IMPLEMENTASI INTER PROFESSIONAL COLLABORATION (IPC)
DOI:
https://doi.org/10.31004/jkt.v4i2.16069Keywords:
IPC, komunikasi efektif, RSU Karya Husada PerdaganganAbstract
Inter Proffesional Collaboration (IPC) merupakan kolaborasi Interprofesi yaitu kemitraan antara seorang dengan latar belakang profesi yang berbeda dan bekerja sama untuk memecahkan masalah kesehatan dan menyediakan pelayanan kesehatan. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk menggali secara lebih mendalam bagaimana, penyebab dan upaya yang telah dilakukan oleh Tenaga Kesehatan dan Pimpinan RSU Karya Husada Perdagangan untuk meningkatkan IPC di Unit Rawat Inap di RSU Karya Husada Perdagangan Tahun 2022. Jenis penelitian adalah kualitatif dengan rancangan Fenomenologi. Informan penelitian sebanyak 6 orang yaitu Pimpinan Rumah Sakit, PMKP, Komite Medik, Unsur Pelayanan Medik, Unsur Keperawatan, Unsur Penunjang Medis. Pengumpulan data dengan observasi, FGD, wawancara mendalam, dan studi dokumen. Pengolahan dan analisis data menggunakan metode Miles dan Huberman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Implementasi IPC di RSU Karya Husada Perdagangan tahun 2022 kurang baik. Kurangnya kemampuan komunikasi efektif menjadi penyebab utama IPC di RSU Karya Husada Perdagangan menjadi kurang baik. Upaya manajemen RSU Karya Husada Perdagangan untuk meningkatkan kemampuan komunikasi efektif yaitu dengan memberi pelatihan terkait komunikasi efektif, serta membentuk tim evaluasi, dan memberi reward serta punishment. Upaya petugas kesehatan yaitu harus mematuhi segala aturan yang telah diberikan oleh pihak manajemen untuk mendukung program komunikasi yang efektif kepada pasien baik antar sesama petugas kesehatan.References
Ahmad Faizin dan Winarsih. (2008). Hubungan Tingkat Pendidikan dan Lama Kerja Perawat dengan Kinerja Perawat di RSU Pandan Arang Kabupaten Boyolali. Berita Ilmu Keperawatan ISSN. 1979-2397.vol. I No. 3 September 2008.
Anggorowati, Rokhmah, A.N, (2017), Komunikasi efektif dalam praktek kolaborasi interprofesi sebagai upaya meningkatkan kualitas pelayanan, Journal of Health Studies, vol 1(1) 65-71.
Alfajri, N. Z. (2017). Implementasi Case Management System di Rumah Sakit. Yogyakarta: University Gadjah Mada.
Ariga, R. (2020). Soft Skills, Soft Skills Keperawtaan di Era Milenial 4.0.
Priestnall, S. L., Okumbe, N., Orengo, L., Okoth, R., Gupta, S., Gupta, N. N., Gupta, N. N., Hidrobo, M., Kumar, N., Palermo, T., Peterman, A., Roy, S., Konig, M. F., Powell, M., Staedtke, V., Bai, R. Y., Thomas, D. L., Fischer, N., Huq, S., … Chatterjee, R. (2020). ANALISIS PENERAPAN INTERPROFESSIONAL COLLABORATION DI SILOAM HOSPITALS BALIKPAPAN TAHUN 2019. Endocrine, 9 (May), 6. https://www.slideshare.net/maryamkazemi3/stability-of-colloids%0Ahttps://barnard.edu/sites/default/files/inline/student_user_guide_for_spss.pdf%0Ahttp://www.ibm.com/support%0Ahttp://www.spss.com/sites/dm-book/legacy/ProgDataMgmt_SPSS17.pdf%0Ahttps://www.n
Kurniawan dkk.,. 2014, Praktik Kolaborasi Antar Tenaga Kesehatan
Leever, A.M, Hultst, M.V.D, Berendsen A,J et al (2010) Conflict and Conflict Management in the collaboration between nurses and physician, a qualitative study, Journal of Interprofesional care 6(24) 612-624
Limpakarnjanarat (2014), Kolaborasi Profesi Kesehatan Kunci Peningkatan Kualitas Layanan Kesehatan di Indonesia
CNA. (2019, March). Interprofessional Collaboration. CANADIAN NURSES ASSOCIATION. Retrieved from https://www.cna-aiic.ca/-/media/cna/pagecontent/pdf-en/cna-position-statement_interprofessionalcollaboraAmerican Association of Colleges of Nursing. (2011). Core Competencies for Interprofessional Collaborative Practice: Report of an Expert Panel. Washington D.C.: Interprofessional Education Collaborative, May, 1351. http://www.ncbi.nlm.nih.gov/pubmed/22030650
