ANALISIS PEMBOROSAN (WASTE) MENGGUNAKAN PENDEKATAN LEAN MANAJEMEN PADA INSTALASI FARMASI RAWAT JALAN RUMAH SAKIT HERMINA MANADO

Authors

  • Febriane Adeleide Everdine Program Studi Magister Ilmu Kesehatan Masyarakat Universitas Sam Ratulangi Manado
  • Lydia Tendean Program Studi Magister Ilmu Kesehatan Masyarakat Universitas Sam Ratulangi Manado
  • Junita Maja Pertiwi Program Studi Magister Ilmu Kesehatan Masyarakat, Universitas Sam Ratulangi Manado

DOI:

https://doi.org/10.31004/jkt.v4i2.16050

Keywords:

Farmasi, Lean Manajemen, Pemborosan, Rumah Sakit

Abstract

Salah satu bagian di Rumah sakit yang bertanggung jawab atas proses pengelolaan obat adalah Instalasi Farmasi Rumah sakit. Instalasi Farmasi selalu dituntut untuk meningkatkan mutu pelayanannya mengingat kontribusi pengelolaan instalasi farmasi yang sangat signifikan terhadap mutu dan pendapatan. Waktu tunggu pasien yang lama di pelayanan menjadi salah satu faktor yang mempengaruhi kepuasan pasien terhadap rumah sakit. Waktu tunggu pelayanan Instalasi Farmasi Rawat Jalan RS Hermina Manado menunjukkan bahwa rata-rata waktu tunggu pelayanan resep baik racik maupun non racik masih belum memenuhi standar waktu pelayanan resep obat. Tujuan dari penelitian ini untuk menganalisis jenis pemborosan (waste) yang terjadi dalam proses pelayanan obat instalasi farmasi rawat jalan RS Hermina Manado dengan menggunakan pendekatan Lean Manajemen. Metode: Penelitian ini menggunakan metode kualitatif melalui observasi dan wawancara mendalam. Penelitian ini dilakukan di Instalasi Farmasi RS Hermina Manado pada bulan Januari – Juni 2023. Sumber data didapat dari data primer dan sekunder. Data primer merupakan data yang diperoleh dari observasi langsung dan dengan cara wawancara secara langsung dan mendalam kepada Informan, yaitu dengan Direktur, Kepala Instalasi Farmasi, Apoteker, Tenaga Teknis Kefarmasian (TTK) RS Hermina Manado, dan pasien rawat jalan. Data sekunder merupakan data yang diperoleh dari telaah dokumen yang dimiliki Instalasi farmasi RS Hermina Manado. Dalam penelitian ini metode yang digunakan adalah metode Lean Hospital. Untuk menetapkan validasi data, teknik yang digunakan dalam penelitian ini adalah triangulasi metode, yakni melalui pengamatan, wawancara dan penelusuran dokumen. Hasil: pemborosan (waste) yang terjadi di instalasi farmasi ini adalah pemborosan (waste) waiting, not utilized talent, dan defect. Nilai Non Value Added (NVA) pada pelayanan resep non racik sebesar 66% dan racik sebesar 55%. Simpulan: Pemborosan (waste) yang terjadi pada instalasi farmasi rawat jalan RS Hermina Manado yaitu waiting, defect, dan not utilized people.  

References

Abdelhadi, Abdelhakim.; Mwafak Shakoor. (2013). Studying The Effeciency Of Inpatient And Outpatient Pharmacies Using Lean Manufacturing. Leadership In Health Services. Volume 27 No. 3. Department Of Industrial Engineering. King Khalid University. Abha. Saudi Arabia. Journal. Proquest

Bhasin, S. (2013), “Impact of corporate culture on the adoption of the Lean principles”, International Journal of Lean Six Sigma, Vol. 4 No. 2, pp. 118-140

Bogandeta, A. (2012). Manajemen Pengelolaan Apotek. Yogyakarta : Dmedika

Brajer-Marczak, R., & Wiendlocha, A. (2018). Lean Management Concept In Hospital Management-Possibilities And Limitations. Nauki O Zarz?dzaniu. Prace Naukowe Uniwersytetu Ekonomicznego We Wroc?awiu, 23(1).

Departemen Kesehatan Republik Indonesia. (2008). Keputusan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor: 129/Menkes/Sk/II/2008 Tentang Standar Pelayanan Minimal Rumah Sakit. Jakarta: Depkes RI

Dewi, P. K. (2018). Analisis Alur Proses Penerimaan Pasien Rawat Inap Di Rumah Sakit “X” Tahun 2015 Dengan Pendekatan Lean Hospital. Jurnal Administrasi Rumah Sakit Indonesia, 2(1).

Dima, Z. L. (2018). Penggunaan Konsep Lean Untuk Meningkatkan Efisiensi Pelayanan Instalasi Farmasi Rawat Jalan Di Rumah Sakit Anna Medika Bekasi. Jurnal Administrasi Rumah Sakit Indonesia, 2(1).

Djam’an, S., & Komariah, A. (2017). Metodologi Penelitian Kualitatif, Cet.7. Bandung: Alfabeta.

