PENGARUH MEDIA PODCAST PADA REMAJA PUTRI UNTUK MENINGKATKAN PENGETAHUAN TENTANG PENCEGAHAN ANEMIA DI SMPN 2 SUMEDANG
DOI:
https://doi.org/10.31004/jkt.v4i2.15148Keywords:
Anemia, Pengetahuan, Remaja PutriAbstract
Masa remaja merupakan masa peralihan dari masa kanak-kanak menuju masa dewasa, banyak perubahan hormonal, tubuh, psikologis, dan sosial yang terjadi pada masa remaja, kesehatan pada masa remaja sangatlah penting, masalah kesehatan yang sering terjadi pada masa remaja yaitu anemia. Anemia sering diderita oleh remaja putri dan ibu hamil. Terdapat 48,9% wanita Indonesia mengalami anemia, dan sering terjadi pada wanita berusia antara 15 hingga 24 tahun. Anemia pada masa remaja dapat memicu timbulnya masalah seperti gangguan fungsi kognitif yang berkaitan dengan kemampuan belajar. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh media podcast terhadap tingkat pengetahuan siswa tentang pencegahan anemia di SMPN 2 Sumedang. Jenis metode pada penelitian ini merupakan Quasy Eksperimen dengan pendekatan kuantitatif one group pretest posttest design. Populasi pada penelitian ini adalah semua siswa remaja putri di SMPN 2 Sumedang dengan teknik pengambilan sampling pada penelitian ini yaitu Cluster sampling dengan jumlah 52 sampel yang dihitung dengan aplikasi G-Fower dan di tambah 10%. Hasil dari penelitian ini terdapat hasil 0,038 yang artinya terdapat pengaruh terhadap tingkat pengetahuan siswa di SMPN 2 Sumedang melalui media podcast. Nilai rata-rata skor pengetahuan responden sebelum dilakukan dan sesudah dilakukan pendidikan kesehatan melalui media podcast menunjukkan bahwa terdapat perbedaan antara hasil pre-test dan post-test yang artinya bahwa media podcast dapat memberikan dampak positif bagi pengetahuan siswa tentang pencegahan anemia.References
Anifah, F. (2020). Pengaruh Pendidikan Kesehatan Melalui Media Vidio Terhadap Pengetahuan Tentang Anemia Pada Remaja Putri. Jurnal Keperawatan Muhammadiyah, 5(1). https://doi.org/10.30651/JKM.V5I1.6335
Basith, A., Agustina, R., & Diani, N. (2017). Faktor-Faktor Yang Berhubungan Dengan Kejadian Anemia Pada Remaja Putri. Dunia Keperawatan: Jurnal Keperawatan Dan Kesehatan, 5(1), 1–10. https://doi.org/10.20527/DK.V5I1.3634
Ernawati, E., Riskawati, H. M., Rispawati, B. H., Purqoti, D. N. S., & Romadonika, F. (2021). Pendidikan Kesehatan Peningkatan Pengetahuan Remaja Puteri Tentang Bahaya Anemia Di Sekolah MTSN 3 Mataram. Jurnal Abdimas Kesehatan Perintis, 2(2), 7–10. http://www.jurnal.stikesperintis.ac.id/index.php/JAKP/article/view/575
Goldman, T. (2018). The Impact of Podcasts in Education. Pop Culture Intersections. https://scholarcommons.scu.edu/engl_176/29
Hanifiandaru, S. A., & Pramonojati, T. A. (2021). Pengaruh Konten Media Podcast Di Spotify Terhadap Pemenuhan Kebutuhan Hiburan Di Kalangan Remaja Kota Bandung. EProceedings of Management, 8(5). https://openlibrarypublications.telkomuniversity.ac.id/index.php/management/article/view/16643/16350
Ihzani, Z.-, & Wulandari, F. E. (2022). Pengaruh Media Podcast Sains Sahabat Sebagai Teman Belajar IPA terhadap Hasil Belajar Pasca Pandemi Covid: The impact of “Sains Sahabat Podcast” as science study partner to the result of Covid pasca pandemic. PENDIPA Journal of Science Education, 6(3), 793–799. https://doi.org/10.33369/PENDIPA.6.3.793-799
Jose RL. (2019). Adolescent Development (Perkembangan Remaja).
