GAMBARAN POLA ASUH ORANG TUA PADA REMAJA DENGAN THALASEMIA DI RSUD SUMEDANG

Authors

  • Penni Febriani Program Studi D3 Keperawatan Universitas Pendidikan Indonesia
  • Iyos Sutresna Program Studi D3 Keperawatan Universitas Pendidikan Indonesia
  • Delli Yuliana Rahmat Program Studi D3 Keperawatan Universitas Pendidikan Indonesia
  • Nunung Siti Sukaesih Program Studi D3 Keperawatan Universitas Pendidikan Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31004/jkt.v4i2.14960

Keywords:

Pola asuh orang tua, Remaja Thalasemia

Abstract

Pola asuh orang tua merupakan suatu interaksi atau hubungan yang terjadi antara orang tua dan anaknnya. Pola asuh orang tua menurut baumrin dibagi menjadi 3 yaitu pola asuh demokratis, pola asuh otoriter dan pola asuh permisif. Pola asuh orang tua berperan penting dalam pertumbuhan dan perkembangan remaja thalassemia yang mana remaja dengan thalassemia memiliki pertumbuhan dan perkembangan yang terlambat dibandingkan dengan remaja lain pada umumnya. Tujuan penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran pola asuh orang tua pada remaja dengan thalassemia di Rsud Sumedang. Metode penelitian ini menggunakan kuantitatif deskriptif, dengan menggunakan kuesioner PSDQ (Parenting Styles and Dimensions Questionnaire-Short Version) yang sudah diterjemahkan dan sudah diuji oleh peneliti sebelumnya dengan jumlah pertanyaan sebanyak 32 soal. Penelitian ini dilakukan pada 36 responden yaitu orang tua remaja thalassemia di rsud sumedang dengan umur remaja 10-19 tahun dengan Teknik pengambilan sampel yaitu accidental sampling. Hasil dari penelitian ini bahwa mayoritas responden menggunakan pola asuh demokratis sebanyak 97% (35 responden), sedangkan responden yang menggunakan pola asuh otoriter sebanyak 0% (0 responden) dan yang menggunakan pola asuh permisif sebanyak 3% (1 responden). Dapat disimpulkan bahwa pola asuh orang tua pada remaja thalasemia di rsud sumedang yang paling banyak digunakan adalah pola asuh demokratis. Pola asuh demokratis merupakan pola asuh yang paling relevan dan paling banyak digunakan oleh orang tua karena memiliki hubungan dua arah antara orang tua dan anaknya.

References

Adyanti, H. E., Ulfa, A. F., & Kurniawati, K. (2020). ASUHAN KEPERAWATAN PADA ANAK DENGAN THALASEMIA DI PAVILIUN SERUNI RSUD JOMBANG?: STUDI LITERATURE. 4.

Ahmad, T. (2020). Pola Asuh Demokratis sebagai Upaya Menumbuhkan Kemandirian Anak di Panti Asuhan Dewi Aminah. KINDERGARTEN: Journal of Islamic Early Childhood Education, 3(1), 30. https://doi.org/10.24014/kjiece.v3i1.9581

Anggraeni, T. P., & Rohmatun, R. (2020). Hubungan Antara Pola Asuh Permisif dengan Kenakalan Remaja (Juvenile Delinquency) Kelas XI di SMA 1 Mejobo Kudus. Psisula: Prosiding Berkala Psikologi, 1. https://doi.org/10.30659/psisula.v1i0.7705

Anggrainy, N. E. (2020). POLA ASUH OTORITATIF TERHADAP REMAJA. JIVA?: Journal of Behavior and Mental Health, 1(1). https://doi.org/10.30984/jiva.v1i1.1161

Aprilia Wulandari, E. (2019). Hubungan pola asuh orang tua dengan persepsi gender, perilaku dan norma dalam kesehatan reproduksi remaja di kecamatan Patrang Kabupaten Jember. universitas jember.

