GAMBARAN POLA ASUH ORANG TUA PADA REMAJA DENGAN THALASEMIA DI RSUD SUMEDANG
DOI:
https://doi.org/10.31004/jkt.v4i2.14960Keywords:
Pola asuh orang tua, Remaja ThalasemiaAbstract
Pola asuh orang tua merupakan suatu interaksi atau hubungan yang terjadi antara orang tua dan anaknnya. Pola asuh orang tua menurut baumrin dibagi menjadi 3 yaitu pola asuh demokratis, pola asuh otoriter dan pola asuh permisif. Pola asuh orang tua berperan penting dalam pertumbuhan dan perkembangan remaja thalassemia yang mana remaja dengan thalassemia memiliki pertumbuhan dan perkembangan yang terlambat dibandingkan dengan remaja lain pada umumnya. Tujuan penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran pola asuh orang tua pada remaja dengan thalassemia di Rsud Sumedang. Metode penelitian ini menggunakan kuantitatif deskriptif, dengan menggunakan kuesioner PSDQ (Parenting Styles and Dimensions Questionnaire-Short Version) yang sudah diterjemahkan dan sudah diuji oleh peneliti sebelumnya dengan jumlah pertanyaan sebanyak 32 soal. Penelitian ini dilakukan pada 36 responden yaitu orang tua remaja thalassemia di rsud sumedang dengan umur remaja 10-19 tahun dengan Teknik pengambilan sampel yaitu accidental sampling. Hasil dari penelitian ini bahwa mayoritas responden menggunakan pola asuh demokratis sebanyak 97% (35 responden), sedangkan responden yang menggunakan pola asuh otoriter sebanyak 0% (0 responden) dan yang menggunakan pola asuh permisif sebanyak 3% (1 responden). Dapat disimpulkan bahwa pola asuh orang tua pada remaja thalasemia di rsud sumedang yang paling banyak digunakan adalah pola asuh demokratis. Pola asuh demokratis merupakan pola asuh yang paling relevan dan paling banyak digunakan oleh orang tua karena memiliki hubungan dua arah antara orang tua dan anaknya.References
Adyanti, H. E., Ulfa, A. F., & Kurniawati, K. (2020). ASUHAN KEPERAWATAN PADA ANAK DENGAN THALASEMIA DI PAVILIUN SERUNI RSUD JOMBANG?: STUDI LITERATURE. 4.
Ahmad, T. (2020). Pola Asuh Demokratis sebagai Upaya Menumbuhkan Kemandirian Anak di Panti Asuhan Dewi Aminah. KINDERGARTEN: Journal of Islamic Early Childhood Education, 3(1), 30. https://doi.org/10.24014/kjiece.v3i1.9581
Anggraeni, T. P., & Rohmatun, R. (2020). Hubungan Antara Pola Asuh Permisif dengan Kenakalan Remaja (Juvenile Delinquency) Kelas XI di SMA 1 Mejobo Kudus. Psisula: Prosiding Berkala Psikologi, 1. https://doi.org/10.30659/psisula.v1i0.7705
Anggrainy, N. E. (2020). POLA ASUH OTORITATIF TERHADAP REMAJA. JIVA?: Journal of Behavior and Mental Health, 1(1). https://doi.org/10.30984/jiva.v1i1.1161
Aprilia Wulandari, E. (2019). Hubungan pola asuh orang tua dengan persepsi gender, perilaku dan norma dalam kesehatan reproduksi remaja di kecamatan Patrang Kabupaten Jember. universitas jember.
Ariga, R. A. (2020). Konsep pertumbuhan dan perkembangan dalam berbagai usia.
