PEMBIASAAN PHBS DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER DISIPLIN : SYSTEMATIC LITERATURE REVIEW

Authors

  • Putri Utami Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Usiono Usiono S1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Universitas Islam Negeri Sumatera Utara

DOI:

https://doi.org/10.31004/jkt.v4i4.19609

Keywords:

Hidup Bersih Sehat, Karakter Disiplin

Abstract

Di zaman sekarang, pembiasaan perilaku hidup bersih dan sehat sangat penting untuk diterapkan kepada anak-anak, agar dapat membentuk karakter yang disiplin. Hal ini dikarenakan masih banyak orangtua yang kurang memperhatikan anak-anaknya dalam hal kebersihan dan kesehatan. Penelitian ini bertujuan untuk membangun kebiasaan sederhana yaitu hidup bersih dan sehat agar terbentuk karakter anak yang disiplin, dan lebih memperhatikan kebersihan dan kesehatan. Melalui kegiatan pembiasaan perilaku hidup bersih dan sehat ini dalam upaya penanaman nilai-nilai pendidikan karakter, diharapkan semua anak mampu mengembangkan dan meningkatkan kualitas serta dapat menggunakan pengetahuannya secara mandiri dan menerapkan perilaku hidup bersih dan sehat sehingga terbentuk generasi penerus yang sehat dan cerdas. Dalam penelitian menggunakan metode Systematic Literature Review, sampelnya yaitu 10 artikel, dan populasinya yaitu 60 artikel yang sesuai dengan kriteria, dengan string pencarian tahun 2018 hingga 2023. Alat pengumpulan data menggunakan situs google scholar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa RQ1 dapat disimpulkan bahwa permasalahan yang ada beragam, ada yang menyatakan bahwa perilaku hidup bersih dan sehat anak prasekolah dalam kategori baik dan ada yang menyatakan bahwa dalam kategori cukup. Metode RQ2 yang sering digunakan adalah metode kualitatif, karena dalam penelitian kualitatif data yang diperoleh sesuai dengan apa yang terjadi tanpa rekayasa dikarenakan pengumpulan data diperoleh dari hasil observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil publikasi jurnal RQ3 signifikan, jurnal yang diterbitkan berbeda-beda.Kesimpulan dari artikel ini yaitu pembiasaan hidup bersih dan sehat dapat menjadi salah satu cara dalam upaya pembentukan karakter disiplin.

References

Adisti, Nopia. (2020). “Perilaku Hidup Bersih Dan Sehat (PHBS) Pada Murid Sekolah Dasar (SD).” Universitas Bhakti Kencana Bandung.

Akbar, Fajar, Ridhayani Adiningsih, Fahrul Islam, and Nurhidayah DN. (2023). “Perilaku Hidup Bersih Dan Sehat Pada Anak Sekolah Dasar.” Jurnal Sanitasi Profesional Indonesia 4(01): 44–53.

Andriani, Dessi, and Dinda Dwi Rahmawati. (2023). "Pengaruh Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) Terhadap Karakter Disiplin Pada Anak Kelompok B di TK Taruna Sriwijaya Palembang." Jurnal Kumara Cendekia 11(1): 68-73.

Bariroh, Siti, and Nono Triono. “Implementasi Perilaku Hidup Bersih Sehat Dalam Menanamkan Nilai Karakter Siswa Di Sd Mugres Kampus B.” 1(2): 55–60.

Berliana, d. P. (2016). Hubungan Peran Orangtua, Pengaruh Teman Sebaya dengan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat. Jurnal Endurance, 75-80.

Desi Andriani, D. D. (2023). Pengaruh Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) Terhadap Karakter Disiplin Pada Anak Kelompok B di TK Taruna Sriwijaya Palembang. Jurnal Kumara Cendekia, 68-73.

Erni Gustina, dkk. (2018). "Peningkatan Perilaku Sehat Pada Siswa Sekolah Dasar Melalui PHBS di Desa Gondanglegi dan Pucangan, Kecamatan Ambal Kabupaten Kebumen." Jurnal Pemberdayaan, h. 59-64.

Febria Nur Fitri Laeli. (2022). “Pembiasaan Perilaku Hidup Bersih Dan Sehat Pada Anak Di KB Mutiara Bangsa Wanatirta Kecamatan Paguyangan Kabupaten Brebes.” Skripsi (30–31).

Hidayat, A. d. (2021). Penerapan Pendidikan Karakter Melalui Audio Visual Untuk Meningkatkan Kemampuan Berbicara Siswa. Jurnal Ilmu Jendela Pendidik.

Irrisqiyah, Ita. (2021). "Peran Guru dalam Menerapkan Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) pada Anak Usia Dini Melalui Pembiasaan Mencuci Tangan dalam Kehidupan Sehari-hari di

TK 'Aisyiyah Busthanul Athfal IV Laden Pamekasan." Skripsi (60-67).

Islamiyah, L. O. (2020). Penerapan Pola Hidup Bersih dan Sehat Anak Usia Dini di Tengah Pandemi Covid-19. Jurnal Obsesi, 466.

Kesuma, d. N. (2011). Pendidikan Karakter: Kajian Teori dan Praktik di Sekolah. Jakarta: Remaja Rosdakarya.

Lukitoaji, Beny Dwi, and Meisya Lutfhia Dewi. (2020). “Analisis Pembentukan Karakter Disiplin Peserta Didik Melalui Budaya Hidup Sehat Di Sd Kalipucang.” Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan 10(2): 10.

Maryamah. (2016). Pengembangan Budaya Sekolah. Jurnal Tarbawi, 86.

Makhsyari, H. d. (2018). Penerapan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat dalam Menanamkan Nilai Karakter Siswa. Jurnal Program Studi PGMI, 99-111.

Nashir. (2013). Pendidikan Karakter Berbasis Agama dan Budaya. Yogyakarta: Multi Presindo.

Nikmawati. (2021). “Analisis Perilaku Hidup Bersih Dan Sehat (PHBS) Anak.” Skripsi 7(2): 107–15.

Nur, Balgis, Fadhillah Mokodongan, Wahyuningsi Laiya, and Yenti Juniarti. (2023). “Peran Orang Tua Dalam Pembiasaan Hidup Bersih Dan Sehat (Phbs) Pada Anak Kelompok a Di Tk Negeri Ki Hadjar Dewantoro 1 Gorontalo.” Jurnal Awladuna 1(1): 24–29.

Retnaningsih, d. R. (2022). Trik Jitu Menanamkan Nilai Karakter Pada Anak Usia Dini. Jurnal Nawa Litera.

Utami, Tri Niswati, Usiono Usiono, and Retno Sayekti. (2022). “Analyzing the Adoption of Clean and Healthy Living Behaviors against COVID-19 Students in Indonesia.” The Open Public Health Journal 15: 1–9.

Yanti, R. A. (2016). Pelaksanaan Kegiatan Ekstrakurikuler dalam Rangka Pengembangan Nilai-Nilai Karakter Siswa Untuk Menjadi Warga Negara yang Baik di SMA KORPRI Banjarmasin. Jurnal Pendidik Kewarganegaraan.

Zein, U. (2019). Buku Ajar Ilmu Kesehatan (Memahami Gejala, Tanda, dan Mitos). Yogyakarta: Budi Utama.

Downloads

Published

2023-11-28