STUDI KASUS TENTANG FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI MOTIVASI MAHASISWA UNTUK BERPRESTASI

Authors

  • Despita Pramesti Universitas Alma Ata

DOI:

https://doi.org/10.31004/jkt.v4i2.14708

Keywords:

motivasi, Prestasi

Abstract

Prestasi merupakan hasil belajar yang dicapai  oleh seseorang setelah melalui proses kegiatan belajar mengajar. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan faktor –faktor yang mempengaruhi motivasi mahasiswa untuk berprestasi. Desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif, pada penelitian ini partisipan yang diteliti adalah mahasiswa keperawatan angkatan I, II dan III  yang berprestasi serta mahasiswa yang kurang berprestasi sebagai pembanding, pengambilan data  melalui Focus Grup Discussion (FGD), wawancara mendalam dan triangulasi data kepada  6 orang informan. Hasil penelitian ini menunjukkan: Motivasi mahasiswa untuk mengikuti kuliah dapat timbul karena faktor intrinsik dan faktor ekstrinsik. Mahasiswa yang berprestasi semuanya memiliki motivasi yang tinggi dan mahasiswa yang kurang berprestasi semuanya memiliki motivasi yang sedang. Ada keterkaitan antara motivasi dengan prestasi mahasiswa. Terdapat dua faktor yang mempengaruhi motivasi mahasiswa untuk berprestasi yaitu faktor intrinsik (pribadi) meliputi: keinginan berhasil, harapan, hasrat, cita-cita dan minat. Sedangkan untuk faktor ekstrinsik meliputi: dorongan orang tua, keluarga, teman, pacar, saudara yang bekerja di bidang kesehatan, lingkungan tempat tinggal, lingkungan kampus, kebiasaan belajar dan keinginan menyenangkan orang lain. Kesimpulannya adalah motivasi mahasiswa yang tinggi dipengaruhi oleh faktor intrinsik dan faktor  ekstrinsik sedangkan mahasiswa yang memiliki motivasi sedang dipengaruhi oleh faktor ekstrinsik.

References

Ahmad Syafi’I,dkk, 2018. Studi tentang prestasi belajar Dalam Berbagai Aspek Dan Faktor Yang Mempengaruhi. Surabaya

Hamzah B, 2021. Teori motivasi dan Pengukurannya : Analisa di Bidang Pendidikan, Jakarta, PT. Bumi Aksara.

Mulyasa, E,2017. Menjadi Guru Profesional. Bandung: Remaja Rosda Karya.

Murti B, 2013. Desain dan Ukuran Sampel untuk Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif di bidang Kesehatan, Yogyakarta, Gadjah Mada Univetsity Press.

Hidayati N, 2010. Faktor-faktor yang Berpengaruh Terhadap Keberhasilan Studi Mahasiswa Prodi DIII kebidanan FIK UM Surabaya

Notoatmodjo. 2018. Metodologi penelitian kesehatan. Jakarta: Rineka Cipta.

Peraturan pemerintah Republik Indonesia no 60 tahun 1999. PP, Nomor : 60 & 6l Tentang Pendidikan Tinggi dan Perguruan Tinggi.

Purwanto N.M, 2017. Psikologi Pendidikan, Bandung, PT. Remaja Rosdakarya

Rosyid,Z.M,, dkk, 2019. Prestasi Belajar. Malang. Literasi Nusantara.

Sardiman A.M, 2018. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar, Jakarta. PT. Raja Grafindo Persada.

Sugiyono, 2016. Memahami Penelitian Kualitatif : Dasar Teori dan Terapannya dalam Penelitian, Surakarta, Universitas Sebelas Maret.

Yani, 2009. Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Notivasi Belajar Mahasiswa Tingkat II Akademi Keperawatan Dirgahayu Samarinda.

Downloads

Published

2023-06-12

How to Cite

Pramesti, D. (2023). STUDI KASUS TENTANG FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI MOTIVASI MAHASISWA UNTUK BERPRESTASI. Jurnal Kesehatan Tambusai, 4(2), 988–997. https://doi.org/10.31004/jkt.v4i2.14708

Issue

Section

Articles