Gaspersz, V. Dan Fontana, A. (2011). Lean Six Sigma For Manufacturing And Service Industries, Pemborosan (waste) Elimination And Continous Cost Reduction, Edisi Kedua. Bogor : Vinchristo Publication

Graban, Mark. (2012). Lean Hospitals : Improving Quality, Patient Safety, And Employee Satisfaction. 2nd Edition. New York. Crc Press. Taylor & Francis Group

Green, Christopher. (2014). A Review Of The Literature Describing The Application Of Lean Principles In Pharmacy. Best Practice In Pharmacy Management. Journal. Vol 30 No 4. Shaftesbury. Dorset. England. United Kingdom. Diakses 30 Aug. 22

Ihsan, S., Amir, S. A., et al. (2015). Evaluasi Pengelolaan Obat di Instalasi Farmasi Rumah Sakit Umum Daerah Kabupaten Muna Tahun 2014. Pharmauho, 1(2), 23-28.

Isfahani, H.M., Tourani, S., et al. (2019). Lean management approach in hospitals: a systematic review. Internasional journal of lean six sigma, 10(1) pp. 161-188

Kemenkes RI. (2019). Petunjuk Teknis Standard Pelayanan Kefarmasian di Rumah Sakit

Lai, P. C. (2017). The literature review of technology adoption models and theories for the novelty technology. JISTEM-Journal of Information Systems and Technology Management, 14, 21-38.

Lee, Ded. (2016). Apa Itu Lean Manufacturing?. Http://Dedlee30.Blogspot.Co.Id/2016/01/Apa-Itu-Lean diakses 30 Aug. 22

Leggat, S.G., Bartram, T., et al (2015), “Have process redesign methods, such as lean, been successful in changing care delivery in hospitals? A systematic review”, Public Money and Management, Vol. 35 No. 2, pp. 161-168.

Lestari, K., & Susandi, D. (2019, August). Penerapan Lean Manufacturing Untuk Mengidentifikasi Pemborosan (waste) Pada Proses Produksi Kain Knitting Di Lantai Produksi PT. XYZ. In Prosiding Industrial Research Workshop And National Seminar (Vol. 10, No. 1, Pp. 567-575).

Lestari, S. A., Suryawati, C., et al. (2020). Analisis Pemborosan (waste) Dengan Model Lean Hospital Pada Pelayanan Poli Rawat Jalan. Jurnal Kesehatan, 8(1), 16-25.

Muthia, A., Riandhini, R. A., et al. (2020). Optimalisasi Upaya Penerapan Lean Hospital Di Unit Rawat Jalan Rumah Sakit Tugu Ibu Depok. Jurnal Manajemen Kesehatan Yayasan Rs. Dr. Soetomo, 6(1), 108-127.

Nancy, N., Marchaban, M., et al. (2014). Pendekatan Lean Hospital Untuk Perbaikan Berkelanjutan Proses Pelayanan Instalasi Farmasi Rumah Sakit. Jurnal Manajemen Dan Pelayanan Farmasi (Journal Of Management And Pharmacy Practice), 4(2), 91-98.

Owad, A.A., Samaranayake, P., et al. (2018). An integrated lean methodology for improving patient flow in an emergency department-case study of a Saudi Arabian Hospital. Production planning&control, DOI: 10.1080/09537287.2018.1511870

Pamudji, G. (2018). Evaluasi Pengelolaan Obat Di Instalasi Farmasi Rumah Sakit Umum Daerah Provinsi NTB Tahun 2017. Jurnal Farmasi Indonesia, 15(2), 135-147.

Peraturan Menteri Kesehatan No. 74 Tahun 2016 Tentang Standar Pelayanan Kefarmasian Di Puskesmas.

Peraturan Menteri Kesehatan Nomor 75 Tahun 2014 Tentang Pusat Kesehatan Masyarakat.

Putri. (2017). “Pendekatan Lean Hospital Untuk Mengidentifikasi Pemborosan (waste) Kritis Di Instalasi Farmasi Rawat Jalan RS PKU Muhammadiyah Pekajangan”. Tesis. Universitas Muhammadiyah Yogyakarta

Septini, R., (2012). Analisis Waktu Tunggu Pelayanan Resep Pasien Askes Rawat Jalan Di Yanmasum Farmasi Rspad Gatot Subroto Tahun 2011.

Shiu, J., Mysak, T. 2017. Pharmacist clinical improvement: applying lean principles in a tertiary care setting. JCPH, Vol 70(2), pp. 138-143

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Methods). Bandung: Cv Alfabeta

Suryana, D. (2018). Upaya Menurunkan Waktu Tunggu Obat Pasien Rawat Jalan Dengan Analisis Lean Hospital Di Instalasi Farmasi Rawat Jalan RS Atma Jaya. Jurnal Administrasi Rumah Sakit Indonesia, 4(2).

Triyani, T., & Syarifuddin, F. (2020). Analisis Pemborosan (waste) (Pemborosan) Pada Instalasi Farmasi Rawat Jalan Menggunakan Pendekatan Lean Management Di RS PKU Muhammadiyah Bantul. International Journal Of Healthcare Research, 3(1), 35-41.

Von, U., Nielsen, K. M., et al. (2017). Using Kaizen To Improve Employee Well-Being: Results From Two Organizational Intervention Studies. Human Relations, 70(8), 966-993.

Downloads

Published

2023-06-28

Issue

Section

Articles