Yustika, M. (2022). Pemberian Motivasi Belajar pada Anak Melalui Peran Orang Tua. Jurnal basicedu, 6(1), 34-41.
Laila, Y., dan Ilyas, A. (2019). Hubungan konformitas teman sebaya dengan motivasi belajar di SMA Adabiah Padang. Jurnal Neo Konseling, 1(2). 1-7
Mira, E., Afriza, E. F., & Srigustini, A. (2023). Dampak Moderasi Konformitas Teman Sebaya pada Pengaruh Konsep Diri dan Self-Regulated Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Ekonomi: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, Ilmu Ekonomi Dan Ilmu Sosial, 17(1), 8-17
Nasution, N. C. (2018). Dukungan Teman Sebaya Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar. Al-Hikmah: Jurnal Dakwah, 12(2), 159-174
Ningtias, R. K., Karomah, W., & Saputro, D. E. (2023). Pola Asuh Orang Tua Nelayan Pesisir Lamongan dalam Pembinaan Akhlak Anak. Darajat: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 6(2), 156-166.
Nuroh, S. (2022). Keterkaitan Antara Pola Asuh Dan Inner Child Pada Perkembangan Anak Usia Dini: Sebuah Tinjauan Konseptual [The Relationship Between Parenting Patterns And Inner Child In Early Childhood's Development: A Conceptual Review]. Acta Islamica Counsenesia: Counselling Research and Applications, 2(2), 61-70.
Nur’aini, A. (2022). Pengaruh Konformitas Teman Sebaya Terhadap Konsep Diri Remaja Di SMA Negeri 8 Semarang. Dimensi Pendidikan, 18(1). 39-51
Purwati, A., Hafidah, R., & Pudyaningtyas, A. R. (2020). Pola Pengasuhan Orangtua Tunggal terhadap Pengaturan Emosi Anak Usia 4-5 Tahun. Kumara Cendekia, 8(2), 116-125.
Saputro, Y. A., & Sugiarti, R. (2021). Pengaruh dukungan sosial teman sebaya dan konsep diri terhadap penyesuaian diri pada siswa SMA kelas X. Philanthropy: Journal of Psychology, 5(1), 59-72.
Sari, K. P., Neviyarni, S., & Irdamurni, I. (2020). Pengembangan Kreativitas dan Konsep Diri Anak SD. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 7(1), 44-50
Sari, G. S. I., dan Awaru, A. O. T. Konformitas Teman Sebaya Terhadap Perokok Anak Usia 7-12 Tahun. Pinisi Journal Of Sociology Education Review. 1(2). 55-63
Sardiman, (2020). Interaksi dan Motivasi Belajar dan Mengajar. Jakarta: Rajawali
Sartika, M., & Yandri, H. (2019). Pengaruh Layanan Bimbingan Kelompok terhadap Konformitas Teman Sebaya. Indonesian Journal of Counseling & Development1(01), 9–17
Sitepu, J. M., & Sitepu, M. S. (2021). Perkembangan Konsep Diri Anak Usia Dini Di Masa Pandemic. Seminar Nasional Teknologi Edukasi Sosial Dan Humaniora. 1(1). 402-409
Selvia, B., Julianto, F., Fais, F. A., & Mustika, M. (2024). Dampak Konformitas Teman Sebaya Terhadap Motivasi Belajar Dan Prestasi Akademik Siswa. Simpati: Jurnal Penelitian Pendidikan dan Bahasa, 2(1), 48-52
Subagia, I. N. (2021). Pola asuh orang tua: Faktor, implikasi terhadap perkembangan karakter anak. Bali: Nilacakra.
Sugiyono. (2019). Metodelogi Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif Dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Tanadi, M., Hartini, S., & Putra, A. I. D. (2020). Motivasi berprestasi ditinjau dari konsep diri pada siswa/siswi methodist 5 Medan. Insight: Jurnal Ilmiah Psikologi, 22(1), 17-27.
Uno, Hamzah . (2017) Teori Motivasi Dan Pengukurannya (Analisis di bidang pendidikan). Jakarta: Bumi Aksara
Wienda, T. A. (2020). Konsep Diri, Regulasi Emosi dan Asertivitas pada Mahasiswa. Philanthropy Journal of Psychology, 4(1), 25-53
Yunalia, E. M, & Etika A. N. (2020). Remaja dan Konformitas Teman Sebaya. Malang: Ahlimedia Book.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Ulfa Fifi Ulan Safitri, Rini Sugiarti, Erwin Erlangga

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work’s authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).


