PENGARUH PENGASUHAN ORANG TUA DAN KONFORMITAS TEMAN SEBAYA TERHADAP MOTIVASI BELAJAR MELALUI KONSEP DIRI (ANAK USIA 12-13 TAHUN SD BAKTI PRATIWI SEMARANG)

Authors

  • Ulfa Fifi Ulan Safitri Universitas Semarang
  • Rini Sugiarti Universitas Semarang
  • Erwin Erlangga Universitas Semarang

DOI:

https://doi.org/10.31004/jkt.v6i1.19748

Keywords:

konformitas, konsep diri, motivasi belajar, pengasuhan orang tua

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengasuhan orang tua berpengaruh terhadap Motivasi Belajar motivasi belajar anak usia 12-13 Tahun di SD BAKTI PRATIWI Semarang. Dalam penelitian ini terdapat variabel indpendent (X), dependent (Y), serta Moderasi (Z). Penelitian ini dimaksud untuk mengetahui Apakah Pengasuhan Orang Tua dan Konformitas Teman Sebaya Dapat Mempengaruhi Motivasi Belajar Melalui Konsep Diri Anak Usia 12-13 Tahun di SD BAKTI PRATIWI Semarang. Berdasarkan Uji statistik ditemukan bahwa ada pengaruh positif dan yang signifikan Pengasuhan orang tua terhadap Motivasi Belajar Anak Usia 12-13 Tahun di SD BAKTI PRATIWI Semarang. Berdasarkan Uji statistik ditemukan bahwa ada signifikan Konformitas Teman Sebaya terhadap Motivasi Belajar Anak Usia 12-13 Tahun di SD BAKTI PRATIWI Semarang. Berdasarkan Uji statistik ditemukan bahwa ada pengaruh positif dan signifikan Pengasuhan Orang Tua terhadap Konsep Diri Anak Usia 12-13 Tahun di SD BAKTI PRATIWI Semarang. Berdasarkan Uji statistik ditemukan bahwa ada pengaruh yang signifikan Konformitas Teman Sebaya terhadap Konsep Diri Anak Usia 12-13 Tahun di SD BAKTI PRATIWI Semarang. Berdasarkan Uji statistik ditemukan bahwa ada pengaruh positif dan signifikan Konsep Diri terhadap Motivasi Belajar Anak Usia 12-13 Tahun di SD BAKTI PRATIWI Semarang. Berdasarkan Uji statistik ditemukan bahwa tidak ada pengaruh yang signifikan Pengasuhan orang tua terhadap Motivasi Belajar yang dimediasi oleh Konsep Diri Anak Usia 12-13 Tahun di SD BAKTI PRATIWI Semarang. Berdasarkan Uji statistik ditemukan bahwa ada pengaruh positif dan signifikan Konformitas Teman Sebaya terhadap Motivasi Belajar yang dimediasi oleh Konsep Diri Anak Usia 12-13 Tahun di SD BAKTI PRATIWI Semarang.

References

Admaja, Prawira Purwa. (2014). Psikologi Pendidikan Dalam Perspektif Baru. Yogyakarta: Ar-Ruuz Media.

Andreas Wijaya. (2019). Metode Penelitian Menggunakan Smart Pls 03. Yogyakarta: Innosain

Agustiani H. (2009). Psikologi Perkembangan (Pendekatan Ekologi Kaitannya dengan Konsep Diri dan Penyesuaian Diri pada Remaja). Bandung: PT Refika Aditama

Amanullah, A. S. R., & Kharisma, D. K. (2022). Perkembangan Pola Asuh Orang Tua Terhadap Emosi Remaja. ALMURTAJA: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 1(2), 49-55.

Andriani, N. P. L., & Wahyuni, C. (2020). Analisis Pola Asuh Orang Tua Terhadap Perkembangan Sosial Emosional Anak Usia 4-5 Tahun Di TK Dharma Wanita Kelurahan Burengan Kecamatan Pesantren Kota Kediri. Judika (Jurnal Nusantara Medika), 4(2), 106-117.

