GAMBARAN SIKAP IBU TENTANG PENANGANAN TEMPER TANTRUM PADA ANAK USIA PRASEKOLAH

Authors

  • Entang Siti Nurhayati Program Studi D3 Keperawatan, Universitas Pendidikan Indonesia
  • Ahmad Purnama Hoedaya Program Studi D3 Keperawatan, Universitas Pendidikan Indonesia
  • Dedah Ningrum Program Studi D3 Keperawatan, Universitas Pendidikan Indonesia
  • Popon Haryeti Program Studi D3 Keperawatan, Universitas Pendidikan Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31004/jkt.v4i2.15376

Keywords:

Sikap ibu, temper tantrum, anak usia prasekolah

Abstract

Temper tantrum yaitu suatu ledakan emosi atau ketidakmampuan anak dalam mengontrol emosi biasanya sering terjadi pada anak yang berusia 0-6 tahun dengan cara menangis, menjerit, memukul, melempar benda disekitar dan berguling-guling. Kebanyakan orang tua merespon tantrum tersebut dengan memarahi dan mengabaikan anaknya. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui gambaran sikap ibu tentang penanganan temper tantrum pada anak usia prasekolah. Desain penelitian ini menggunakan kuantitatif dengan metode deskriptif. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini yaitu total sampling, dengan sampel yang diperoleh sebanyak 54 responden sesuai dengan kriteria inklusi dan eksklusi. Analisa yang digunakan yaitu univariat. Metode pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini yaitu menyebarkan kuesioner tertutup kepada responden berupa angket. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sikap ibu tentang penanganan temper tantrum pada anak usia prasekolah memiliki sikap yang positif sebanyak 63,0% (34 orang) dan sikap negatif sebanyak 37,0% (20 orang). Gambaran sikap responden dalam penelitian ini menunjukkan bahwa rata-rata ibu memiliki sikap positif dalam penanganan temper tantrum pada anaknya, meskipun sebagian lainnya masih ada yang memiliki sikap negatif dalam penanganan temper tantrum pada anaknya. Dapat disimpulkan bahwa 63,0% (34 orang) memiliki sikap positif dalam penanganan temper tantrum pada anak usia prasekolah. Diharapkan bagi pelayanan kesehatan setempat untuk memberikan informasi secara luas dengan cara penyuluhan terkait sikap ibu tentang penanganan temper tantrum pada anak usia prasekolah.

References

Anugraheni, I. (2017). Hypnoparenting Terhadap Temper Tantrum Pada Anak Prasekolah Di Tk Islam Terpadu Bina Insani Kecamatan Mojoroto Kota Kediri. Dunia Keperawatan, 5(1), 21. https://doi.org/10.20527/dk.v5i1.3637

Dahniar, A. (2019). Memahami Pembentukan Sikap (Attitude) Dalam Pendidikan Dan Pelatihan. Tatar Pasundan?: Jurnal Diklat Keagamaan, 13(2). https://doi.org/10.38075/tp.v13i2.27

Fachruddin, M. (2017). Faktor Yang Mempengaruhi Temper Tantrum Pada Anak Prasekolah Di Tk Islam Al Azhar 34 Makassar. Program Studi Ilmu Keperawatan Fakultas Kedokteran Dan Ilmu Kesehatan Universitas Islam Negeri.

Hanura, A. F. (2017). Hubungan pola asuh orang tua dengan kejadian temper tantrum pada anak usia prasekolah (3-5 tahun) di TK Pelangi II Desa Kepel Kec. Kare Kab. Madiun. Skripsi. Prodi S1 Keperawatan: Stikes Bhakti Husada Mulia Madiun.

Hastono, S. P. (2019). Analisis Data. Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia.

Jannah, W. (2019). Hubungan Pola Asuh Orang Tua Dengan Kejadian Temper Tantrum Pada Anak Usia Prasekolah Di Kelompok Bermain Permata.

Kirana, R. S. (2019). Hubungan Pola Asuh Orang Tua Dengan Temper Tantrum Pada Anak Pra Sekolah.

Maullyah, I. (2018). Perkembangan Mental Emosional pada Anak Umur 3-5 Tahun Ditinjau dari Sikap Orang Tua. Jurnal Riset Kebidanan Indonesia, 1(2), 48–55. https://doi.org/10.32536/jrki.v1i2.8

Muizzulatif, & Machmud. (2022). Literature Review: Menejemen Temper Tantrum pada Balita. Jurnal teknologi Kesehatan Borneo, 3(1), 25–30. https://doi.org/10.30602/jtkb.v3i1.46

Rusherina, R., & Maulani, M. (2021). Penurunan Kejadian Temper Tantrum Pada Anak Usia Prasekolah dengan Menggunakan Pola Asuh yang Tepat.

Sari, E., Rusana, R., & Ariani, I. (2019). Faktor Pekerjaan, Pola Asuh dan Komunikasi Orang Tua terhadap Temper Tantrum Anak Usia Prasekolah. Jurnal Ilmu Keperawatan Anak, 2(2), 50. https://doi.org/10.32584/jika.v0i0.332

Septiani, R., Widyaningsih, S., & Igomh, M. K. B. (2016). Tingkat Perkembangan Anak Pra Sekolah Usia 3-5 Tahun Yang Mengikuti Dan Tidak Mengikuti Pendidikan Anak Usia Dini (Paud). 4(2).

Supriyanti, E., & Hariyanti, T. B. (2019). Strategi Mengatasi Temper Tantrum Pada Anak Usia 3-5 Tahun Melalui Permainan Ular Tangga Di Tk Wilayah Tumpang Kabupaten Malang. 6(1).

Syarah, M. (2021). Hubungan Antara Pengetahuan Orang Tua Dengan Penanganan Tantrum Pada Anak Usia Prasekolah Di Tk Pembina Desa Arang Limbung. Prodi S1 Keperawatan Sekolah Tinggi Ilmu Keperawatan Muhammadiyah.

Vivin, S., & Daryati, E. I. (2021). Hubungan Karakteristik Dan Pengetahuan Dengan Mekanisme Koping Orang Tua Mengahadapi Temper Tantrum. Carolus Journal of Nursing, 3(1), 1–14. https://doi.org/10.37480/cjon.v3i1.61

Yusup, F. (2018). Uji Validitas dan Reliabilitas Instrumen Penelitian Kuantitatif. Jurnal Tarbiyah?: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 7(1). https://doi.org/10.18592/tarbiyah.v7i1.2100

Zakiyah, N. (2017). Hubungan Pola Asuh Orang Tua Dengan Kejadian Temper Tantrum Pada Usia Toddler Di Dukuh Pelem Kelurahan Baturetno Banguntapan Bantul. Interest?: Jurnal Ilmu Kesehatan, 6(1). https://doi.org/10.37341/interest.v6i1.83

Zuhroh, D. F., & Kamilah, K. (2021). Hubungan Karakteristik Anak dan Ibu Dengan Kejadian Temper Tantrum Pada Anak Usia Pra Sekolah. Indonesian Journal of Professional Nursing, 1(2), 24. https://doi.org/10.30587/ijpn.v1i2.2310

Downloads

Published

2023-06-30

Issue

Section

Articles