Ariga, R. A. (2020). Konsep pertumbuhan dan perkembangan dalam berbagai usia.

Azizah, I. N. (2019). Pengaruh Pola Asuh Demokratis Orang Tua terhadap Cara Bergaul Anak: Studi di Desa Derik, Susukan, Banjarnegara. Yinyang: Jurnal Studi Islam Gender dan Anak, 14(2), 329–345. https://doi.org/10.24090/yinyang.v14i2.3018

Chusna, F. F., Sulistiawati, & Irwanto. (2021). Hubungan Persepsi Hambatan dan Kemampuan Diri dengan Intensitas Konsumsi Tablet Fe Pada remaja Putri. JURNAL KEBIDANAN, 10, 82–88.

Devita, Y. (2020). Hubungan Pola Asuh Orang Tua Dengan Masalah Mental Emosional Remaja. Jurnal Ilmiah Universitas Batanghari Jambi, 20(2), 503. https://doi.org/10.33087/jiubj.v20i2.967

Djollong, A. F. (2014). TEHNIK PELAKSANAAN PENELITIAN KUANTITATIF.

Falentina, M., & Dariyo, A. (2016). Gambaran Resiliensi Pada Ibu yang Memiliki Anak Thalasemia. Journal An-Nafs: Kajian Penelitian Psikologi, 1(1), 15–30. https://doi.org/10.33367/psi.v1i1.244

Firdausi, R., & Ulfa, N. (2022). POLA ASUH ORANG TUA TERHADAP PERKEMBANGAN EMOSIONAL ANAK DI MADRASAH IBTIDAIYAH NAHDLATUL ULAMA BULULAWANG. MUBTADI: Jurnal Pendidikan Ibtidaiyah, 3(2), 133–145. https://doi.org/10.19105/mubtadi.v3i2.5155

Fuadah, S. S. (2020). POLA ASUH ORANG TUA DAN PENGARUHNYA TERHADAP PERKEMBANGAN SOSIAL EMOSIONAL ANAK USIA 4-5 TAHUN (studi pada anak usia 4-5 tahun di Paud terpadu. universitas siliwangi.

Haidar, G., & Apsari, N. C. (2020). PORNOGRAFI PADA KALANGAN REMAJA. Prosiding Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat, 7(1), 136. https://doi.org/10.24198/jppm.v7i1.27452

Hani, Y. P. (2021). POLA ASUH ORANGTUA TERHADAP KEPERCAYAAN DIRI ANAK TUNANETRA KELURAHAN BASIRIH KECAMATAN BANJARMASIN BARAT.

Hanifah, M. R. (2020). Gambaran Anak Thalasemia di Rumah Sakit Umum Daerah dr. Soediran Mangun Sumarso Wonogiri. ASJN (Aisyiyah Surakarta Journal of Nursing), 1(1), 16–20. https://doi.org/10.30787/asjn.v1i1.649

Harahap, A. F. (2021). HUBUNGAN TIPE POLA ASUH ORANG TUA DENGAN KEPRIBADIAN REMAJA. Jurnal Kesehatan Tambusai, 2(4), 335-342.

Haryani, wiworo, & Setyobor, idi. (2022). Modul Etika Penelitian.

Hijriani, H., & Septiani, N. U. (2020). Hubungan Kepatuhan Tranfusi Darah dan Konsumsi Kelasi Besi terhadap Pertumbuhan Anak dengan Thalasemia Mayor. 8(2).

Kamil, J., Gunantara, T., & Suryani, Y. D. (2020). Analisis Faktor-Faktor yang Memengaruhi Kualitas Hidup Penderita Talasemia Anak di RSUD Al-Ihsan Kabupaten Bandung Tahun 2019. Jurnal Integrasi Kesehatan & Sains, 2(2). https://doi.org/10.29313/jiks.v2i2.5848

Karolina, C. M., & Arindita, R. (2022). Pelatihan Public speaking Sebagai Sarana Peningkatan Kepercayaan Diri dan Kompetensi Komunikasi Pada Remaja Dengan Thalassemia (Thaller) di Kota Depok. Prosiding Seminar Nasional Pemberdayaan Masyarakat (SENDAMAS), 2(1), 164. https://doi.org/10.36722/psn.v2i1.1638

Katimenta, K. Y., Nugrahini, A., Araya, W., & Rusana, E. (2022). HUBUNGAN DUKUNGAN KELUARGA DENGAN KUALITAS HIDUP ANAK THALASEMIA.

