PEMBIASAAN PHBS DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER DISIPLIN : SYSTEMATIC LITERATURE REVIEW
DOI:
https://doi.org/10.31004/jkt.v4i4.19609Keywords:
Hidup Bersih Sehat, Karakter DisiplinAbstract
Di zaman sekarang, pembiasaan perilaku hidup bersih dan sehat sangat penting untuk diterapkan kepada anak-anak, agar dapat membentuk karakter yang disiplin. Hal ini dikarenakan masih banyak orangtua yang kurang memperhatikan anak-anaknya dalam hal kebersihan dan kesehatan. Penelitian ini bertujuan untuk membangun kebiasaan sederhana yaitu hidup bersih dan sehat agar terbentuk karakter anak yang disiplin, dan lebih memperhatikan kebersihan dan kesehatan. Melalui kegiatan pembiasaan perilaku hidup bersih dan sehat ini dalam upaya penanaman nilai-nilai pendidikan karakter, diharapkan semua anak mampu mengembangkan dan meningkatkan kualitas serta dapat menggunakan pengetahuannya secara mandiri dan menerapkan perilaku hidup bersih dan sehat sehingga terbentuk generasi penerus yang sehat dan cerdas. Dalam penelitian menggunakan metode Systematic Literature Review, sampelnya yaitu 10 artikel, dan populasinya yaitu 60 artikel yang sesuai dengan kriteria, dengan string pencarian tahun 2018 hingga 2023. Alat pengumpulan data menggunakan situs google scholar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa RQ1 dapat disimpulkan bahwa permasalahan yang ada beragam, ada yang menyatakan bahwa perilaku hidup bersih dan sehat anak prasekolah dalam kategori baik dan ada yang menyatakan bahwa dalam kategori cukup. Metode RQ2 yang sering digunakan adalah metode kualitatif, karena dalam penelitian kualitatif data yang diperoleh sesuai dengan apa yang terjadi tanpa rekayasa dikarenakan pengumpulan data diperoleh dari hasil observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil publikasi jurnal RQ3 signifikan, jurnal yang diterbitkan berbeda-beda.Kesimpulan dari artikel ini yaitu pembiasaan hidup bersih dan sehat dapat menjadi salah satu cara dalam upaya pembentukan karakter disiplin.References
Adisti, Nopia. (2020). “Perilaku Hidup Bersih Dan Sehat (PHBS) Pada Murid Sekolah Dasar (SD).” Universitas Bhakti Kencana Bandung.
Akbar, Fajar, Ridhayani Adiningsih, Fahrul Islam, and Nurhidayah DN. (2023). “Perilaku Hidup Bersih Dan Sehat Pada Anak Sekolah Dasar.” Jurnal Sanitasi Profesional Indonesia 4(01): 44–53.
Andriani, Dessi, and Dinda Dwi Rahmawati. (2023). "Pengaruh Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) Terhadap Karakter Disiplin Pada Anak Kelompok B di TK Taruna Sriwijaya Palembang." Jurnal Kumara Cendekia 11(1): 68-73.
Bariroh, Siti, and Nono Triono. “Implementasi Perilaku Hidup Bersih Sehat Dalam Menanamkan Nilai Karakter Siswa Di Sd Mugres Kampus B.” 1(2): 55–60.
Berliana, d. P. (2016). Hubungan Peran Orangtua, Pengaruh Teman Sebaya dengan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat. Jurnal Endurance, 75-80.
Desi Andriani, D. D. (2023). Pengaruh Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) Terhadap Karakter Disiplin Pada Anak Kelompok B di TK Taruna Sriwijaya Palembang. Jurnal Kumara Cendekia, 68-73.
Erni Gustina, dkk. (2018). "Peningkatan Perilaku Sehat Pada Siswa Sekolah Dasar Melalui PHBS di Desa Gondanglegi dan Pucangan, Kecamatan Ambal Kabupaten Kebumen." Jurnal Pemberdayaan, h. 59-64.
Febria Nur Fitri Laeli. (2022). “Pembiasaan Perilaku Hidup Bersih Dan Sehat Pada Anak Di KB Mutiara Bangsa Wanatirta Kecamatan Paguyangan Kabupaten Brebes.” Skripsi (30–31).
Hidayat, A. d. (2021). Penerapan Pendidikan Karakter Melalui Audio Visual Untuk Meningkatkan Kemampuan Berbicara Siswa. Jurnal Ilmu Jendela Pendidik.
Irrisqiyah, Ita. (2021). "Peran Guru dalam Menerapkan Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) pada Anak Usia Dini Melalui Pembiasaan Mencuci Tangan dalam Kehidupan Sehari-hari di
TK 'Aisyiyah Busthanul Athfal IV Laden Pamekasan." Skripsi (60-67).
Islamiyah, L. O. (2020). Penerapan Pola Hidup Bersih dan Sehat Anak Usia Dini di Tengah Pandemi Covid-19. Jurnal Obsesi, 466.
Kesuma, d. N. (2011). Pendidikan Karakter: Kajian Teori dan Praktik di Sekolah. Jakarta: Remaja Rosdakarya.
Lukitoaji, Beny Dwi, and Meisya Lutfhia Dewi. (2020). “Analisis Pembentukan Karakter Disiplin Peserta Didik Melalui Budaya Hidup Sehat Di Sd Kalipucang.” Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan 10(2): 10.
Maryamah. (2016). Pengembangan Budaya Sekolah. Jurnal Tarbawi, 86.
Makhsyari, H. d. (2018). Penerapan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat dalam Menanamkan Nilai Karakter Siswa. Jurnal Program Studi PGMI, 99-111.
Nashir. (2013). Pendidikan Karakter Berbasis Agama dan Budaya. Yogyakarta: Multi Presindo.
Nikmawati. (2021). “Analisis Perilaku Hidup Bersih Dan Sehat (PHBS) Anak.” Skripsi 7(2): 107–15.
Nur, Balgis, Fadhillah Mokodongan, Wahyuningsi Laiya, and Yenti Juniarti. (2023). “Peran Orang Tua Dalam Pembiasaan Hidup Bersih Dan Sehat (Phbs) Pada Anak Kelompok a Di Tk Negeri Ki Hadjar Dewantoro 1 Gorontalo.” Jurnal Awladuna 1(1): 24–29.
Retnaningsih, d. R. (2022). Trik Jitu Menanamkan Nilai Karakter Pada Anak Usia Dini. Jurnal Nawa Litera.
Utami, Tri Niswati, Usiono Usiono, and Retno Sayekti. (2022). “Analyzing the Adoption of Clean and Healthy Living Behaviors against COVID-19 Students in Indonesia.” The Open Public Health Journal 15: 1–9.
Yanti, R. A. (2016). Pelaksanaan Kegiatan Ekstrakurikuler dalam Rangka Pengembangan Nilai-Nilai Karakter Siswa Untuk Menjadi Warga Negara yang Baik di SMA KORPRI Banjarmasin. Jurnal Pendidik Kewarganegaraan.
Zein, U. (2019). Buku Ajar Ilmu Kesehatan (Memahami Gejala, Tanda, dan Mitos). Yogyakarta: Budi Utama.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Putri Utami, Usiono Usiono

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work’s authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).