Azizah, I. N. (2019). Pengaruh Pola Asuh Demokratis Orang Tua terhadap Cara Bergaul Anak: Studi di Desa Derik, Susukan, Banjarnegara. Yinyang: Jurnal Studi Islam Gender dan Anak, 14(2), 329–345. https://doi.org/10.24090/yinyang.v14i2.3018
Chusna, F. F., Sulistiawati, & Irwanto. (2021). Hubungan Persepsi Hambatan dan Kemampuan Diri dengan Intensitas Konsumsi Tablet Fe Pada remaja Putri. JURNAL KEBIDANAN, 10, 82–88.
Devita, Y. (2020). Hubungan Pola Asuh Orang Tua Dengan Masalah Mental Emosional Remaja. Jurnal Ilmiah Universitas Batanghari Jambi, 20(2), 503. https://doi.org/10.33087/jiubj.v20i2.967
Djollong, A. F. (2014). TEHNIK PELAKSANAAN PENELITIAN KUANTITATIF.
Falentina, M., & Dariyo, A. (2016). Gambaran Resiliensi Pada Ibu yang Memiliki Anak Thalasemia. Journal An-Nafs: Kajian Penelitian Psikologi, 1(1), 15–30. https://doi.org/10.33367/psi.v1i1.244
Firdausi, R., & Ulfa, N. (2022). POLA ASUH ORANG TUA TERHADAP PERKEMBANGAN EMOSIONAL ANAK DI MADRASAH IBTIDAIYAH NAHDLATUL ULAMA BULULAWANG. MUBTADI: Jurnal Pendidikan Ibtidaiyah, 3(2), 133–145. https://doi.org/10.19105/mubtadi.v3i2.5155
Fuadah, S. S. (2020). POLA ASUH ORANG TUA DAN PENGARUHNYA TERHADAP PERKEMBANGAN SOSIAL EMOSIONAL ANAK USIA 4-5 TAHUN (studi pada anak usia 4-5 tahun di Paud terpadu. universitas siliwangi.
Haidar, G., & Apsari, N. C. (2020). PORNOGRAFI PADA KALANGAN REMAJA. Prosiding Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat, 7(1), 136. https://doi.org/10.24198/jppm.v7i1.27452
Hani, Y. P. (2021). POLA ASUH ORANGTUA TERHADAP KEPERCAYAAN DIRI ANAK TUNANETRA KELURAHAN BASIRIH KECAMATAN BANJARMASIN BARAT.
Hanifah, M. R. (2020). Gambaran Anak Thalasemia di Rumah Sakit Umum Daerah dr. Soediran Mangun Sumarso Wonogiri. ASJN (Aisyiyah Surakarta Journal of Nursing), 1(1), 16–20. https://doi.org/10.30787/asjn.v1i1.649
Harahap, A. F. (2021). HUBUNGAN TIPE POLA ASUH ORANG TUA DENGAN KEPRIBADIAN REMAJA. Jurnal Kesehatan Tambusai, 2(4), 335-342.
Haryani, wiworo, & Setyobor, idi. (2022). Modul Etika Penelitian.
Hijriani, H., & Septiani, N. U. (2020). Hubungan Kepatuhan Tranfusi Darah dan Konsumsi Kelasi Besi terhadap Pertumbuhan Anak dengan Thalasemia Mayor. 8(2).
Kamil, J., Gunantara, T., & Suryani, Y. D. (2020). Analisis Faktor-Faktor yang Memengaruhi Kualitas Hidup Penderita Talasemia Anak di RSUD Al-Ihsan Kabupaten Bandung Tahun 2019. Jurnal Integrasi Kesehatan & Sains, 2(2). https://doi.org/10.29313/jiks.v2i2.5848
Karolina, C. M., & Arindita, R. (2022). Pelatihan Public speaking Sebagai Sarana Peningkatan Kepercayaan Diri dan Kompetensi Komunikasi Pada Remaja Dengan Thalassemia (Thaller) di Kota Depok. Prosiding Seminar Nasional Pemberdayaan Masyarakat (SENDAMAS), 2(1), 164. https://doi.org/10.36722/psn.v2i1.1638
Katimenta, K. Y., Nugrahini, A., Araya, W., & Rusana, E. (2022). HUBUNGAN DUKUNGAN KELUARGA DENGAN KUALITAS HIDUP ANAK THALASEMIA.
