PENGARUH EDUKASI DENGAN MEDIA AUDIOVISUAL TENTANG PENCEGAHAN GANGGUAN PENGLIHATAN TERHADAP EARLY ADOLESCENT
DOI:
https://doi.org/10.31004/jkt.v4i2.15111Keywords:
Audiovisual, early adolescent, game online, gangguan penglihatan, pendidikan kesehatanAbstract
Gangguan penglihatan dapat terjadi pada semua orang tanpa terkecuali pada kalangan remaja awal. Terdapat berbagai penyebab yang dapat memicu terjadinya gangguan penglihatan, salah satunya adalah bermain game online dengan durasi dan cara yang salah. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh pendidikan kesehatan mata melalui media audioviosual terhadap pengetahuan tentang pencegahan gangguan penglihatan bagi pengguna game online pada early adolescent (12-15 tahun). Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan jenis penelitian quasi experimental dan desain one group pre-test and post-test. Teknik sampling yang digunakan adalah total sampling dengan subyek penelitian yaitu keseluruhan dari populasi pemain game online di SMPN 2 Sumedang yang disetujui menjadi subjek penelitian oleh orang tua dengan menandatangani informed consent sebanyak 84 orang. Instrumen penelitian yang digunakan adalah penayangan video animasi, penjelasan materi menggunakan power point dan penyebaran leaflet. Sedangkan untuk mengukur pengetahuan, penelitian ini menggunakan kuesioner pilihan ganda pre-test dan post-test dengan jumlah 16 soal. Hasil penelitian didapatkan peningkatan rata-rata nilai pre-test dan post-test yaitu yang awalnya 6.96 menjadi 11.07. Berdasarkan hasil analisis bivariat dengan menggunakan uji Wilcoxon yang memperbandingkan antara nilai pre-test dan post-test didapatkan nilai p value sebesar 0,000 (< 0,05) yang dapat disimpulkan bahwa metode pendidikan kesehatan mata melalui media audioviosual yang diterapkan pada penelitian ini berpengaruh secara signifikan terhadap pengetahuan tentang pencegahan gangguan penglihatan bagi pengguna game online pada early adolescent di SMPN 2 Sumedang.References
Alvarez-Peregrina, C., Sánchez-Tena, M. Á., Andreu-Vázquez, C., & Villa-Collar, C. (2020). Visual Health and Academic Performance in School-Aged Children. International Journal of Environmental Research and Public Health, 17(7). https://doi.org/10.3390/ijerph17072346
Anggraini, W. A., Triyoolanda, A., Fadhillah, E. R., & Amri, S. (2022). Edukasi Tentang Pengaruh Bermain Game Online Terhadap Kesehatan Mata Pada Siswa/i SMP Muhammadiyah 61 Tanjung Selamat. PubHealth Jurnal Kesehatan Masyarakat, 1(1), 47–51. https://doi.org/10.56211/pubhealth.v1i1.41
Darsini, D., Fahrurrozi, F., & Cahyono, E. A. (2019). Pengetahuan; Artikel Review. Jurnal Keperawatan, 12(1), 13.
Dewi, P. puspita, Rohmah, N., & Yulis, Z. E. (2018). Hubungan Bermain Game Online Dengan Ketajaman Penglihatan Pada Remaja Di SMP Muhammadiyah 06 Wuluhan Kabupaten Jember. Doctoral Dissertation, Universitas Muhammadiyah Jember, 5–24.
Djajanti, C. W., Sukmanto, P. A., & Wardhani, I. K. (2020). Penyuluhan Meningkatkan Pengetahuan Remaja Tentang Kesehatan Mata. Jurnal Keperawatan Muhammadiyah, 5(1), 248–252. https://doi.org/10.30651/jkm.v5i1.4208
Faujiah, N., Septiani. A.N, Putri, T., & Setiawan, U. (2022). Kelebihan dan Kekurangan Jenis-Jenis Media. Jurnal Telekomunikasi, Kendala Dan Listrik, 3(2), 81–87.
Habibi, N. M., Hariastuti, R. T., & Rusijono. (2022). Dampak Negatif Online Game Terhadap Remaja. Jurnal Bikotetik, 6, 30–35.
