PENERAPAN MEDIA AUDIOVISUAL PEACE TERHADAP PENGETAHUAN PENANGANAN CEDERA PADA ANAK SD NEGERI 1 TEJASARI DI PURBALINGGA

Authors

  • Purbo Asmoro Widagdo Pendidikan Profesi Ners Universitas Muhammadiyah Purwokerto
  • Atika Dhiah Anggraeni Universitas Muhammadiyah Purwokerto

DOI:

https://doi.org/10.31004/jkt.v4i3.18595

Keywords:

audiovisual, cedera, pengetahuan

Abstract

Usia anak-anak atau sekolah dasar adalah usia yang sering mengalami terjadinya cedera. Masalah sering terjadinya cedera karena dipengaruhi oleh faktor umur, jenis kelamin, kepribadian, cuaca, tempat, kurangnya pengawasan dan bebas melakukan kegiatan apapun. Pencegahan secara dini dapat menekan angka permasalahan cedera yang paling sering terjadi pada anak-anak. Oleh karena itu, diperlukan pengetahuan yang baik sehingga tindakan pencegahan dapat dilakukan. Untuk mengatasi hal tersebut diperlukan pendekatan dengan promosi kesehatan melalui berbagai media. Salah satu media promosi kesehatan yang efektif untuk diberikan kepada anak-anak adalah media audiovisual. Media audiovisual merupakan media yang memberikan gambaran yang lebih nyata karena menarik dan mudah untuk di ingat. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penerapan media audiovisual terhadap pengetahuan penanganan cedera (PEACE) pada anak SD Negeri 1 Tejasari. Metode penelitian yang digunakan yaitu kuantitatif dengan desain pre eksperimental one group pretest postest. Penelitian ini dilakukan di SD Negeri 1 Tejasari dengan jumlah sampel 3 anak yang diambil secara acak dari 20 anak. Pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan kuesioner yang dianalisis dengan Paired Sample T - test. Hasil dari penelitian ini menunjukkan peningkatan pengetahuan sebelum dan sesudah pemberian intervensi menggunakan media audiovisual PEACE dengan hasil nilai p value menunjukkan 0,035 (< 0,050). Media audiovisual berpengaruh sangat signifikan terhadap pengetahuan penanganan cedera pada anak SD Negeri 1 Tejasari.

References

Addiarto, W. (2018). Perbedaan Efektivitas Pembelajaran Audio Visual Dan Demonstrasi Sebagai Upaya Meningkatkan Skill Resusitasi Jantung Paru (Rjp) Pada Mahasiswa Keperawatan. JI-KES (Jurnal Ilmu Kesehatan), 1(2), 83–88. https://doi.org/10.33006/ji-kes.v1i2.104

Asmara, A. P. (2015). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Audio Visual Tentang Pembuatan Koloid. Jurnal Ilmiah Didaktika, 15(2), 156. https://doi.org/10.22373/jid.v15i2.578

Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan Provinsi Jawa Tengah. (2018). Laporan Provinsi Jawa Tengah Riskesdas 2018. In Kementerian Kesehatan RI.

Batas, A., Mongan, S., & Mewengkang, M. (2014). Pengetahuan dan Sikap Wanita Mengenai Kanker Serviks dan Pap Smear Di RSU. Hermana Lembean Bulan November-Desember Tahun 2013. E-CliniC, 2(1). https://doi.org/10.35790/ecl.2.1.2014.3598

Deni, H. (2015). Penilaian Hasil Belajar untuk Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 21(1), 15–25.

Diahwati, R., Hanurawan, F., Dasar, P., & Malang, P. N. (2016). Keterampilan Sosial Siswa Berkebutuhan Khusus Di Sekolah Dasar Inklusi. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 1612–1620.

Endiyono, & Aprianingsih, S. (2020). Pengaruh Pendidikan Kesehatan Pertolongan Pertama Pada Kecelakaan (P3K) Terhadap Tingkat Pengetahuan Anggota Saka Bakti Husada. Jurnal Ilmiah Kesehatan, 15(2), 83–92. http://medika.respati.ac.id/index.php/Medika/article/view/178

Fatmawati, B. R., Suprayitna, M., & Prihatin, K. (2019). Efektifitas Edukasi Basic Life Support dengan Media Audiovisual dan Praktik Terhadap Tingkat Pengetahuan dan Keterampilan Mahasiswa Program Studi Ilmu Keperawatan Jenjang D.III Stikes Yarsi Mataram Tahun 2018. Jurnal Kesehatan Qamarul Huda, 7(1), 6–12. https://doi.org/10.37824/jkqh.v7i1.2019.68

Fitri, A., Wulandini, P., & Sari, T. K. (2019). Pengetahuan Siswa/I Tentang Pertolongan Pertama Pada Kecelakaan Saat Berolahraga Di Sma Olahraga Rumbai Pekanbaru Provinsi Riau 2019. Jurnal Keperawatan Abdurrab, 3(1), 70–77. https://doi.org/10.36341/jka.v3i1.815

Hakim, L. (2012). Internalisasi Nilai-Nilai Agama Islam Dalam Pembentukan Sikap Dan Perilaku Siswa Sekolah Dasar Islam Terpadu Al-Muttaqin Kota Tasikmalaya. Jurnal Pendidikan Agama Islam-Ta’lim, 10(1), 67–77.