Kristanty R diyah, diyah. (2023). Deteksi Dini Thalassemia. 8, 17–28.
Kurniawati, D., Kristianingsih, N., & Sulistianingsih, A. (2022). HUBUNGAN TINGKAT PENGETAHUAN IBU TENTANG THALASEMIA DENGAN KUALITAS HIDUP ANAK THALASEMIA. 11(2).
Malik, L. R., Kartika, A. D. A., & Saugi, W. (2020). Pola Asuh Orang Tua dalam Menstimulasi Kemandirian Anak Usia Dini. Southeast Asian Journal of Islamic Education, 3(1), 97–109. https://doi.org/10.21093/sajie.v3i1.2919
Mariani, D. (2022). HUBUNGAN KARAKTERISTIK, JENIS KELASI BESI DENGAN KEPATUHAN TERHADAP KELASI BESI PADA PENYANDANG THALASSEMIA USIA REMAJA CHARACTERISTIC RELATIONSHIP, TYPES OF IRON CLASSES WITH COMPLIANCE WITH IRON CHELATION IN ADOLESCENT THALASSEMIC. Media Informasi, 17(1), 37–42. https://doi.org/10.37160/bmi.v17i1.661
Marinda, L. (2020). TEORI PERKEMBANGAN KOGNITIF JEAN PIAGET DAN PROBLEMATIKANYA PADA ANAK USIA SEKOLAH DASAR. An-Nisa’?: Jurnal Kajian Perempuan dan Keislaman, 13(1), 116–152. https://doi.org/10.35719/annisa.v13i1.26
Nadhifah, I., Kanzunnudin, M., & Khamdun, K. (2021). Analisis Peran Pola Asuh Orangtua Terhadap Motivasi Belajar Anak. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 7(1), 91–96. https://doi.org/10.31949/educatio.v7i1.852
Nurmaliyati, N., Anwar, S., & Chairani, R. (2022). Analisis Hubungan Empati, Caring dan Komunikasi Perawat Dengan Kepuasan Keluarga Terhadap Pelayanan Keperawatan Anak Thalasemia di Wilayah Kabupaten Bekasi. Jurnal Ilmiah Kesehatan, 14(1), 81–95. https://doi.org/10.37012/jik.v14i1.408
nurrahmah, M.Pd, A., Rismaningsih,S.Pd.Si., M. Sc, F., Hernaeny, M.Pd, U., Pratiwi. M.Pd, L., M.Pd, wahyudin, Rukyat. M.Pd, A., & Yati, F. (2021). Penghantar Statistika I (Vol. 150). CV. Media Sains Indonesia.
Nurvitasari, J., Mardhiyah, A., & Nurhidayah, I. (2019). MASALAH PSIKOSOSIAL PADA PENYANDANG TALASEMIA USIA SEKOLAH DI POLIKLINIK TALASEMIA RSUD SUMEDANG. Jurnal Keperawatan Komprehensif (Comprehensive Nursing Journal), 5(1), 55–63. https://doi.org/10.33755/jkk.v5i1.129
Önder, A., & Gülay, H. (2009). Reliability and validity of parenting styles & dimensions questionnaire. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 1(1), 508–514. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2009.01.092
Pakpahan, M., Kartika, L., Sampepadang, M., Pramusita, S. M., & Silitonga, E. M. I. (2022). WEBINAR EDUKASI PERTUMBUHAN DAN PERKEMBANGAN REMAJA DAN PROMOSI KESEHATAN DI ERA PANDEMI. 5.