Ichsan, Moh. (2022). Edukasi Kesehatan Mata dan Deteksi Dini Gangguan Mata pada Santri di Pondok Pesantren. Madago Community Empowerment for Health Journal, 1(2), 32–39. https://doi.org/10.33860/mce.v1i2.658
Irawati, Y., Barliana, J. D., Zakiyah, H., Daniel, H., & Susiyanti, M. (2022). Screening Kesehatan Mata Anak pada Komunitas Kusta dalam Era Pandemi Covid-19. Media Karya Kesehatan, 5(1), 54–67. https://doi.org/10.24198/mkk.v5i1.33560
Irayani, S. P., Nur, D., Sari, R., Nanda, E., Putri, E., & Fitriana, H. (2021). “Jakatarung” Menjaga Kesehatan Mata dari Penggunaan Gadget. Jurnal Pengabdian Masyarakat Saga Komunitas, 01(04), 119–124.
Kementerian Kesehatan RI. (2018). Peta Jalan Penanggulangan Gangguan Penglihatan di Indonesia Tahun 2017-2030 (Kementerian Kesehatan RI, Ed.). Kementerian Kesehatan RI. https://p2ptm.kemkes.go.id/uploads/VHcrbkVobjRzUDN3UCs4eUJ0dVBndz09/2018/08/Buku_Peta_Jalan_Penanggulangan_Gangguan_Penglihatan_di_Indonesia_tahun_2017_2030.pdf
Kemp, S. (2023, January 26). DIGITAL 2023: GLOBAL OVERVIEW REPORT. Data Reportal. https://datareportal.com/reports/digital-2023-global-overview-report
Oktaviani, T. (2021). Hubungan Kecanduan Bermain Game Online Pada Smartphone (Mobile Online Games) Terhadap Kelelahan Mata Pada Remaja. http://repository.upi.edu
Purnama, Y. A., Lema, E. R. M., Karouw, M. B., Saadah, H., Rafael, E. S., & Yusuf, A. (2021). Social Effects of Online Game Addiction in Adolescents: A Systematic Review. Strada Jurnal Kesehatan Ilmiah, 10(1), 1081–1088. https://doi.org/10.30994/sjik.v10i1.764
Riyanto, N., & Asmara, A. P. (2018). Penilaian Kualitas Media Audio Visual Tentang Karakteristik Larutan Asam Basa Untuk Siswa Sma/Ma. JURNAL PENDIDIKAN SAINS UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SEMARANG, 6(1), 73–85. https://doi.org/10.26714/JPS.6.1.2018.73-85
Sabariah. (2018). Hubungan Kontrol Diri Dengan Perilakumerokok Remaja Awal. Institutional Repository.
Santosa, N. A., & Sundari, L. P. R. (2018). Hubungan Antara Durasi Bermain Game Online Dengan Gangguan Tajam Penglihatan Pada Anak Sekolah Menengah Pertama (SMP) dI Kota Denpasar. E-Jurnal Medika, 7(8), 1–12. http.//ojs.unud.ac.id/index php/eum
Sari, D. N., Wahyuningsih, B. D., & Ningsih, A. D. (2022). Pengaruh Pendidikan Kesehatan Melalui Media Audiovisual Terhadap Pelaksanaan Senam Mata Pada Remaja Di Sman 1 Puri Mojokerto. https://repositori.stikes-ppni.ac.id/handle/123456789/941
Skoblina, N., Shpakou, A., Milushkina, O., Markelova, S., Kuzniatsou, A., & Tatarinchik, A. (2020). Eye health risks associated with the use of electronic devices and awareness of youth. Klinika Oczna, 2020(2), 60–65. https://doi.org/10.5114/KO.2020.96492
Utami, A. Y., & Ghozali, G. (2018). Pengaruh Pendidikan Kesehatan Menggunakan Media Pop Up Book terhadap Pengetahuan Bahaya Gadget bagi Kesehatan Mata pada Siswa di SD Negeri 020 Samarinda Utara Tahun 2018. https://dspace.umkt.ac.id//handle/463.2017/648
Wanto, A. M. (2020). Kecanduan Game Online Ditinjau Dari Jenis Kelamin Laki-Laki dan Perempuan. Prosiding Seminar Nasional Bimbingan Dan Konseling, 2009, 9.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Berlian Meirawati, Dedah Ningrum, Rafika Rosyda, Dewi Dolifah

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work’s authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).