Anshar, N., Jufri, M., & Halifah, S. (2020). Posisi Significant Others terhadap Pembentukan Konsep Diri Anak Usia Dini di Desa Latimojong Enrekang Sulawesi Selatan. Al-MUNZIR, 13(1), 119-134.

Avicenia, M. I. F., Psi, S., Putri, A. M., Psi, S., Yasmine, F. S., & Psi, S. The Relationship between Attachment (Mother, Father, Caregiver and Friendship) and Self Concept of Juvenile Delinquency. International Journal of Science and Research (IJSR). 8(9). 330-334

Djamarah, S. B, 2019, Guru dan Anak Didik. Jakarta: Rineka Cipta.

Dini, J. P. A. U. (2023). Peran orang tua dalam membentuk kemandirian anak usia 4-5 tahun. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(1), 587-599.

Desmita. (2014). Psikologi Perkembangan Peserta Didik. Bandung: Remaja rosdakarya.

Dewi, dan Lestari, (2020). Hubungan konformitas teman sebaya dan konsep diri terhadap perilaku seksual pranikah remaja madya di Kabupaten Bangli. Jurnal Psikologi Udayana, 1, 77-87.

Dongoran, D., & Boiliu, F. M. (2020). Pergaulan teman sebaya dalam pembentukan konsep diri siswa. Jurnal Educatio FKIP Unma, 6(2), 381-388

Fadlilah, A. N. (2020). Strategi menghidupkan motivasi belajar anak usia dini selama pandemi covid-19 melalui publikasi. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 373-384.

Fitri, N., dan Masyithoh, S. (2023). Hubungan Pola Asuh Orang Tua Terhadap Motivasi Belajar Siswa. TAJDID: Jurnal Pemikiran Keislaman Dan Kemanusiaan, 7(1), 1-16

Ghozali, I. (2018). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Pogram IBM SPSS”Edisi. Sembilan. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Habibullah, M., & Nurkholidah, E. (2022). Hubungan konformitas teman sebaya dengan motivasi belajar siswa SMP Muhammadiyah. Schoulid: Indonesian Journal of School Counseling, 7(1), 22-31

Harahap, Friska. I. N. (2018). Pengaruh hasil program parenting dan pola asuh orang tua terhadap peningkatan motivasi belajar anak usia dini. Al-Muaddib J. Ilmu-Ilmu Sos. Keislam, 3(1).

Harahap, C. R., Lubis, S. A., dan Siregar, N. S. S. (2022). Hubungan Penyesuaian Diri dan Pola Asuh Demokratis dengan Motivasi Belajar Siswa Kelas 7 Sekolah Menengah Pertama. Journal of Education, Humaniora and Social Sciences (JEHSS). 3(4). 1853-1859

Handayani, H., Rahman, T., & Sumardi, S. (2022). Pola Asuh Orang Tua Terhadap Anak Introvert Usia 4-5 Tahun. Jurnal Pendidikan dan Konseling (JPDK), 4(4), 4752-4756.

Heriyanti, N. S., Thamrin, M., & Yuniarni, D. (2019). Pemberian motivasi belajar pada anak usia 4-5 tahun di taman kanak-kanak mujahidin ii pontianak timur. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK), 3(8). 1-9

Hutagalung. I. (2018). Teori-Teori Komunikasi dalam Pengaruh. Psikologi. Jakarta: Indeks.

Isnaini, A., Wulandari, N. W., & Sera, D. C. (2021). Pengaruh keterlibatan ayah dalam pengasuhan (father involvement) terhadap konsep diri remaja. Jurnal Psikologi Tabularasa, 16(2), 77-82.

Kurniawaty, I., Faiz, A., & Yustika, M. (2022). Pemberian Motivasi Belajar pada Anak Melalui Peran Orang Tua. Jurnal basicedu, 6(1), 34-41.