Pinilih, A., Syuhada, S., Mandala, Z., & Novia, D. (2020). Perbandingan Nilai Indeks Green dan King antara Anemia Defisiensi Besi dengan Thalassemia. Jurnal Ilmiah Kesehatan Sandi Husada, 11(1), 397–402. https://doi.org/10.35816/jiskh.v11i1.311
Praramdana, M. N., Rusydi, M. A., & Rizky, M. (t.t.). SEBUAH TINJUAN PUSTAKA: PENATALAKSANAAN BETA THALASEMIA.
Purwoko, M., & Mundijo, T. (2021). Kepatuhan Orang Tua dalam Membawa Penderita Thalassemia untuk Menjalani Transfusi Darah selama Pandemi COVID-19. Jurnal Kesehatan Vokasional, 6(3), 159. https://doi.org/10.22146/jkesvo.65847
Putri, W. T. A. (2021). Menanggapi Fenomena Anak- anak yang Mengemis dalam Perspektif Perkembangan Psikososial. BUANA GENDER?: Jurnal Studi Gender dan Anak, 6(1). https://doi.org/10.22515/bg.v6i1.1351
Robinson, C. C., Mandleco, B., Olsen, S. F., & Hart, C. H. (1995). Authoritative, Authoritarian, and Permissive Parenting Practices: Development of a New Measure. Psychological Reports, 77(3), 819–830. https://doi.org/10.2466/pr0.1995.77.3.819
Rozani, L., Ferasinta, F., & Andrianto, M. B. (2022). PENGALAMAN ORANG TUA DALAM MERAWAT ANAK THALASSEMIA. 10.
Sabani, F. (2019). Perkembangan Anak-anak Selama Masa Sekolah Dasar (6 – 7 Tahun). 8(2).
Safitri, A. D. R., & Wahyudi, J. T. (2020). ANALISIS KUALITAS HIDUP PENDERITA TALASEMIA MAYOR: LITERATURE REVIEW.
Saprudin, N., & Sudirman, R. M. (2019). Peningkatan Pengetahuan Orangtua Tentang Perawatan Pasca Tranfusi Pada Anak Thalasemia Melalui Pemberian Komunikasi Informasi Edukasi Berbasis Audio Visual di Kabupaten Kuningan. Jurnal Ilmu Kesehatan Bhakti Husada: Health Sciences Journal, 10(1), 88–94. https://doi.org/10.34305/jikbh.v10i1.88
Sari, P. P., Sumardi, S., & Mulyadi, S. (2020). POLA ASUH ORANG TUA TERHADAP PERKEMBANGAN EMOSIONAL ANAK USIA DINI. JURNAL PAUD AGAPEDIA, 4(1), Article 1. https://doi.org/10.17509/jpa.v4i1.27206
shilphy A, O. (2022). Motivasi belajar dalam perkembangan remaja.
Sirait, R. H. (2019). Bahan Kuliah TRANSFUSI DARAH.
Siregar, I. M., Nursiti, D., & Hutauruk, D. (2022). HUBUNGAN ANTARA POLA ASUH PERMISIF DENGAN MOTIVASI BELAJAR REMAJA DI SMP YAYASAN MARDI LESTARI MEDAN.
Sonia, G., & Apsari, N. C. (2020). POLA ASUH YANG BERBEDA-BEDA DAN DAMPAKNYA TERHADAP PERKEMBANGAN KEPRIBADIAN ANAK. Prosiding Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat, 7(1), 128. https://doi.org/10.24198/jppm.v7i1.27453
Sri Asri, A. (2018). Hubungan Pola Asuh Terhadap Perkembangan Anak Usia Dini. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 2(1), 1. https://doi.org/10.23887/jisd.v2i1.13793
Sumiati. (2020). POLA ASUH ORANG TUA DAN IMPLIKASINYA TERHADAP PENDIDIKAN ANAK (Studi pada Masyarakat Dayak di Kecamatan Halong Kabupaten Balangan) [Preprint]. Open Science Framework. https://doi.org/10.31219/osf.io/4cjyq
Supit, D., Frans, N., & Ceonvin, D. S. (2022). Pola Asuh Orang Tua Dalam Pembelajaran Siswa Kelas V Sekolah Dasar Unklab Airmadidi. 4.