Angel Oktavia Purba. (2019). Interprofesional Colaboration Sebagai Wadah Dalam Upaya Meningkatkan Keselamatan Pasien. https://doi.org/10.31227/osf.io/3642d
Anthoine, E., Delmas, C., Coutherut, J., & Moret, L. (2014). Development and psychometric testing of a scale assessing the sharing of medical information and interprofessional communication: The CSI scale. BMC Health Services Research, 14(1). https://doi.org/10.1186/1472-6963-14-126
Brajakson Siokal, & Wahyuningsih. (2019). Potensi Profesional Kesehatan Dalam Menjalankan Interprofessional Collaboration Practice Di Rumah Sakit Universitas Hasanuddin. Bina Generasi?: Jurnal Kesehatan, 11(1), 13–20. https://doi.org/10.35907/jksbg.v11i1.128
Canadian Interprofessional Health Collaborative, & CIHC. (2010). A National Interprofessional Competency Framework (Issue February). http://www.cihc.ca/files/CIHC_IPCompetencies_Feb1210.pdf
Canadian Nurses Association. (2015). Position Statement: Interprofessional Collaboration. 9, 1–5. https://www.cna-aiic.ca/en/on-the-issues/better-care/interprofessional-collaboration
cut Tari. (2019). Hubungan Antara Komunikasi Yang Baik Dengan Interprofesional Collaboration Di RS. https://doi.org/10.31227/osf.io/cf53n
Echa Lisamanda Titania. (2019). Pentingnya Kolaborasi Antar Tenaga Kesehatan Dalam.
EKO WAHJU TJAHJONO. (2020). ANALISIS PENERAPAN INTERPROFESSIONAL COLLABORATION DI SILOAM HOSPITALS BALIKPAPAN TAHUN 2019. Endocrine, 9(May), 6. https://www.slideshare.net/maryamkazemi3/stability-of-colloids%0Ahttps://barnard.edu/sites/default/files/inline/student_user_guide_for_spss.pdf%0Ahttp://www.ibm.com/support%0Ahttp://www.spss.com/sites/dm-book/legacy/ProgDataMgmt_SPSS17.pdf%0Ahttps://www.n
Elda Dwina Tampubolon. (2021). Implementasi Inter Professional Collaboration (IPC) menurut Mahasiswa di RSUD Deli Serdang SKRIPSI.
Garner, S. L., Killingsworth, E., Bradshaw, M., Raj, L., Johnson, S. R., Abijah, S. P., Parimala, S., & Victor, S. (2018). The impact of simulation education on self-efficacy towards teaching for nurse educators. International Nursing Review, 65(4), 586–595. https://doi.org/10.1111/inr.12455
Green, B. N., & Johnson, C. D. (2015). Interprofessional collaboration in research, education, and clinical practice: working together for a better future. Journal of Chiropractic Education, 29(1), 1–10. https://doi.org/10.7899/jce-14-36
Interprofessional Educational Collaborative, Practice, I. C., & Values, U. (2016). Core Competencies for Interprofessional Collaborative Practice?: 2016 Update. Interprofessional Education Collaborative, May 2011, 10–11.
Ladyane Cahya Utami. (2018). GAMBARAN SIKAP KOLABORASI INTERPROFESI PERAWAT–DOKTER DI INSTALASI RAWAT INAP RSD dr. SOEBANDI JEMBER. Repository.Unej.Ac.I, 5. http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/88252
Lasmani, P. S., Haryanti, F., & Lazuardi, L. (2014). Evaluasi implementasi rekam medis terintegrasi di instalasi rawat inap rsup dr.sardjito yogyakarta. Jurnal Manajemen Pelayanan Kesehatan, 17(01), 3–8.
Margon T, E. K. (2009). Medication Errors in Outpatients of A Government Hospital in Yogyakarta Indonesia.
Monika Naulia Marina. (2019). Meningkatkan Interprofessional Collaboration Terhadap Keselamatan Pasien. https://doi.org/10.31219/osf.io/axjwc
Muhaini Atmayana Purba. (2019). Peningkatan Komunikasi Dalam Pelaksanaan Interprofessional Collaboration Pada Pasien Di Rumah Sakit. https://doi.org/10.31227/osf.io/62pm4
Muspawi, M. (2014). Manajemen Konflik (Upaya Penyelesaian Konflik Dalam Organisasi). Jurnal Penelitian Univeritas Jambi Seri Humaniora, 16(2), 41–46.
