PENGARUH PENDIDIKAN KESEHATAN TERHADAP KESIAPSIAGAAN SISWA/SISWI DALAM MENGHADAPI BENCANA GEMPA BUMI DI SMAN 1 LUBUK BASUNG
DOI:
https://doi.org/10.31004/jkt.v4i2.15078Keywords:
Gempa Bumi, Kesiapsiagaan, Pendidikan kesehatanAbstract
Pendahuluan Indonesia merupakan negara kepulauan yang terletak pada pertemuan 4 lempeng tektonik, lempeng benua Asia, Australia, Samudra Hindia dan pasifik.Wawancara yang dilakukan kepada 5 orang siswa mengatakan bahwa mereka tidak mengetahui tindakan yang akan dilakukan jika terjadi bencana gempa bumi dan belum menentukan tempat berlindung jika terjadi gempa bumi. Tujuan menganalisis pengaruh pendidikan kesehatan terhadap kesiapsiagaan siswa dalam menghadapi bencana gempa bumi di SMAN 1 Lubuk Basung. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Quasi Eksperimen dengan desain pendekatan One Group Pre-Post test design, kemudian data di olah dengan menggunakan Uji Paired Test. Sampel 19 orang responden rata-rata kesiapsiagaan siswa sebelum diberikan pendidikan kesehatan 69,89 dengan standar deviasi 7.432 dan setelah diberikan pendidikan kesehatan 76,95 dengan standar deviasi 9.629. Hasil uji statistik didapatkan P Value 0,000, artinya ada pengaruh yang signifikan antara pemberian pendidikan kesehatan terhadap kesiapsiagaan siswa dalam menghadapi bencana gempa bumi di SMAN 1 Lubuk Basung. Kesimpulan adanya pengaruh signifikan antara pemberian pendidikan kesehatan terhadap kesiapsiagaan siswa dalam menghadapi bencana gempa bumi di SMAN 1 Lubuk Basung. Saran bagi peneliti, menambah wawasan tentang kesiapsiagaan menghadapi bencana gempa bumi. Bagi institusi pendidikan, dapat menjadi bahan bacaan dalam ruang lingkup pendidikan. Bagi lahan penelitian, meningkatkan frekuensi promosi untuk meningkatkan kesiapsiagaan.References
Alzahrani, F., & Kyratsis, Y. (2017). Emergency nurse disaster preparedness during mass gatherings: A cross-sectional survey of emergency nurses’ perceptions in hospitals in Mecca, Saudi Arabia. BMJ Open, 7(4). https://doi.org/10.1136/bmjopen-2016-013563
Badan Nasional Penanggulangan Bencana. (2012). Buku Saku Tanggap Tangkas Tangguh Menghadapi Bencana. Badan Nasional Penanggulangan Bencana, 62. https://doi.org/10.1016/j.jpcs.2003.10.007
Bakornas Penanggulangan Bencana. (2007). Pengenalan Karakteristik Bencana dan Upaya Mitigasinya di Indonesia. Direktorat Mitigasi Lahar BAKORNAS PB : Jakarta
Bappenas. (2006). Rencana Aksi Penanggulangan Gempa Bumi 2006 di Provinsi Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta. Jakarta: Bappenas.
BNPB. (2018). Laporan Kinerja BNPB 2018. Jakarta
Christanto, J. (2011). Gempa Bumi, Kerusakan Lingkungan, Kebijakan dan Strategi Pengelolaan. Yogyakarta:Liberty.
Dien, R., Kumaat, L., & Malara, R. (2015). Pengaruh Penyuluhan Kesehatan Terhadap Kesiapsiagaan Menghadapi Bencana Gempa Bumi Pada Siswa Smp Kristen Kakaskasen Kota Tomohon. Jurnal Keperawatan UNSRAT, 3(2).
Efendi, F. (2009). Keperawatan Kesehatan Komunitas. Jakarta:Salemba Medika.
Emami, S. B. (2015). Pengaruh Penyuluhan Kesiapsiagaan Menghadapi Bencana Gempa Bumi Terhadap Pengetahuan Siswa di SD Muhammadiyah Trisigan Murtigading Sanden Bantul. Naskah Publikasi, 1–18.