Supriatna, C., Indriani, B. K., & Akbari, R. (2020). Evaluasi Penggunaan Obat Kelasi Besi Dalam Menurunkan Kadar Ferritin Pada Pasien Thalasemia Anak di RSUD 45 Kuningan. Syntax Literate?; Jurnal Ilmiah Indonesia, 5(1), 28. https://doi.org/10.36418/syntax-literate.v5i1.854
Supriyadi, I. (2019). Sosialisasi Kenakalan Remaja Milenial. Majalah Ilmiah Pelita Ilmu, 2(2). https://doi.org/10.37849/mipi.v2i2.172
syahirani, astri. (2022). Hubungan tingkat pengetahuan dengan pola asuh orang tua pada anak disabilitas di SLB Manunggal Slawi. universitas islam sultan agung.
Syahrul, S., & Nurhafizah, N. (2022). Analisis Pola Asuh Demokratis terhadap Perkembangan Sosial dan Emosional Anak di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Obsesi?: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(6), 5506–5518. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i6.1717
Universitas Khairun, Bun, Y., Taib, B., & Mufidatul Ummah, D. (2020). ANALISIS POLA ASUH OTORITER ORANG TUA TERHADAP PERKEMBANGAN MORAL ANAK. JURNAL ILMIAH CAHAYA PAUD, 2(1), 128–137. https://doi.org/10.33387/cp.v2i1.2090
Utami, I. T., & Inayati, A. (2021). PENINGKATAN DUKUNGAN KELUARGA DALAM UPAYA NORMALISASI ANAK THALASEMIA. 5(2).
Vega, A. D., Hapidin, H., & Karnadi, K. (2019). Pengaruh Pola Asuh dan Kekerasan Verbal terhadap Kepercayaan Diri (Self-Confidence). Jurnal Obsesi?: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(2), 433. https://doi.org/10.31004/obsesi.v3i2.227
VENTURINI, F. (2019). ASUHAN KEPERAWATAN AN. K DENGAN KESIAPAN PENINGKATAN PERKEMBANGAN USIA SEKOLAH DAN MANAJEMEN KASUS?: STIMULASI ASPEK PSIKOKOSIAL DENGAN TEKNIK BERMAIN PERAN PADA ANAK USIA PRA SEKOLAH DI TK AL-HIDAYAH KELURAHAN CUPAK TANGAH PADANG. UNIVERSITAS ANDALAS.
Wibowo, D. A. (2019). GAMBARAN KETERCAPAIAN TRANSFUSI DARAH SESUAI STANDAR OPERASIONAL PROSEDUR PADA PASIEEN THALASEMIA MAYOR DI RUMAH SAKIT UMUM DAERAH CIAMIS. Jurnal Kesehatan Bakti Tunas Husada: Jurnal Ilmu-ilmu Keperawatan, Analis Kesehatan dan Farmasi, 19(2), 236. https://doi.org/10.36465/jkbth.v19i2.502
Widyastuti, F. L. M., Utami, R. D. P., & Rizqiea, N. S. (t.t.). PENGARUH FAMILY EMPOWERMENT PROGRAM TERHADAP QUALITY OF LIFE ANAK THALASEMIA.
Wijaya, A. M. (2011, Februari 11). Kebutuhan Dasar Anak untuk Tumbuh Kembang Yang Optimal.
Wulandari, R. D., Setijowati, E. D., & Widyaningsih, I. (2023). Pengenalan Thalassemia dan Konseling Genetik Pra-Nikah pada Mahasiswa. 6(1).
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Penni Febriani, Iyos Sutresna , Delli Yuliana Rahmat
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work’s authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).