BAKTI SOSIAL PADA ANAK USIA DINI : SYSTEMATIC LITERATURE REVIEW
DOI:
https://doi.org/10.31004/jkt.v4i4.19625Keywords:
Anak usia dini, Nilai sosial, Pengembangan pemahamanAbstract
Anak usia dini merupakan makhluk sosial. Pemahaman nilai-nilai sosial pada anak usia dini sangatlah penting untuk menciptakan kedewasaan dalam branding sosial yang kekanak-kanakan. Pemahaman sosial anak usia dini diperoleh melalui anak belajar beradaptasi dengan lingkungan sosial sekitarnya. Tujuan dari penelitian ini menemukan, memahami dan menjelaskan berbagai fenomena yang terjadi di lapangan dengan menggunakan metode tinjauan pustaka dan teknik Systematic Literature Review (SLR). Metode SLR ini menggunakan tiga tahap review yang meliputi eksternal, internal, dan quality assessment (QA), 15 jurnal yang berkaitan dengan Bakti Sosial Pada Anak Usia Dini. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa menumbuhkan rasa bersyukur pada anak, menumbuhkan rasa empati, menumbuhkan sikap sosial, dan melatih rasa cinta anak untuk lingkungan sekitar sangat penting, sehingga dalam jangka panjang kedepannya bisa mengoptimalkan caranya bentuk dukungan terhadap perkembangan sosial pada anak usia dini. Hal yang dapat kita simpulkan, bahwa manusia pada hakikatnya adalah makhluk sosial dimana kita saling membutuhkan. Meringankan sedikit beban saudara-saudara kita merupakan suatu kewajiban bagi kita yang mampu, bukan acuh atau menghardik dengan cemohancemohan yang tidak baik. Mari datangi, kasihi, dengan mendengarkan orang-orang yang berada dibawah kita, sehingga kita bisa merasakan, menempati diri kita ke tempat yang saat ini mereka rasakan. Setelah itu kita tidak hanya duduk melihat tapi mengulurkan tangan memberi dan mengasihi saudara-saudara di sekeliling kita.References
Afifah, Y. H. (2022). Meningkatkan Perkembangan Moral Aspek Kontrol Diri Terhadap Kebersihan Lingkungan Melalui Bakti Sosial Pada Anak-Anak Di Rusun Griya Tipar Cakung. PRAXIS: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(2), 150–157. https://doi.org/10.47776/praxis.v1i2.635
Agustina, E., Rohmah, A., & Kuspiyah, H. R. (2019). Pendampingan Bimbingan Belajar Bahasa Inggris dan Bakti Sosial di Yayasan Pendidikan dan Sosial Roudlotut Thullab. Jurnal Indonesia Mengabdi, 1(1), 1–5. https://doi.org/10.30599/jimi.v1i1.415
Aprily, N. M., Chaerunnisa, P., Handayani, R., Wulandari, R., & Kotrunnada, S. A. (2023). Penerapan Nilai Sosial Anak Usia Dini Melalui Kegiatan Amal Bakti Di TK Pembina Kota Tasikmalaya. PAUDIA?: Jurnal Penelitian Dalam Bidang Pendidikan Anak Usia Dini, 12(1), 130–138. https://doi.org/10.26877/paudia.v12i1.15473
Arif, M., Rahmayanti, J. D., & Rahmawati, F. D. (2021). Penanaman Karakter Peduli Sosial Pada Siswa Sekolah Dasar. QALAMUNA: Jurnal Pendidikan, Sosial, Dan Agama, 13(2), 289–308. https://doi.org/10.37680/qalamuna.v13i2.802
Asfi, M., Laily Purnamasari, D., & Pranata, S. (2021). Di Graha Yatim Dan Dhuafa Kota Cirebon. 5(1), 296–300.
Depdiknas. (2003). Undang Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.
Di, P., Pondok, Y., Raudhoh, P., & Aitam, A. L. (n.d.). KEGIATAN BAKT SOSIAL DAN KEBERSAMAAN BERSAMA ANAK.
