HUBUNGAN PENGETAHUAN KEHALALAN PANGAN DENGAN PERILAKU PENJAMAH MAKANAN DAN KEBERADAAN BAKTERI E. COLI

Authors

  • Marya Ulfah Program studi Ilmu Gizi, Universitas Darussalam Gontor, Ponorogo
  • Fitri Komala Sari Program studi Ilmu Gizi, Universitas Darussalam Gontor, Ponorogo
  • Fathimah Fathimah Program studi Ilmu Gizi, Universitas Darussalam Gontor, Ponorogo

DOI:

https://doi.org/10.31004/jkt.v2i3.1959

Keywords:

kehalalan, perilaku, penjamah makanan

Abstract

Indonesia menjadi negara dengan populasi pemeluk Agama Islam mayoritas. Dengan banyaknya jumlah Muslim maka makanan yang akan diprioritaskan adalah makanan halal, karena umat Muslim memiliki aturan dalam hal konsumsi makanan. Bakteri Escherichia coli menjadi penyebab keracunan yang sering terjadi di banyak tempat penyelenggaraan makanan massal. Infeksi pada manusia yang disebabkan oleh bakteri E.coli dapat berasal dari sumber air yang dipakai untuk pengolahan makanan ataupun pada lingkungan dapur yang tidak bersih. Penelitian ini menganalisis hubungan pengetahuan kehalalan pangan dengan perilaku penjamah makanan dan keberadaan bakteri E.coli. Metode: Penelitian ini menggunakan studi cross sectional. Pengecekan mikroba di laboratorium menggunakan metode MPN. Sampel menggunakan metode total sampling dengan jumlah 38 sampel, E.coli diambil dari sumber air, makanan dan minuman pada 3 dapur. Penilaian pengetahuan kehalalan pangan dengan perilaku penjamah makanan menggunakan kuesioner. Uji statistik yang digunakan yaitu uji spearman. Hasil: Tidak terdapat hubungan antara pengetahuan kehalalan pangan dengan perilaku kehalalan pangan dengan p 0,71, pengetahuan kehalalan pangan dengan keberadaan E.coli p 0,158. Kesimpulan: Tidak terdapat hubungan antara pengetahuan kehalalan pangan dengan perilaku kehalalan pangan pada penjamah makan dan pada keberadaan bakteri E.coli.

References

Adura F., Yusoff, M., Yusof, R., Hussin, S. (2015). Halal Food Supply Chain Knowledge and Purchase Intention. IJEM(International journal of Economics and Management), (9): 155-172.

Afrah M,N, Djaja, M,I. (2018). Faktor Yang Memengaruhi Kontaminasi Bakteri Escherichia Coli Pada Makanan Jajanan Di Sekolah Dasar Kecamatan Beji, Kota Depok Tahun 2018. Jurnal Nasional Kesehatan Lingkungan Global, 1(2): 101-108.

Alwi, K, Ismail, E, Palupi, I. (2019). Pengetahuan Keamanan Pangan Penjamah Makanan Dan Mutu Keamanan Pangan Di Pondok Pesantren. Darussalam Nutrition Journal, 3(2): 72-83.

Anonim. (2017). Agama di Indonesia. Diakses dari https://www.Indonesia.go.id pada tanggal 25 Februari 2020.

Budiman, Rianto, Agus. (2014). Kapita Selekta Kuesioner: Pengetahuan dan Sikap dalam Penelitian Kesehatan. Jakarta: Salemba Medika.

Jamilatur R., Rini, C., Cholifah, S. (2018). Kontaminasi Escherichia coli pada Makanan Jajanan di Kantin Universitas Muhammadiyah Sidoarjo. Journal of Medical Laboratory Science/Technology, 1(1): 15-26.

Kettani, H. (2019). The World Muslim Population. Singapore: British Library Cataloguing-in-Publication Data.

Lestari,A, Harmayani, E, Utami, T, Mardika, S, Nurviani, S. (2018). Dasar-Dasar Mikrobiologi Makanan di Bidang Gizi dan Kesehatan. Yogyakarta: UGM Press.

Pasanda, A. (2016). Perbedaan Pengetahuan, Sikap dan Perilaku Penjamah Makanan Sesudah Diberikan Penyuluhan Personal Hygiene Di Hotel Patra Jasa Semarang. Skripsi. Semarang : Universitas Muhammadiyah Semarang.

Pudjirahayu, A. (2018). Pengawasan Mutu pangan. Kemenkes.

Sari, M. (2017). Pengetahuan Dan Sikap Keamanan Pangan Dengan Perilaku Penjaja Makanan Jajanan Anak Sekolah Dasar. Journal of Health Education. 2(2): 163-170.

Suriaman, E., Apriliasari, PW. (2017). Uji Mpn Coliform Dan Identifikasi Fungi Patogen Pada Air Kolam Renang Di Kota Malang. Jurnal Sain Health, 1(1): 16-22.

Usman, H. (2015). Hubungan Kualitas Air Pdam Dengan Insiden Penyakit Diare Di Wilayah Kerja Puskesmas Sidomulyo Kelurahan Sidodamai Samarinda. Skripsi. Samarinda : Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Samarinda.

Priyanto, D. (2019). Correlation Between Knowledge And Attitudes Level With Behavior In Checking Halal Labels Of Packaged Food Among University Students. Skripsi. Ponorogo : University of Darussalam Gontor.

Wulandari, A. (2020). Pengaruh Norma Subjektif Kontrol Perilaku dan Pengetahuan Tentang Halal Terhadap Niat Beli Konsumen Non-Muslim Pada Produk Makanan halal. Skripsi. Surabaya : Universitas Airlangga.

Zuraini, M., Afiq, M., Nurzulain. (2019). The Influence Of Cross-Generation Attitude On Halal Food Products. Malays Appl Biol. 48(2): 41-46.

Downloads

Published

2021-09-30

How to Cite

Ulfah, M., Sari, F. K., & Fathimah, F. (2021). HUBUNGAN PENGETAHUAN KEHALALAN PANGAN DENGAN PERILAKU PENJAMAH MAKANAN DAN KEBERADAAN BAKTERI E. COLI. Jurnal Kesehatan Tambusai, 2(3), 75–83. https://doi.org/10.31004/jkt.v2i3.1959