Hidayah, N. (2015). Pembelajaran Tematik Integratif Di Sekolah Dasar. TERAMPIL Pendidikan Dan Pembelajaran Dasar, 2, 34–49.

Khaterina, & Garliah, L. (2012). Perbedaan Kecerdasan Emosi pada Pria dan Wanita yang Mempelajari dan Yang Tidak Mempelajari Alat Musik Piano. Predicara, 1(1), 17–20.

Kurniawan, M. I. (2015). Tri Pusat Pendidikan Sebagai Sarana Pendidikan Karakter Anak Sekolah Dasar. Pedagogia?: Jurnal Pendidikan, 4(1), 41–49. https://doi.org/10.21070/pedagogia.v4i1.71

Kuschithawati, S., Magetsari, R., & Ng, N. (2007). Faktor risiko terjadinya cedera pada anak usia sekolah dasar. Berita Kedokteran Masyarakat, 23(3), 131–141.

Oktira, Y. S., Ardipal, L, J., & Toruan. (2015). Penggunaan Media Audio Visual untuk Meningkatkan Kemandirian Siswa Belajar Seni Budaya. E-Jurnal Sendratasik FBS Universitas Negeri Padang, 3(2), 63–68.

Primavera, I. R. C., & Suwarna, I. P. (2014). Pengaruh Media Audio Visual Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas XI Pada Konsep Elastisitas. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan IPA FITK UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, 1, 122–129.

Ramadhan, N. D., Ornelia, T. F., Anugraheni, U. Y., Wardana, A. G., Prasetyo, M. R., Wijaya, I. N., Mahdiyyah, F., Nafikah, W. Z., Hidayat, M. H., Mabilla, R. U., & Nisa, F. (2020). Pengetahuan, sikap, dan praktik penggunaan obat tetes mata kortikosteroid. Jurnal Farmasi Komunitas, 6(2), 66–70.

Setiawan, B., & Rustiana, E. R. (2014). Pengembangan Self Massage Dan Terapi Latihan Pada Cedera Ankle (Pergelangan Kaki). Journal of Physical Education and Sports, 3(1), 1–4. https://doi.org/10.15294/jpes.v3i1.4784

Setiawati, S & Dermawan, A. F. (2008). Proses Pembelajaran dalam Pendidikan Kesehatan. Jakarta : Trans Info Media.

Triyani, E., & Ramdani, M. L. (2020). Pengaruh Pendidikan Kesehatan Terhadap Pengetahuan Dan Keterampilan Pertolongan Pertama Cedera Olahraga Dengan Metode Prices Pada Anggota Futsal. Jurnal Keperawatan Muhammadiyah, September, 377–384.

Usman, Almumtahanah, Kawuryan, U., Kartika, W., Halwa, A. S., & Wariani. (2021). Kejadian Cedera Pada Anak Usia Sekolah Dasar. Jurnal Ilmu Keperawatan Dan Kebidanan, 12(1), 58–62.

Widagdo, P. A., & Anggraeni, A. D. (2022). Gambaran Pengetahuan Penanganan Cedera Melalui Media Audiovisual Pada Anggota Merpati Putih Sma Negeri 2 Purbalingga. Jurnal Kesehatan Tambusai, 3(3), 412–419. https://doi.org/10.31004/jkt.v3i3.6541

Wirawan, A. (2020). Memaksimalkan layanan informasi berbasis media audio visual: suatu upaya meningkatkan minat belajar siswa di SMP. Jurnal Sipatokkong BPSDM Sulawesi Selatan, 1(2), 137–142.

Yusuf, S., & Sugandhi, N. M. (2012). Perkembangan Peserta Didik. Jakarta : Raja Grafindo Persada.

Zaidi, Z. F. (2010). Gender Differences in Human Brain?: A Review. The Open Anatomy Journal, 37–55.

Downloads

Published

2023-09-29

How to Cite

Widagdo, P. A. ., & Anggraeni, A. D. . (2023). PENERAPAN MEDIA AUDIOVISUAL PEACE TERHADAP PENGETAHUAN PENANGANAN CEDERA PADA ANAK SD NEGERI 1 TEJASARI DI PURBALINGGA. Jurnal Kesehatan Tambusai, 4(3), 4145–4152. https://doi.org/10.31004/jkt.v4i3.18595