Junita, D., & Wulansari, A. (2021). Pendidikan Kesehatan tentang Anemia pada Remaja Putri di SMA N 12 Kabupaten Merangin. Jurnal Abdimas Kesehatan (JAK), 3(1), 41–46. https://doi.org/10.36565/JAK.V3I1.148
Jurnal, P., Masyarakat, K., Fitri, A. Z., & Kurniasari, R. (2022). Efektivitas edukasi menggunakan media podcast terhadap peningkatan pengetahuan pencegahan dan pengendalian diabetes melitus. PREPOTIF?: Jurnal Kesehatan Masyarakat, 6(2), 1657–1662. https://doi.org/10.31004/PREPOTIF.V6I2.4413
Kanna De, N., Magdaline, B. L., & Packirisamy, S. (2022). A Questionnaire-Based Online Surpey On Knowledge And Awareness Of Anemia Among Female Health-Care Profesional Student In Tamilnadu. 15, 2022. https://doi.org/10.22159/ajpcr.2022v15i8.44979
kemenkes. (2019). profil kesehatan indonesia. Kemenkes.
Laila, D. (2021). Inovasi Perangkat Pembelajaran Menggunakan Aplikasi Podcast.
Lastri. (2019). Lama Perlakuan dalam penelitian. Jurnal Kesehatan .
Lestari, I. P., Lipoeto, N. I., & Almurdi, A. (2018). Hubungan Konsumsi Zat Besi dengan Kejadian Anemia pada Murid SMP Negeri 27 Padang. Jurnal Kesehatan Andalas, 6(3), 507. https://doi.org/10.25077/JKA.V6.I3.P507-511.2017
Mayangsari, D., & Tiara, D. R. (2019). Podcast Sebagai Media Pembelajaran Di Era Milenial. Jurnal Golden Age, 3(02), 126–135. http://e-journal.hamzanwadi.ac.id/index.php/jga/article/view/1720
Paula Marla Nahak, M., Julieta Esperanca Naibili, M., Kristiani Isu, Y., Gabriela Loe, M., Km, J., Sasi, K., & Tenggara Timur, N. (2022). Pendidikan Kesehatan Tentang Pencegahan Anemia Melalui Kombinasi Metode Ceramah Dan Leaflet Pada Remaja Putri Di SMAN 3 Atambua. Abdimas Galuh, 4(1), 554–562. https://doi.org/10.25157/AG.V4I1.7263
Pinasti, L., Nugraheni, Z., & Wiboworini, B. (n.d.). Potensi Tempe Sebagai Pangan Fungsional Dalam Meningkatkan Kadar Hemoglobin Remaja Penderita Anemia. Jurnal AcTion: Aceh Nutrition Journal, Mei, 2020(5), 19–26. https://doi.org/10.30867/action.v5i1.192
Rachmawati, F., Muhajarah, K., & Kamaliah, N. (2019). Mengukur Efektivitas Podcast sebagai Media Perkuliahan Inovatif pada Mahasiswa. Justek?: Jurnal Sains Dan Teknologi, 2(1), 38–44. http://journal.ummat.ac.id/index.php/justek/article/view/3750
Tandoh, M. A., Appiah, A. O., & Edusei, A. K. (2021). Prevalence of Anemia and Undernutrition of Adolescent Females in Selected Schools in Ghana. Journal of Nutrition and Metabolism, 2021. https://doi.org/10.1155/2021/6684839
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Sinta Nurmala, Nunung Siti Sukaesih, Emi Lindayani

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work’s authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).


