TINJAUAN PELAKSANAAN SISTEM PENYIMPANAN DAN PENGAMBILAN REKAM MEDIS DI UPTD RAWAT INAP CISITU

Authors

  • Kania Suryanita D3 Rekam Medis Informasi Kesehatan, Politeknik Piksi Ganesha Bandung
  • Leni Herfiyanti Politeknik Piksi Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.31004/jkt.v2i3.1930

Keywords:

sistem penyimpanan, rekam medis

Abstract

Pendahuluan: Puskesmas mempunyai tugas melaksanakan kebijakan kesehatan untuk mencapai tujuan pembangunan kesehatan di wilayah kerjanya melalui penyelenggaraan rekam medis. Pelaksanaan rekam medis di UPTD Puskesmas Rawat Inap Cisitu salah satunya penyelenggaraan sistem penyimpanan dan pengambilan rekam medis yang merupakan faktor penting dalam pemberian pelayanan kesehatan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan sistem penyimpanan dan pengambilan rekam medis di UPTD Puskesmas Rawat Inap Cisitu. Metode: penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Populasi 3 orang petugas pendaftaran. Sampel terdiri dari 2 orang petugas pendaftaran yang berhubungan langsung dengan penyimpanan rekam medis dengan teknik sampling purposif. Tenik pengumpulan data dengan cara observasi lapangan, wawancara, dan studi pustaka. Hasil: dalam pelaksanaan rekam medis di UPTD Puskesmas Rawat Inap Cisitu menggunakan sentralisasi, penjajaran menggunakan straigh numerical filing (SNF) dan penomoran menggunakan seri-unit menuju family folder. Dalam pelaksanaan pengambilan rekam medis (retrieval) tidak adanya penggunaan alat bantu dan pengambilan rekam medis dilakukan selain petugas pendaftaran. Simpulan: dalam pelaksanaan sistem penyimpanan dan pengambilan rekam medis di UPTD Puskesmas Rawat Inap Cisitu masih kurang efektif. Disarankan bagi pihak puskesmas untuk membuat standar operasional prosedur penyimpanan dan pengambilan rekam medis, menambah jumlah petugas rekam medis sesuai dengan pendidikan dan kompetensinya, pengambilan rekam medis hanya dilakukan oleh petugas penyimpanan, dan menggunakan alat bantu saat pengambilan rekam medis seperti tracer/outguide, bon peminjaman dan buku ekspedisi untuk mempermudah pelacakan rekam medis.

References

Depkes RI (2006) Pedoman Pengelolahan Dokumen Rekam Medis Rumah Sakit Di Indonesia., Direktorat Jendral Pelayanan Rekam Medik.

Menkes RI. (2014). Peraturan Menteri Kesehatan RI No. 75 tahun 2014. Pusat Kesehatan Masyarakat. Jakarta: Menteri Kesehatan Republik Indonesia

Menteri Kesehatan Republik Indonesia. (2008). Permenkes Nomor 269/MENKES/PER/III/2008. Jakarta: Menkes RI

Mathar, Irmawati. (2018). Manajemen Informasi Kesehatan Pengelolaan Dokumen Rekam Medis. DEEPUBLISH. Yogyakarta

Nurul, A. H. (2015) PENYIMPANAN DAN PENGAMBILAN BERKAS REKAM MEDIS, TEDC Bandung. Available at: https://aepnurulhidayat.wordpress.com/2015/03/02/penyimpanan-dan-pengambilan-berkas-rekam-medis_aep-nurul-hidayahrkm126201_rekam-medis-informasi-kesehatan_politeknik-tedc-bandung/ (Accessed: 11 July 2021).

Peraturan Menteri Kesehatan No. 55 Tahun 2013. Tentang Penyelenggaraan Pekerja Perekam Medis.

Ritonga, Z. A. and Lubis, H. E. (2021) ‘Tinjauan Pelaksanaan Sistem Penyimpanan Rekam Medis Berdasarkan Standar Akreditasi Di UPTD Puskesmas Kotanopan Mandailing Natal’, Jurnal Ilmiah Perekam dan Informasi Kesehatan Imelda (JIPIKI), 6(1), pp. 14–22. doi: 10.2411/JIPIKI.V6I1.485.

Riyanto, B. et al. (2012) ‘Tinjauan Pelaksanaan Penyimpanan Dan Pengambilan Dokumen Rekam Medis Di Bagian Filing Rsud Kabupaten Karanganyar’, Ejurnal.Stikesmhk.Ac.Id, (2).

Savitri Citra, Budi, 2011 (2011) ‘Manajemen Unit Kerja Rekam Medis’, Quantum Sinergis Media.

Shofari, B. (Alm) dkk. (2018) Dasar Pengelolaan Rekam Medis dan Informasi Kesehatan. Percetakan UDINUS. Semarang.

Siswati dan Maryati, Yati. (2017). Manajemen Mutu Informasi Kesehatan II: Akreditas Dan Manajemen Risiko. Pusat Pendidikan Sumber Daya Manusia Kesehatan. Jakarta

Sugiyono. (2015). Metodologi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta. Bandung

Sugiyono. (2017). Metodologi Penelitian Kuantitaif, Kualititaf, dan R&D. Alfabeta. Bandung.

Valentina (2019) ‘Tinjauan Sistem Penyimpanan Rekam Medis Menurut Standar Akreditasi Puskesmas Di Puskesmas Sukaramai Tahun 2019’, Jurnal Ilmiah Perekam dan Informasi Kesehatan Imelda, 4(1).

Wijaya, Lily dan Dewi, Deasy Rosmala. (2017). Manajemen Informasi Kesehatan II: Sistem dan Sub Sistem Pelayanan RMIK. Pusat Pendidikan Sumber Daya Manusia Kesehatan. Jakarta

Downloads

Published

2021-09-30

How to Cite

Suryanita, K., & Herfiyanti, L. (2021). TINJAUAN PELAKSANAAN SISTEM PENYIMPANAN DAN PENGAMBILAN REKAM MEDIS DI UPTD RAWAT INAP CISITU. Jurnal Kesehatan Tambusai, 2(3), 32–39. https://doi.org/10.31004/jkt.v2i3.1930