Hartuti, E. R. (2009). Buku Pintar Gempa. Yogyakarta: Diva Press, 89, 90. https://doi.org/10.1073/pnas.0703993104
Hidayati, D. (2006). Kajian Kesiapsiagaan Masyarakat Dalam Mengatasi Bencana Gempa Bumi dan Tsunami. Jakarta:LIPI Unesco.
Hendayani, W. L., & Sari, D. M. (2018). Jurnal Kesehatan Medika Saintika. Jurnal Kesehatan Medika Saintika Volume, 10 No 1(1), 11–24.
IDEP. (2007). Panduan Umum Penanggulangan Bencana Berbasis Masyarakat. IDEP.
Indonesia, D. K. R. (n.d.). Keputusan Menteri Kesehatan RI No. 145/Menkes/SK/I/2007 tentang Pedoman Penanggulangan Bencana Bidang Kesehatan.
Japanese Red Cross Society. (2009). Keperawatan Bencana, Banda Aceh: Kerjasama Palang Merah Jepang-Palang Merah Indonesia.
Mongkau, F. M. (2018). Pengaruh Penyuluhan Kesehatan Terhadap Kesiapsiagaan Menghadapi Bencana Gempa Bumi Di Smp Negeri 5 PASSI.
Notoatmodjo, S. (2007). Promosi Kesehatan dan Ilmu Perilaku. Jakarta:Rineka Cipta.
Notoatmodjo, S. (2010). Metodologi Penelitian Kesehatan. Jakarta:Rineka Cipta.
Notoatmodjo,S.(2010). Promosi Kesehatan Teori dan Aplikasi. Jakarta:Rineka Cipta.
Nototmodjo, S. (2012). Metodologi Penelitian Kesehatan. Jakarta:Rineka Cipta.
Nototmodjo, S. (2012). Promosi Kesehatan dan Perilaku Kesehatan. Jakarta:PT Rineka Cipta.
Nurjannah. (2012). Manajemen Bencana. Bandung:ALFABETA.
Nursalam. (2008) .Konsep dan Penerapan Metodologi Penelitian Ilmu Keperawatan. Jakarta: Salemba Medika.
Nursalam. (2011). Konsep dan penerapan metodologi penelitian ilmu keperawatan.Jakarta. : Salemba Medika.
Nursalam. (2013). Metodologi Penelitian Ilmu Keperawatan: Pendekatan Praktis. Jakarta : Salemba Medika.
Pemerintah Republik Indonesia, 2007, Undang-Undang Republik Indonesia
Nomor 24 Tahun 2007 tentang Penanggulangan Bencana. Jakarta.
Peraturan Pemerintah Republik Indonesia. 2008. Penyelenggaraan
Penanggulangan Bencana. No 21
Roskusumah, T. (2013). Komunikasi Mitigasi Bencana oleh Badan Geologi KESDM di Gunung Api Merapi Prov. D. I. Yogyakarta. Jurnal Kajian Komunikasi, 1(1), 59. https://doi.org/10.24198/jkk.v1i1.6031
S, Arie Priambodo.(2009). Panduan Praktis Menghadapi Bencana.Yogyakarta : Kanisius.
Saryono. (2011). Metodologi penelitian keperawatan. Purwokerto : UPT. Percetakan dan Penerbitan UNSOED.
Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Kombinasi (Mix Methods). Bandung: Alfabeta.
Suliha. 2002 . Pendidikan Kesehatan dalam Keperawatan. Jakarta: EGC.
Sunarto, N. 2012. Edukasi Penanggulangan Bencana Lewat Sekolah.
http://bpbd.banjarkab.go.id/?p=75. Diakses : 3 Maret 2014
Susanto, AB. 2006. Disaster Management Di Negara Rawan Bencana. Jakarta: The Jakarta Consulting Group & Tjipta Fondation.
Taufik, R. A., Studi, P., Keperawatan, I., & Padang, S. P. (2017). Kabupaten Pasaman Tahun 2017 Kabupaten Pasaman. 1–188.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Kalpana Kartika, Yaslina Yaslina, Diana Diana
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work’s authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).