MANAJEMEN STRATEGIS PELAYANAN PUSKESMAS DI MEDAN

Authors

  • Dewi Agustina Fakultas kesehatan masyarakat, Ilmu kesehatan masyarakat, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Adinda gusti Irawan Fakultas kesehatan masyarakat, Ilmu kesehatan masyarakat, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Sheila Oktaviani br Ginting Fakultas kesehatan masyarakat, Ilmu kesehatan masyarakat, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara

DOI:

https://doi.org/10.31004/jkt.v4i2.14757

Keywords:

pelayanan kesehatan, tata kelola puskesmas, manajemen strategis

Abstract

Kesehatan  merupakan  kebutuhan  dasar  manusia  untuk  dapat  hidup  layak  dan  produktif,  untuk  itu  diperlukan  penyelenggarakan  pelayanan  kesehatan  yang  sekiranya biayanya dapat dikendalikan serta  kualitasnya  dapat membantu masyarakat.Hal ini berhubungan dengan Fungsi Puskesmas sebagai pusat penggerak  pembangunan yang  berwawasan  kesehatan,  pusat  pemberdayaan  masyarakat  dan  keluarga  dalam  pembangunan  kesehatan  serta  pusat  pelayanan  kesehatan  masyarakat  tingkat  pertama.Puskesmas sebagai  pelayanan  kesehatan  tingkat  pertama,  maka  dituntut  untuk  dapat  memberikan  pelayanan  kesehatan  yang  berkualitas  sehingga  dapat  memenuhi  kebutuhan  kesehatan  masyarakat.  Dengan  demikian,  Puskesmas  harus  didukung  oleh  tenaga  kesehatan  sebagai  sumber  daya  manusia(SDM) yang andal dan diharapkan  dapat  menyelenggarakan  pelayanan kesehatan berdasarkan prinsip-prinsip manajemen yaitu perencanaan, penggerakan,pelaksanaan,pengendalian,  pengawasan dan penilaian untuk  menghasilkan  output  yang  efektif  dan  efisien  pada  semua  kegiatan  di  Puskesmas.Dalam pengamatan awal,bahwa peneliti melihat ada beberapa fenomena dan permasalahan dalam Puskesmas dalam penempatan pegawai yang belum sesuai dengan keahlian pendidikan yang dimiliki masih terdapat pegawai yang kurang dalam disiplin seperti tidak berada ditempat pada saat jam kerja maupun ditemukan pula beberapa pegawai tidak berada di tempat kerja setelah makan siang sehingga 7 banyak pekerjaan yang terbengkalai. Tujuan  penelitian  ini  adalah  untuk  mengetahui  kualitas  pelayanan  kesehatan  yang  mengarah  pada  manajemen  strategis  Puskesmas  di  Kota  Medan,  dan  dalam  penelitian  ini  menggunakan  metode  survey.  Hasil  penelitian  yang  diperoleh  adalah  pelayanan  kesehatan  di  Puskesmas  Kota  Medan  sudah  cukup  bagus  dan  memadai,  namun  masih  perlu  adanya  peningkatan  kompetensi  dan  kemampuan  pada  SDM  Puskesmas  terkait  tata  kelola  Puskesmas.

References

Azwar, A. (1996) Menuju Pelayanan Kesehatan Yang Lebih Bermutu. Jakarta: Yayasan Penerbitan Ikatan Dokter Indonesia.

Cahyono, J. B. S. B. (2008) Membangun Budaya Keselamatan Pasien dalam Praktik Kedokteran. Yogyakarta: Kanisius.

Ertanto. (2012). Hubungan antara Kualitas Pelayanan Tenaga Perawat dengan Tingkat Kepuasan Pasien di Ruang Rawat Inap Badan Rumah Sakit Umum DR. H Soewondo Kendal

, Imam. (2011). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program SPSS. Semarang: Badan Penerbit Universitas DIponegor

Ghozali, Imam. (2011). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program SPSS. Semarang: Badan Penerbit Universitas DIponegoro

Ghozali, Imam. (2013). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM SPSS 21 Update PLS Regresi. Semarang: Badan Penerbit Universitas DIponegoro

Institute of Medicine (US) Committee on Quality of Health Care in America. (2001) Crossing the Quality Chasm: A New Health System for the 21st Century. Washington (DC): National Academies Press (US). Available at: https://www.ncbi.nlm.nih.gov/books/N BK222274/

Istianto, Bambang. (2012). Manajemen Pemerintahan Dalam Perspektif Pelayanan Publik, Mitra Wacana Media: Jakarta

Jati, Wasisto Rahardjo. (2011). Inovasi pelayanan Publik Setengah Hati: Studi

Pelayanan Publik Samsat Kota Yogyakarta, Jurnal Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (JSP) Volume 15, Nomor 1, Juli 2011 Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Gajah Mada: Yogyakarta.

Kotler, Philip. (2019). Manajemen Pemasaran. Jakarta. PT. Indeks kelompok Gramedia

Mahsun, Mohamad. (2006). Pengukuran Kinerja Sektor Publik: Cetakan Pertama. Yogyakarta: Penerbit BPFE

Munhurran, Pratha Ramseook, et.al. (2010) Service Quality In the Public Service: International Journal of Management and Marketing Research (IJMMR) Volume 3 Number 1 2010 http://ssrn.com/abstract=1668833

Muninjaya (2010) Manajemen Mutu pelayanan kesehatan Ed.2. Jakarta: EGC

Naima, et.al (2019) Comparison of the impact of different extraction methods on polyphenols yields and tannins extracted from Moroccan Acacia mollissima barks, Ind. Crops Prod., 70 (2015), pp. 245-252

Parasuraman, A., V. A. Zeithaml, dan L.L. Berry. 1988. SERVQUAL: A

Multiple-Item Scale for Measuring Customer Perceptions of Service Quality, Journal of Retailing

Priyatno, Duwi. (2012). Cara Kilat Belajar Analisis Data dengan SPSS 20. Yogyakarta: Andi Offset

Priyatno, Duwi. (2012). Cara Kilat Belajar Analisis Data dengan SPSS 20. Yogyakarta: Andi Offset

Sinambela, Lijan Poltak, (2010), Reformasi Pelayanan Publik, Bumi Aksara, Jakarta

Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta

Supriyanto, Didik dan Lia Wulandari. (2013). Transparansi dan Akuntabilitas Pengelolaan Dana Kampanye, Jurnal 5

Tjiptono, Fandy. Service Management Mewujudkan Layanan Prima, Yogyakarta: C.V Andi Offset

Downloads

Published

2023-06-28

Issue

Section

Articles