Dihartawan, D., Herdiansyah, D., Saputra, N., Suherman, S., Romdhona, N., & Al Maududi, A. A. (2021). Bakti Sosial Khitanan Massal. AS-SYIFA?: Jurnal Pengabdian Dan Pemberdayaan Kesehatan Masyarakat, 1(2), 55. https://doi.org/10.24853/assyifa.1.2.55-60
Etivali & Kurnia. (2019). Pendidikan Anak Usia Dini.
Handayani, F. (2022). Tinjauan Amal dalam Bakti Sosial Panti Asuhan Aisyiyah Kota Sungai Penuh. Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(1), 17–24.
Khadijah, & Nurul Zahraini Jf. (2014). Perkembangan Sosial Anak Usia Dini. In Paper Knowledge . Toward a Media History of Documents. http://eprints.ums.ac.id/69157/3/BAB II.pdf
Masjkur, M. (2017). Penyalahgunaan Narkoba Di Kalangan Remaja Dalam Perspektif Islam. At-Tuhfah, 5(9), 35. https://doi.org/10.36840/jurnalstudikeislaman.v5i9.48
Maya Richmayati, Dewi Permatasari, & Fadli Luran. (2022). Bakti Sosial Pada Panti Asuhan Uswatun Hasanah. Puan Indonesia, 3(2), 149–154. https://doi.org/10.37296/jpi.v3i2.68
NAEYC. (1992). National Association for The Education Young Children.
Nur Hamzah. (2015). Pengembangan Sosial Anak Usia Dini. IAIN PONTIANAK PRESS.
Patilaiya, H. La, AJa, N., & Yunus, T. (2021). Pengabdian Masyarakat Melalui Kegiatan Bakti Sosial di Desa Tataleka Kecamatan Jailolo Selatan Kabupaten Halmahera Barat. … (Jurnal Pengabdian …, 1(2), 47–52. https://lldikti12.ristekdikti.go.id/jurnal/index.php/bakti/article/view/131%0Ahttps://lldikti12.ristekdikti.go.id/jurnal/index.php/bakti/article/download/131/66
Retno Djohar Juliani, Dewi Fatmasari, Sinta Petri Lestari, Sri Praptono, & Rara Anggraeni Cahyaningtyas. (2023). Aksi Kepedulian Kepada Sesama Melalui Bakti SosialDi Panti Asuhan Anak Al Amanah. Majalah Inspiratif , 9, 1–6.
Rizha, N., Kumara, A., & Zaid, M. D. A. (2022). Tebarkan Kepedulian , Ciptakan Kebersamaan. Seminar Nasional Pengabdian MasyarakatLP UMJ, 1. http://jurnal.umj.ac.id/index.php/semnaskat
Sa’adah, A., Ropiqa, M., Astuti, P., & Mufidah, Z. (2021). Pengabdian Kepada Masyarakat Bakti Sosial Bersama Panti Asuhan Ar-Ridho, Siantan. Jurnal Inovasi & Terapan Pengabdian Masyarakat, 1(2), 67–71. http://journal.polita.ac.id/index.php/abdi/article/download/79/78
Soekanto, S. (2017). Sosiologi suatu pengantar (Edisi revi). Rajawali Pers.
Thalib, P., Putri, T. V., & Kholiq, M. N. (n.d.). Bakti Sosial Pengabdian Masyarakat melalui Khitan Massal Gratis di Masa Pandemi COVID- 19 pada Yayasan Anak Yatim di
Surabaya Pusat Pengelolaan Dana Sosial Universitas Airlangga I . Latar Belakang Pengabdian masyarakat merupakan bagian integral Tri Dharma. 01(01), 14–19.
Usiono. (2016). Pendidikan Kepalangmerahan (Esti Pibrianto (ed.)). Perdana Publishing.
Winda Krisnawati, Adelia Octaviani, Muhammad Khatami, Bhagas Novanda Putra, Faris Rahmat Hidayat, & Darto Darto. (2023). Bakti Sosial (Pembelajaran Mengaji Dan Baca Tulis Pada Anak Usia 6-9 Tahun). Atmosfer: Jurnal Pendidikan, Bahasa, Sastra, Seni, Budaya, Dan Sosial Humaniora, 1(2), 35–40. https://doi.org/10.59024/atmosfer.v1i2.58
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Abyena Hafza, Usiono Usiono

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work’s authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).


