PEMBERDAYAAN PEMUDA BERBASIS SAFETYMAN SEBAGAI BENTUK CREATING SHARED VALUE
DOI:
https://doi.org/10.31004/jkt.v4i2.15859Keywords:
Pemberdayaan, CSR, Safetyman, CSVAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk pemberdayaan pemuda berbasis safetyman sebagai bentuk creating shared valueTujuan lainnya adalah sebagai bentuk sosial perusahaan diwujudkan dengan pelaksanaan program Corporate Social Responsibility (CSR) yang berdampak pada peningkatan ekonomi, perlindungan terhadap lingkungan dan keadilan sosial. Penelitian ini dilaksanakan di Kecamatan Balongan Indramayu pada tahun 2021. Populasinya adalah seluruh pemuda yang berada di Desa Majakerta, Desa Sukaurip, Desa Sukareja, dan Desa Balongan Kabupaten Indramayu. Sampel yang dalam penelitian ini 141 orang. Metode peneitian yang digunakan adalah mix methode dan desain penelitian mengguanakan simple random sampling. Teknik analisis data yang digunakan adalah menggunakan analisis statistic deskriptif. Metode pengumpulan data dengan cara membuat angket dan hasil tes. Program pemberdayaan pemuda berbasis safetyman dibuat untuk memenuhi kebutuhan akan tenaga safetyman di perusahaan. Melihat permasalahan pengangguran dengan jumlah angkatan kerja yang tinggi di Kabupaten Indramayu, PT KPI Unit VI Balongan melaksanakan kegiatan pelatihan safetyman yang bekerjasama dengan Dinas Keternagakerjaan Kabupaten Indramayu. Hasil dari penelitian ini yaitu dari segi sosial yang dapat dirasakan oleh masyarakat adalah peningkatan kapasitas anggota FOKSI yang berdampak pada peningkatan pendapatan melebihi nilai UMK Indramayu. Maximise the giving to create a return telah ditunjukan oleh PT KPI Unit VI Balongan. Dengan berinvestasi dalam pengembangan masyarakat dalam program CSR, namun perusahaan juga mendapatkan keuntungan berupa pengurangan biaya dan penciptaan area kerja yang aman.References
Badan Pusat Statistik Kabupaten Indramayu. (2020). Kabupaten Indramayu Dalam Angka 2020. Retrieved from Badan Pusat Statistik Kabupaten Indramayu: https://indramayukab.bps.go.id/
Kim, R. C., Akira, S., & Avvari, V. (2020). Interpretation and integration of creating shared value in Asia: implications for strategy research and practise. Asian Business and Management, 379-406.
Latapí Agudelo, M. A., Jóhannsdóttir, L., & Davídsdóttir, B. (2019). A literature review of history and evolution of corporate social responsibility. International Journal of Corporate Social Responsibility, 1-23.
Porter, M. (2014). The New Competitive Advantage: Creating Shared Value. The New Competitive Advantage: Creating Shared Value. Harvard Business School. Retrieved from https://www.hbs.edu/faculty/Publication%20Files/20141203-%20Porter%20Prize%20Korea%20-%20CSV%20presentation%20-%20FINAL_a2896f74-a6fa-4703-8fee-6acdb589b6e8.pdf
Porter, M. E., Hills, G., Pfitzer, M., Patscheke, S., & Hawkins, E. (2015). Measuring Shared Value How to Unlock Value by Linking Social and Business Results. FSG.
Suripto. (2019). Corporate Social Responsibility and Creating Shared Value: Preliminary Study from Indonesia.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Reza Faidhil Fitriansyah Reza, Mohamad Zulkifl, Andromedo Cahyo Purnomo

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work’s authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).