IMPLEMENTASI STRATEGI MANAJEMEN UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS PELAYANAN DI PUSKESMAS : STUDY LITERATUR
DOI:
https://doi.org/10.31004/jkt.v4i2.14772Keywords:
Kualitas Pelayanan, Puskesmas, StrategiAbstract
Kualitas layanan adalah ukuran yang dibuat oleh konsumen untuk produk atau layanan dengan ukuran atau fitur yang berbeda untuk memenuhi kebutuhan, keamanan, dan kenyamanan konsumen. Setiap orang juga memiliki hak yang sama atas akses ke layanan atau sumber daya kesehatan. Hak ini menyiratkan bahwa setiap masyarakat harus mendapatkan pelayanan kesehatan yang aman dan berkualitas yang memenuhi standar yang ditetapkan dalam Undang-Undang Nomor 36 Tahun 2009. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana strategi manajemen dapat dikembangkan untuk meningkatkan kualitas pelayanan di puskesms. Metode pencarian ini menggunakan penelusuran literatur (litaratur riview) Menurut hasil pencarian, dari 52 artikel yang dicari, ditemukan 4 artikel yang memenuhi kriteria . Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dalam strategi manajemen peningkatan mutu pelayanan di Puskesmas, adaptasi antara pelayanan kesehatan dasar yang diberikan atau diberikan dengan kebutuhan yang memenuhi pasien, atau kepatuhan terhadap ketentuan standar pelayanan, pelaksanaan pelatihan untuk meningkatkan kompetensi tenaga kesehatan profesional dan sumber daya manusia, Kebutuhan: Optimalkan layanan home care melalui penggunaan grafis dan animasi Puskesmas berkualitas tinggi Program konseling dan promosi kesehatan harus digalakkan dengan memaksimalkan jangkauan yang dapat dimaksimalkan dan bekerja sama dengan sektor swasta untuk memanfaatkan teknologi yang mendukung layanan online. Masalah ketersediaan tenaga kesehatan, termasuk sifat profesi tenaga kesehatan dan distribusinya, serta masalah kompetensi, termasuk pengetahuan, keterampilan atau kompetensi tenaga kesehatan profesional dalam pelaksanaan tugasnya, akan berdampak pada kualitas pelayanan puskesmas.References
cahyono, AD (2021). Jurnal Ilmiah Pamenang-Jip Peran Pengembangan Manajemen Kinerja Administrasi Kesehatan Terhadap Peningkatan Mutu Pelayanan Kesehatan Di Puskesmas. Jurnal Ilmiah Pemenang, 3(2), 28-42.
Eliya Astutik, E. (2020). Hubungan Antara Kualitas Pelayanan Kesehatan Dengan Kepuasan Pasien Peserta Rawat Jalan BPJS Di Puskesmas. Jurnal Kesehatan Dr. Soebandi, 8(2), 158-163. Https://Doi.Org/10.36858/Jkds.V8i2.243
Irianto, Hartati, C. S., &; Soenarmi. (2020). Analisis Kualitas Pelayanan Untuk Meningkatkan Kepuasan Rawat Jalan Di RS Pku Muhammadiyah Cepu. Jurnal Mitra Manajemen, 4(4), 607-620. Https://Doi.Org/10.52160/Ejmm.V4i4.376
Lestari, T. R. P. (2018). Upaya Peningkatan Mutu Pelayanan Di Puskesmas Melalui Pendekatan Manajemen SDM Kesehatan. Studi, 23(3), 157-174. Https://Jurnal.Dpr.Go.Id/Index.Php/Kajian/Article/View/1880
Lokan Liliana, D. (2023). Analisis Strategi Peningkatan Kualitas Pelayanan Di Puskesmas Wairoro, Kabupaten Halmahera Tengah, Provinsi Maluku Utara Melalui Pendekatan Health Human Resources (MDS). 7 (April).
Mendrofa, SA (2019). Implementasi Strategi Manajemen Untuk Meningkatkan Kualitas Pelayanan Di Puskesmas Tuhemberua, Kecamatan Tuhemberua, Kabupaten Nias Utara. Akuntansi Dan Manajemen Pemerintah Nasional, 5(1), 76-82. Https://Www.Ejournal.Stiepembnas.Ac.Id/Index.Php/Jampembnas/Article/View/106/79
Naima, Sudirman, MA (2020). Manajemen Mutu Pelayanan Kesehatan Di Puskesmas Sienjo, Kecamatan Toribulu, Kabupaten Parigi Moutong. Kimia Bahan, 21, 2886-2894 .
Nungky Islami Wanodyatama Dwinugraha, A. P. (2019). Strategi Dan Upaya Puskesmas Untuk Meningkatkan Kualitas Pelayanan Kesehatan Masyarakat Di Kabupaten Malang. Karta Rahardja, 1(2), 15-30. Http://Ejurnal.Malangkab.Go.Id/Index.Php/Kr
Rensiner, R., Azwar, V. Y., &; Putra, A. S. (2018). Analisis Faktor Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Rawat Jalan RSUD Dr. Achmad Darwis. Jurnal Kesehatan Andalas, 7, 1. Https://Doi.Org/10.25077/Jka.V7i0.817
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Ulfa Dalimunthe, Oktavia Sukmayati Siregar, Dewi Agustina

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work’s authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).