IMPLEMENTASI STRATEGI MANAJEMEN UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS PELAYANAN DI PUSKESMAS : STUDY LITERATUR

Authors

  • Ulfa Dalimunthe Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Oktavia Sukmayati Siregar Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Dewi Agustina Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara

DOI:

https://doi.org/10.31004/jkt.v4i2.14772

Keywords:

Kualitas Pelayanan, Puskesmas, Strategi

Abstract

Kualitas layanan adalah ukuran yang dibuat oleh konsumen untuk produk atau layanan dengan ukuran atau fitur yang berbeda untuk memenuhi kebutuhan, keamanan, dan kenyamanan konsumen. Setiap orang juga memiliki hak yang sama atas akses ke layanan atau sumber daya kesehatan. Hak ini menyiratkan bahwa setiap masyarakat harus mendapatkan pelayanan kesehatan yang aman dan berkualitas yang memenuhi standar yang ditetapkan dalam Undang-Undang Nomor 36 Tahun 2009. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana strategi manajemen dapat dikembangkan untuk meningkatkan kualitas pelayanan di puskesms. Metode pencarian ini menggunakan penelusuran literatur (litaratur riview) Menurut hasil pencarian, dari 52  artikel yang  dicari, ditemukan 4 artikel yang memenuhi kriteria  . Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dalam strategi manajemen peningkatan mutu pelayanan di Puskesmas, adaptasi antara pelayanan kesehatan dasar yang diberikan atau diberikan dengan kebutuhan yang memenuhi pasien, atau kepatuhan terhadap ketentuan standar pelayanan, pelaksanaan pelatihan untuk meningkatkan kompetensi tenaga kesehatan profesional dan sumber daya manusia, Kebutuhan:  Optimalkan layanan home care melalui penggunaan grafis dan animasi Puskesmas berkualitas tinggi Program konseling dan promosi kesehatan harus digalakkan dengan memaksimalkan jangkauan yang dapat dimaksimalkan dan bekerja sama dengan sektor swasta untuk memanfaatkan teknologi yang mendukung layanan online. Masalah ketersediaan tenaga kesehatan, termasuk sifat profesi tenaga kesehatan dan distribusinya, serta masalah kompetensi, termasuk pengetahuan, keterampilan atau kompetensi tenaga kesehatan profesional dalam pelaksanaan tugasnya, akan berdampak pada kualitas pelayanan puskesmas.

References

cahyono, AD (2021). Jurnal Ilmiah Pamenang-Jip Peran Pengembangan Manajemen Kinerja Administrasi Kesehatan Terhadap Peningkatan Mutu Pelayanan Kesehatan Di Puskesmas. Jurnal Ilmiah Pemenang, 3(2), 28-42.

Eliya Astutik, E. (2020). Hubungan Antara Kualitas Pelayanan Kesehatan Dengan Kepuasan Pasien Peserta Rawat Jalan BPJS Di Puskesmas. Jurnal Kesehatan Dr. Soebandi, 8(2), 158-163. Https://Doi.Org/10.36858/Jkds.V8i2.243

Irianto, Hartati, C. S., &; Soenarmi. (2020). Analisis Kualitas Pelayanan Untuk Meningkatkan Kepuasan Rawat Jalan Di RS Pku Muhammadiyah Cepu. Jurnal Mitra Manajemen, 4(4), 607-620. Https://Doi.Org/10.52160/Ejmm.V4i4.376

Lestari, T. R. P. (2018). Upaya Peningkatan Mutu Pelayanan Di Puskesmas Melalui Pendekatan Manajemen SDM Kesehatan. Studi, 23(3), 157-174. Https://Jurnal.Dpr.Go.Id/Index.Php/Kajian/Article/View/1880

Lokan Liliana, D. (2023). Analisis Strategi Peningkatan Kualitas Pelayanan Di Puskesmas Wairoro, Kabupaten Halmahera Tengah, Provinsi Maluku Utara Melalui Pendekatan Health Human Resources (MDS). 7 (April).

Mendrofa, SA (2019). Implementasi Strategi Manajemen Untuk Meningkatkan Kualitas Pelayanan Di Puskesmas Tuhemberua, Kecamatan Tuhemberua, Kabupaten Nias Utara. Akuntansi Dan Manajemen Pemerintah Nasional, 5(1), 76-82. Https://Www.Ejournal.Stiepembnas.Ac.Id/Index.Php/Jampembnas/Article/View/106/79

Naima, Sudirman, MA (2020). Manajemen Mutu Pelayanan Kesehatan Di Puskesmas Sienjo, Kecamatan Toribulu, Kabupaten Parigi Moutong. Kimia Bahan, 21, 2886-2894 .

Nungky Islami Wanodyatama Dwinugraha, A. P. (2019). Strategi Dan Upaya Puskesmas Untuk Meningkatkan Kualitas Pelayanan Kesehatan Masyarakat Di Kabupaten Malang. Karta Rahardja, 1(2), 15-30. Http://Ejurnal.Malangkab.Go.Id/Index.Php/Kr

Rensiner, R., Azwar, V. Y., &; Putra, A. S. (2018). Analisis Faktor Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Rawat Jalan RSUD Dr. Achmad Darwis. Jurnal Kesehatan Andalas, 7, 1. Https://Doi.Org/10.25077/Jka.V7i0.817

Downloads

Published

2023-06-18

Issue

Section

Articles