Kristanty R diyah, diyah. (2023). Deteksi Dini Thalassemia. 8, 17–28.

Kurniawati, D., Kristianingsih, N., & Sulistianingsih, A. (2022). HUBUNGAN TINGKAT PENGETAHUAN IBU TENTANG THALASEMIA DENGAN KUALITAS HIDUP ANAK THALASEMIA. 11(2).

Malik, L. R., Kartika, A. D. A., & Saugi, W. (2020). Pola Asuh Orang Tua dalam Menstimulasi Kemandirian Anak Usia Dini. Southeast Asian Journal of Islamic Education, 3(1), 97–109. https://doi.org/10.21093/sajie.v3i1.2919

Mariani, D. (2022). HUBUNGAN KARAKTERISTIK, JENIS KELASI BESI DENGAN KEPATUHAN TERHADAP KELASI BESI PADA PENYANDANG THALASSEMIA USIA REMAJA CHARACTERISTIC RELATIONSHIP, TYPES OF IRON CLASSES WITH COMPLIANCE WITH IRON CHELATION IN ADOLESCENT THALASSEMIC. Media Informasi, 17(1), 37–42. https://doi.org/10.37160/bmi.v17i1.661

Marinda, L. (2020). TEORI PERKEMBANGAN KOGNITIF JEAN PIAGET DAN PROBLEMATIKANYA PADA ANAK USIA SEKOLAH DASAR. An-Nisa’?: Jurnal Kajian Perempuan dan Keislaman, 13(1), 116–152. https://doi.org/10.35719/annisa.v13i1.26

Nadhifah, I., Kanzunnudin, M., & Khamdun, K. (2021). Analisis Peran Pola Asuh Orangtua Terhadap Motivasi Belajar Anak. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 7(1), 91–96. https://doi.org/10.31949/educatio.v7i1.852

Nurmaliyati, N., Anwar, S., & Chairani, R. (2022). Analisis Hubungan Empati, Caring dan Komunikasi Perawat Dengan Kepuasan Keluarga Terhadap Pelayanan Keperawatan Anak Thalasemia di Wilayah Kabupaten Bekasi. Jurnal Ilmiah Kesehatan, 14(1), 81–95. https://doi.org/10.37012/jik.v14i1.408

nurrahmah, M.Pd, A., Rismaningsih,S.Pd.Si., M. Sc, F., Hernaeny, M.Pd, U., Pratiwi. M.Pd, L., M.Pd, wahyudin, Rukyat. M.Pd, A., & Yati, F. (2021). Penghantar Statistika I (Vol. 150). CV. Media Sains Indonesia.

Nurvitasari, J., Mardhiyah, A., & Nurhidayah, I. (2019). MASALAH PSIKOSOSIAL PADA PENYANDANG TALASEMIA USIA SEKOLAH DI POLIKLINIK TALASEMIA RSUD SUMEDANG. Jurnal Keperawatan Komprehensif (Comprehensive Nursing Journal), 5(1), 55–63. https://doi.org/10.33755/jkk.v5i1.129

Önder, A., & Gülay, H. (2009). Reliability and validity of parenting styles & dimensions questionnaire. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 1(1), 508–514. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2009.01.092

Pakpahan, M., Kartika, L., Sampepadang, M., Pramusita, S. M., & Silitonga, E. M. I. (2022). WEBINAR EDUKASI PERTUMBUHAN DAN PERKEMBANGAN REMAJA DAN PROMOSI KESEHATAN DI ERA PANDEMI. 5.

