STUDI KASUS TENTANG FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI MOTIVASI MAHASISWA UNTUK BERPRESTASI
DOI:
https://doi.org/10.31004/jkt.v4i2.14708Keywords:
motivasi, PrestasiAbstract
Prestasi merupakan hasil belajar yang dicapai oleh seseorang setelah melalui proses kegiatan belajar mengajar. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan faktor –faktor yang mempengaruhi motivasi mahasiswa untuk berprestasi. Desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif, pada penelitian ini partisipan yang diteliti adalah mahasiswa keperawatan angkatan I, II dan III yang berprestasi serta mahasiswa yang kurang berprestasi sebagai pembanding, pengambilan data melalui Focus Grup Discussion (FGD), wawancara mendalam dan triangulasi data kepada 6 orang informan. Hasil penelitian ini menunjukkan: Motivasi mahasiswa untuk mengikuti kuliah dapat timbul karena faktor intrinsik dan faktor ekstrinsik. Mahasiswa yang berprestasi semuanya memiliki motivasi yang tinggi dan mahasiswa yang kurang berprestasi semuanya memiliki motivasi yang sedang. Ada keterkaitan antara motivasi dengan prestasi mahasiswa. Terdapat dua faktor yang mempengaruhi motivasi mahasiswa untuk berprestasi yaitu faktor intrinsik (pribadi) meliputi: keinginan berhasil, harapan, hasrat, cita-cita dan minat. Sedangkan untuk faktor ekstrinsik meliputi: dorongan orang tua, keluarga, teman, pacar, saudara yang bekerja di bidang kesehatan, lingkungan tempat tinggal, lingkungan kampus, kebiasaan belajar dan keinginan menyenangkan orang lain. Kesimpulannya adalah motivasi mahasiswa yang tinggi dipengaruhi oleh faktor intrinsik dan faktor ekstrinsik sedangkan mahasiswa yang memiliki motivasi sedang dipengaruhi oleh faktor ekstrinsik.References
Ahmad Syafi’I,dkk, 2018. Studi tentang prestasi belajar Dalam Berbagai Aspek Dan Faktor Yang Mempengaruhi. Surabaya
Hamzah B, 2021. Teori motivasi dan Pengukurannya : Analisa di Bidang Pendidikan, Jakarta, PT. Bumi Aksara.
Mulyasa, E,2017. Menjadi Guru Profesional. Bandung: Remaja Rosda Karya.
Murti B, 2013. Desain dan Ukuran Sampel untuk Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif di bidang Kesehatan, Yogyakarta, Gadjah Mada Univetsity Press.
Hidayati N, 2010. Faktor-faktor yang Berpengaruh Terhadap Keberhasilan Studi Mahasiswa Prodi DIII kebidanan FIK UM Surabaya
Notoatmodjo. 2018. Metodologi penelitian kesehatan. Jakarta: Rineka Cipta.
Peraturan pemerintah Republik Indonesia no 60 tahun 1999. PP, Nomor : 60 & 6l Tentang Pendidikan Tinggi dan Perguruan Tinggi.
Purwanto N.M, 2017. Psikologi Pendidikan, Bandung, PT. Remaja Rosdakarya
Rosyid,Z.M,, dkk, 2019. Prestasi Belajar. Malang. Literasi Nusantara.
Sardiman A.M, 2018. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar, Jakarta. PT. Raja Grafindo Persada.
Sugiyono, 2016. Memahami Penelitian Kualitatif : Dasar Teori dan Terapannya dalam Penelitian, Surakarta, Universitas Sebelas Maret.
Yani, 2009. Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Notivasi Belajar Mahasiswa Tingkat II Akademi Keperawatan Dirgahayu Samarinda.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Despita Pramesti
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work’s authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).