Nabila Salsabila Panggabean. (2019). Peningkatan Komunikasi Efektif Antar Profesi Kesehatan Dalam Peningkatan Keselamatan Pasien. https://doi.org/10.31227/osf.io/gtu7a
Nur Fauziah Simamora. (2019). Meningkatkan Kinerja Interprofesional Kolaborasi Terhadap Keselamatan Pasien. https://doi.org/10.31227/osf.io/bkph2
Nur Utami, Akhmad Fauzan, E. R. (2019). Hubungan Masa Kerja, Pengetahuan dan Sikap Tenaga Kesehatan dengan Kepatuhan Penggunaan Alat Pelindung Diri (APD) di Puskesmas Cempaka Kota Banjarmasin Tahun 2020. Concept and Communication, null(23), 301–316.
Nuri Hidayani. (2021). Implementasi IPC menurut Mahasiswa Profesi di Rumah Sakit Umum Haji Medan SKRIPSI.
Rensa, R., Lisum, K., Pasaribu, J., & Indiyah, S. (2017). Efektivitas Modul Komunikasi Interprofesional Pada Mahasiswa Fakultas Kedokteran dan Keperawatan. Jurnal Pendidikan Kedokteran Indonesia: The Indonesian Journal of Medical Education, 6(3), 163. https://doi.org/10.22146/jpki.32235
Ridar, I., & Santoso, A. (2018). Peningkatkan Komunikasi dalam Pelaksanaan Interprofessional Collaboration melalui Catatan Perkembangan Pasien Terintegrasi. Prosiding Seminar Nasional Unimus, 1(0), 144–149. http://prosiding.unimus.ac.id/index.php/semnas/article/view/114
Rina Mardiani. (2019). Hubungan Interprofesional Colaboration Untuk Meningkatkan Keselamatan Pasien. https://doi.org/10.31227/osf.io/puxtc
Sedyowinarso, M., Fauziah, F. A., Aryakhiyati, N., Julica, M. P., Munira, L., Sulistyowati, E., & Masriati, F. N. (2011). Persepsi Mahasiswa dan Dosen Pendidik Terhadap Model Pembelajaran Interprofessional Education (IPE). Proyek HPEQ-Dikti, April. http://publications.lib.chalmers.se/records/fulltext/245180/245180.pdf%0Ahttps://hdl.handle.net/20.500.12380/245180%0Ahttp://dx.doi.org/10.1016/j.jsames.2011.03.003%0Ahttps://doi.org/10.1016/j.gr.2017.08.001%0Ahttp://dx.doi.org/10.1016/j.precamres.2014.12
Shetac Ana. (2012). Conflict Leadership?: Navigating Toward Effective and Efficient Team Outcomes. The Journal for Quality and Participation, 35(2), 25–30.
Susilaningsih, F. S., Mukhlas, M., & Utarini, A. (2011). Nurse-physician collaborative practice in interdisciplinary model of patient care. Jurnal Manajemen Pelayanan Kesehatan, 14(2), 92–98. https://journal.ugm.ac.id/jmpk/article/viewFile/2593/2324
UU. (2014). Tenaga Kesehatan.
Van Dongen, J. J. J., Lenzen, S. A., Van Bokhoven, M. A., Daniëls, R., Van Der Weijden, T., & Beurskens, A. (2016). Interprofessional collaboration regarding patients’ care plans in primary care: A focus group study into influential factors. BMC Family Practice, 17(1), 1–10. https://doi.org/10.1186/s12875-016-0456-5
Wijoyo, E. B., Hananto, S., Program, M., Magister, S., Universitas, K., Program, D., Magister, S., & Universitas, K. (2017). Pengembangan Pasien Virtual untuk Peningkatan Pendekatan. Jurnal Keperawatan Muhammadiyah, 2(1), 175–184.
Yessi Christiana. (2019). Keterkaitan Kolaborasi Interprofesional Untuk Keselamatan Pasien. https://doi.org/10.31227/osf.io/v7hkb
tion.pdf?la=en&hash=E1177042D65084A8792865A62ED0C78 B46F87287
Handini, M. C. (2018). Metodologi Penelitian Untuk Pemula (M. C. Handini (ed.); 1st ed.). Pustakapedia.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Jonni Sastra Manurung, Myrnawati Crie Handini, Mido Ester J Sitorus, Kesaktian Manurung, Jasmen Manurung

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work’s authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).