Pinilih, A., Syuhada, S., Mandala, Z., & Novia, D. (2020). Perbandingan Nilai Indeks Green dan King antara Anemia Defisiensi Besi dengan Thalassemia. Jurnal Ilmiah Kesehatan Sandi Husada, 11(1), 397–402. https://doi.org/10.35816/jiskh.v11i1.311

Praramdana, M. N., Rusydi, M. A., & Rizky, M. (t.t.). SEBUAH TINJUAN PUSTAKA: PENATALAKSANAAN BETA THALASEMIA.

Purwoko, M., & Mundijo, T. (2021). Kepatuhan Orang Tua dalam Membawa Penderita Thalassemia untuk Menjalani Transfusi Darah selama Pandemi COVID-19. Jurnal Kesehatan Vokasional, 6(3), 159. https://doi.org/10.22146/jkesvo.65847

Putri, W. T. A. (2021). Menanggapi Fenomena Anak- anak yang Mengemis dalam Perspektif Perkembangan Psikososial. BUANA GENDER?: Jurnal Studi Gender dan Anak, 6(1). https://doi.org/10.22515/bg.v6i1.1351

Robinson, C. C., Mandleco, B., Olsen, S. F., & Hart, C. H. (1995). Authoritative, Authoritarian, and Permissive Parenting Practices: Development of a New Measure. Psychological Reports, 77(3), 819–830. https://doi.org/10.2466/pr0.1995.77.3.819

Rozani, L., Ferasinta, F., & Andrianto, M. B. (2022). PENGALAMAN ORANG TUA DALAM MERAWAT ANAK THALASSEMIA. 10.

Sabani, F. (2019). Perkembangan Anak-anak Selama Masa Sekolah Dasar (6 – 7 Tahun). 8(2).

Safitri, A. D. R., & Wahyudi, J. T. (2020). ANALISIS KUALITAS HIDUP PENDERITA TALASEMIA MAYOR: LITERATURE REVIEW.

Saprudin, N., & Sudirman, R. M. (2019). Peningkatan Pengetahuan Orangtua Tentang Perawatan Pasca Tranfusi Pada Anak Thalasemia Melalui Pemberian Komunikasi Informasi Edukasi Berbasis Audio Visual di Kabupaten Kuningan. Jurnal Ilmu Kesehatan Bhakti Husada: Health Sciences Journal, 10(1), 88–94. https://doi.org/10.34305/jikbh.v10i1.88

Sari, P. P., Sumardi, S., & Mulyadi, S. (2020). POLA ASUH ORANG TUA TERHADAP PERKEMBANGAN EMOSIONAL ANAK USIA DINI. JURNAL PAUD AGAPEDIA, 4(1), Article 1. https://doi.org/10.17509/jpa.v4i1.27206

shilphy A, O. (2022). Motivasi belajar dalam perkembangan remaja.

Sirait, R. H. (2019). Bahan Kuliah TRANSFUSI DARAH.

Siregar, I. M., Nursiti, D., & Hutauruk, D. (2022). HUBUNGAN ANTARA POLA ASUH PERMISIF DENGAN MOTIVASI BELAJAR REMAJA DI SMP YAYASAN MARDI LESTARI MEDAN.

Sonia, G., & Apsari, N. C. (2020). POLA ASUH YANG BERBEDA-BEDA DAN DAMPAKNYA TERHADAP PERKEMBANGAN KEPRIBADIAN ANAK. Prosiding Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat, 7(1), 128. https://doi.org/10.24198/jppm.v7i1.27453

Sri Asri, A. (2018). Hubungan Pola Asuh Terhadap Perkembangan Anak Usia Dini. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 2(1), 1. https://doi.org/10.23887/jisd.v2i1.13793

Sumiati. (2020). POLA ASUH ORANG TUA DAN IMPLIKASINYA TERHADAP PENDIDIKAN ANAK (Studi pada Masyarakat Dayak di Kecamatan Halong Kabupaten Balangan) [Preprint]. Open Science Framework. https://doi.org/10.31219/osf.io/4cjyq

Supit, D., Frans, N., & Ceonvin, D. S. (2022). Pola Asuh Orang Tua Dalam Pembelajaran Siswa Kelas V Sekolah Dasar Unklab Airmadidi. 4.