Laila, Y., dan Ilyas, A. (2019). Hubungan konformitas teman sebaya dengan motivasi belajar di SMA Adabiah Padang. Jurnal Neo Konseling, 1(2). 1-7

Mira, E., Afriza, E. F., & Srigustini, A. (2023). Dampak Moderasi Konformitas Teman Sebaya pada Pengaruh Konsep Diri dan Self-Regulated Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Ekonomi: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, Ilmu Ekonomi Dan Ilmu Sosial, 17(1), 8-17

Nasution, N. C. (2018). Dukungan Teman Sebaya Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar. Al-Hikmah: Jurnal Dakwah, 12(2), 159-174

Ningtias, R. K., Karomah, W., & Saputro, D. E. (2023). Pola Asuh Orang Tua Nelayan Pesisir Lamongan dalam Pembinaan Akhlak Anak. Darajat: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 6(2), 156-166.

Nuroh, S. (2022). Keterkaitan Antara Pola Asuh Dan Inner Child Pada Perkembangan Anak Usia Dini: Sebuah Tinjauan Konseptual [The Relationship Between Parenting Patterns And Inner Child In Early Childhood's Development: A Conceptual Review]. Acta Islamica Counsenesia: Counselling Research and Applications, 2(2), 61-70.

Nur’aini, A. (2022). Pengaruh Konformitas Teman Sebaya Terhadap Konsep Diri Remaja Di SMA Negeri 8 Semarang. Dimensi Pendidikan, 18(1). 39-51

Purwati, A., Hafidah, R., & Pudyaningtyas, A. R. (2020). Pola Pengasuhan Orangtua Tunggal terhadap Pengaturan Emosi Anak Usia 4-5 Tahun. Kumara Cendekia, 8(2), 116-125.

Saputro, Y. A., & Sugiarti, R. (2021). Pengaruh dukungan sosial teman sebaya dan konsep diri terhadap penyesuaian diri pada siswa SMA kelas X. Philanthropy: Journal of Psychology, 5(1), 59-72.

Sari, K. P., Neviyarni, S., & Irdamurni, I. (2020). Pengembangan Kreativitas dan Konsep Diri Anak SD. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 7(1), 44-50

Sari, G. S. I., dan Awaru, A. O. T. Konformitas Teman Sebaya Terhadap Perokok Anak Usia 7-12 Tahun. Pinisi Journal Of Sociology Education Review. 1(2). 55-63

Sardiman, (2020). Interaksi dan Motivasi Belajar dan Mengajar. Jakarta: Rajawali

Sartika, M., & Yandri, H. (2019). Pengaruh Layanan Bimbingan Kelompok terhadap Konformitas Teman Sebaya. Indonesian Journal of Counseling & Development1(01), 9–17

Sitepu, J. M., & Sitepu, M. S. (2021). Perkembangan Konsep Diri Anak Usia Dini Di Masa Pandemic. Seminar Nasional Teknologi Edukasi Sosial Dan Humaniora. 1(1). 402-409

Selvia, B., Julianto, F., Fais, F. A., & Mustika, M. (2024). Dampak Konformitas Teman Sebaya Terhadap Motivasi Belajar Dan Prestasi Akademik Siswa. Simpati: Jurnal Penelitian Pendidikan dan Bahasa, 2(1), 48-52

Subagia, I. N. (2021). Pola asuh orang tua: Faktor, implikasi terhadap perkembangan karakter anak. Bali: Nilacakra.

Sugiyono. (2019). Metodelogi Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif Dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Tanadi, M., Hartini, S., & Putra, A. I. D. (2020). Motivasi berprestasi ditinjau dari konsep diri pada siswa/siswi methodist 5 Medan. Insight: Jurnal Ilmiah Psikologi, 22(1), 17-27.

Uno, Hamzah . (2017) Teori Motivasi Dan Pengukurannya (Analisis di bidang pendidikan). Jakarta: Bumi Aksara

Wienda, T. A. (2020). Konsep Diri, Regulasi Emosi dan Asertivitas pada Mahasiswa. Philanthropy Journal of Psychology, 4(1), 25-53

Yunalia, E. M, & Etika A. N. (2020). Remaja dan Konformitas Teman Sebaya. Malang: Ahlimedia Book.

Downloads

Published

2025-02-06

Issue

Section

Articles