PENGARUH PENGGUNAAN GADGET TERHADAP KETAJAMAN MATA MURID KELAS VIII-IX SMP N 1 KARANGANYAR

Authors

  • Haviva Evi Nur Kholifah Fakultas Kedokteran Universitas Tarumanagara
  • Zita Atzmardina Fakultas Kedokteran Universitas Tarumanagara

DOI:

https://doi.org/10.31004/jkt.v4i2.15289

Keywords:

Gadget, Ketajaman mata, snellen chart

Abstract

Gadget merupakan alat teknologi canggih sebagai sarana komunikasi dan informasi yang membantu aktivitas manusia. Gadget mempunyai berbagai macam jenis yang terdiri dari handphone, laptop, ipad atau tablet. Indonesia merupakan urutan keempat pengguna gadget tertinggi di dunia. Manfaat dari penggunaan gadget sendiri dapat mempermudah manusia dalam berkomunikasi, mencari informasi pengetahuan serta sebagai hiburan tetapi dari banyaknya manfaat penggunaan gadget, gadget sendiri dapat memberi dampak negatif seperti terbuangnya waktu, menurunnya adab dan asusila, mengganggu kesehatan dan dapat menyebabkan ketergantungan pada gadget. Secara global, penyebab paling umum dari gangguan penglihatan adalah kelainan refraksi. Kebiasaan membaca yang dekat seringkali menjadi penyebab kelainan refraksi dan radiasi cahaya yang berlebihan ke mata, termasuk radiasi gadget. Tujuan studi ini adalah untuk melihat apakah penggunaan gadget berdampak pada ketajaman mata murid kelas VIII-IX SMP N 1 Karanganyar. Studi ini adalah studi analitik dengan pendekatan cross sectional. Variabel independen adalah frekuensi dan durasi penggunaan gadget. Variabel dependen adalah ketajaman mata. Penelitian dilakukan di SMP N 1 Karanganyar yang dilaksanakan pada periode Januari–Februari 2023. Pengambilan data menggunakan kuesioner dan pemeriksaan menggunakan snellen chart untuk menilai visus mata. Jumlah sampel 80 responden. Berdasarkan hasil uji chi square didapatkan hasil p-value=0,000 yang memiliki arti ada pengaruh antara frekuensi dan durasi penggunaan gadget terhadap penurunan ketajaman mata.

References

Agustina, N. I. M., Ismaya, E. A., & Pratiwi, I. A. (2022). Dampak Penggunaan Gadget Terhadap Karakter Peduli Sosial Anak. Jurnal Basicedu, 6(2), 2547-2555.

Ardiyani, I. D., Setiawati, Y., & Hsieh, Y. T. (2021). Education for Parents of Children with Gadget Addiction. Jurnal Berkala Epidemiologi, 9(3), 221-230.

Ginting, D. V., & PO, A. (2018). Hubungan usia dan jenis kelamin dengan jenis kelainan refraksi pada anak di Pusat Mata Nasional Rumah Sakit Mata Cicendo. Portal Perpustakaan RSM Cicendo.

Hidayani, N. P. (2020). Hubungan antara lama penggunaan, jarak pandang dan posisi tubuh saat menggunakan gagdet dengan ketajaman penglihatan pada anak kelas 5 dan 6 di SDK Citra Bangsa Kupang. Chmk Applied Scientific Journal, 3(1), 27-34.

Manguma, S. N., Nadeak, B., & Simbolon, B. R. (2022). Pengaruh Penggunaan Gadget terhadap Perkembangan Sosial Anak pada Siswa Kelas III SDN No. 101 Makale 4 Kecamatan Makale Kabupaten Tana Toraja. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(2), 13129-13138.

Rahmawaty, D. R. I. (2018). Hubungan Penggunaan Gadget Dengan Ketajaman Pengelihatan Pada Siswa Kelas VII dan VIII. the Relation With the Use of Gadgets Acuteness of Sight To Students, 143210009.

Risma, D., Hermawan, H., & Subekti, T. (2022). Tingkat Pengetahuan Siswa tentang Kelainan Refraksi Mata. Jurnal Sehat Masada, 16(1), 233-239.

Santosa, N. A., & Sundari, L. P. R. (2018). Hubungan antara durasi bermain game online dengan gangguan tajam penglihatan pada anak sekolah menengah pertama (SMP) di kota Denpasar. E--Jurnal Medika, 7(8), 1-12.

Downloads

Published

2023-06-25

Issue

Section

Articles