Supriatna, C., Indriani, B. K., & Akbari, R. (2020). Evaluasi Penggunaan Obat Kelasi Besi Dalam Menurunkan Kadar Ferritin Pada Pasien Thalasemia Anak di RSUD 45 Kuningan. Syntax Literate?; Jurnal Ilmiah Indonesia, 5(1), 28. https://doi.org/10.36418/syntax-literate.v5i1.854

Supriyadi, I. (2019). Sosialisasi Kenakalan Remaja Milenial. Majalah Ilmiah Pelita Ilmu, 2(2). https://doi.org/10.37849/mipi.v2i2.172

syahirani, astri. (2022). Hubungan tingkat pengetahuan dengan pola asuh orang tua pada anak disabilitas di SLB Manunggal Slawi. universitas islam sultan agung.

Syahrul, S., & Nurhafizah, N. (2022). Analisis Pola Asuh Demokratis terhadap Perkembangan Sosial dan Emosional Anak di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Obsesi?: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(6), 5506–5518. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i6.1717

Universitas Khairun, Bun, Y., Taib, B., & Mufidatul Ummah, D. (2020). ANALISIS POLA ASUH OTORITER ORANG TUA TERHADAP PERKEMBANGAN MORAL ANAK. JURNAL ILMIAH CAHAYA PAUD, 2(1), 128–137. https://doi.org/10.33387/cp.v2i1.2090

Utami, I. T., & Inayati, A. (2021). PENINGKATAN DUKUNGAN KELUARGA DALAM UPAYA NORMALISASI ANAK THALASEMIA. 5(2).

Vega, A. D., Hapidin, H., & Karnadi, K. (2019). Pengaruh Pola Asuh dan Kekerasan Verbal terhadap Kepercayaan Diri (Self-Confidence). Jurnal Obsesi?: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(2), 433. https://doi.org/10.31004/obsesi.v3i2.227

VENTURINI, F. (2019). ASUHAN KEPERAWATAN AN. K DENGAN KESIAPAN PENINGKATAN PERKEMBANGAN USIA SEKOLAH DAN MANAJEMEN KASUS?: STIMULASI ASPEK PSIKOKOSIAL DENGAN TEKNIK BERMAIN PERAN PADA ANAK USIA PRA SEKOLAH DI TK AL-HIDAYAH KELURAHAN CUPAK TANGAH PADANG. UNIVERSITAS ANDALAS.

Wibowo, D. A. (2019). GAMBARAN KETERCAPAIAN TRANSFUSI DARAH SESUAI STANDAR OPERASIONAL PROSEDUR PADA PASIEEN THALASEMIA MAYOR DI RUMAH SAKIT UMUM DAERAH CIAMIS. Jurnal Kesehatan Bakti Tunas Husada: Jurnal Ilmu-ilmu Keperawatan, Analis Kesehatan dan Farmasi, 19(2), 236. https://doi.org/10.36465/jkbth.v19i2.502

Widyastuti, F. L. M., Utami, R. D. P., & Rizqiea, N. S. (t.t.). PENGARUH FAMILY EMPOWERMENT PROGRAM TERHADAP QUALITY OF LIFE ANAK THALASEMIA.

Wijaya, A. M. (2011, Februari 11). Kebutuhan Dasar Anak untuk Tumbuh Kembang Yang Optimal.

Wulandari, R. D., Setijowati, E. D., & Widyaningsih, I. (2023). Pengenalan Thalassemia dan Konseling Genetik Pra-Nikah pada Mahasiswa. 6(1).

Downloads

Published

2023-06-11

Issue

Section

Articles