HUBUNGAN PENGETAHUAN MAHASISWA TERHADAP PENYAKIT LEPRA SEBELUM DAN SESUDAH PENYULUHAN DENGAN MENGGUNAKAN VIDEO EDUKASI
DOI:
https://doi.org/10.31004/jkt.v4i2.14521Keywords:
lepra, pengetahuan, video edukasiAbstract
Lepra ialah sebuah penyakit infeksi kronik, yang dikarenakan oleh Mycobacterium leprae, dapat menyerang semua usia. Basil dari Mycobacterium leprae menular lewat droplet yang keluar dari hidung dan mulut di saat kontak erat dengan penderita. Infeksi ini ditandai dengan bercak kemerahan, mati rasa, dan gangguan saraf. Penyakit Lepra ini dapat disembuhkan dengan terapi multidrug (multidrug theraphy), namun jika tidak teratasi maka dapat menyebabkan kerusakan progresif dan permanen pada kulit, saraf, ekstremitas, dan mata sehingga banyak penderita penyakit Lepra merasa dikucilkan oleh masyarakat sekitar. Tingkat pengetahuan yang baik dapat membantu mengurangi risiko peningkatan kejadian Lepra, salah satunya dengan melakukan penyuluhan. Tujuan studi ini yaitu mengetahui perbedaan pengetahuan sebelum dan setelah penyuluhan tentang penyakit Lepra dengan menggunakan video edukasi pada mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Tarumangara Angkatan 2021. Studi ini menggunakan penelitian kuantitatif dengan desain pra-eksperimental one group pre-test dan post-test. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik simple random sampling. Penelitian ini dilakukan pada bulan Desember 2021 – Februari 2022 pada 118 responden. Pengumpulan data memakai kuesioner dan dianalisis menggunakan uji Wilcoxon. Hasil penelitian menunjukkan 5 responden (4,2%) berpengetahuan baik, 59 responden (50%) berpengetahuan cukup, dan 54 responden (45,7%) berpengetahuan kurang sebelum diberikan penyuluhan, sedangkan setelah penyuluhan sebanyak 98 responden (83,1%) berpengetahuan baik, 19 responden (16%) berpengetahuan cukup, dan 1 responden (0,8%) berpengetahuan kurang. Pada penelitian ini didapatkan perbedaan bermakna tentang pengetahuan Lepra sebelum dan setelah diberikan penyuluhan menggunakan video edukasi (p = 0,000).References
Abidin, Z., Yanti, A., Zulfayanto, I., Rasid, M., Ismiyanti, N., Fitrianingsi, N., Dwiyana, S., Nabila, U. H., Paramita, Y., & Bilkist, Z. K. (2021). Peningkatan Kualitas Kesehatan Masyarakat untuk Pencegahan Penyebaran Covid-19 di Masa Pandemi. Jurnal Pembelajaran Pemberdayaan Masyarakat (JP2M), 2(1). https://doi.org/10.33474/jp2m.v2i1.10569
Adlina, N. (2022). Inovasi Pembelajaran di Masa Pandemi COVID-19 dengan Pendekatan STEAM di Era Society 5.0. JURNAL SYNTAX IMPERATIF?: Jurnal Ilmu Sosial Dan Pendidikan, 2(6). https://doi.org/10.36418/syntax-imperatif.v2i6.134
Al-Ajmi, N. H., & Aljazzaf, Z. M. (2020). Factors influencing the use of multimedia technologies in teaching english language in Kuwait. International Journal of Emerging Technologies in Learning, 15(5). https://doi.org/10.3991/IJET.V15I05.12277
Anita Pramesti, T., Wayan Trisnadewi, N., Lisnawati, K., Idayani, S., Gusti Putu Agus Ferry Sutrisna Putra, I., Studi Keperawatan Program Sarjana, P., Wira Medika Bali, Stik., Kecak No, J., & Gatot Subroto Timur, A. (2021). Peningkatan Pengetahuan Masyarakat tentang Vaksinasi Covid-19 melalui Edukasi tentang Kejadian Ikutan Pasca IMUNISASI (KIPI). Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Kepada Masyarakat: Peduli Masyarakat, 1(1).
BKKBN, BPS, & Kemenkes RI. (2018). Survei Demografi Kesehatan Indonesia. Usaid.
Hermasari, B. K., Hastami, Y., & Kartikasari, M. N. D. (2021). Penggunaan Video Edukasi dalam Meningkatkan Pengetahuan Remaja tentang Covid-19. SEMAR (Jurnal Ilmu Pengetahuan, Teknologi, Dan Seni Bagi Masyarakat), 10(2). https://doi.org/10.20961/semar.v10i2.46021
Indonesia, K. K. R. (2021). Profil Kesehatan Indonesia 2020. In Kementrian Kesehatan Republik Indonesia.
Kulkarni, M., Patil, A., & Athawale, S. (2017). Retrospective analysis of prescriptions in the management of lepra reactions: Results of a single-center study from tertiary hospital in Maharashtra. Asian Journal of Pharmaceutical and Clinical Research, 10(5). https://doi.org/10.22159/ajpcr.2017.v10i5.17346
Martono, N. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif Analisis Data dan Analisis Data Sekunder. Raja Grafindo Persada.
Mulyani, E. S. (2019). Pengaruh Edukasi Dengan Media Video Terhadap Pengetahuan Sikap Dan Kepatuhan Berobat Pada Penderita Tb Paru Di Balkesmas Wilayah Klaten. Gastronomía Ecuatoriana y Turismo Local., 1(69), 5–24.
Naufal, H. A. (2021). LITERASI DIGITAL. Perspektif, 1(2). https://doi.org/10.53947/perspekt.v1i2.32
Nugroho, F. A., Kusumastuty, I., Prihandini, Z. P., Cempaka, A. R., Ariestiningsih, A. D., & Handayani, D. (2021). Pemanfaatan Video Edukasi Dalam Perbaikan Pengetahuan Gizi Pada Remaja. Smart Society Empowerment Journal, 1(3). https://doi.org/10.20961/ssej.v1i3.56215
Pathania, V., Shelly, D., Shankar, P., Matharu, Y. S., & Baveja, V. (2018). Two atypical presentations of lepra reactions. International Journal of Mycobacteriology, 7(4). https://doi.org/10.4103/ijmy.ijmy_105_18
Shellberg, P. (2015). Cleansed lepers, cleansed hearts: Purity and healing in Luke-Acts. In Cleansed Lepers, Cleansed Hearts: Purity and Healing in Luke-Acts.
Subhan, M. (2015). Efektivitas Promosi Kesehatan Tentang Kusta Dengan Metode Ceramah Dibandingkan Dengan Leaflet Bagi Siswa SMAN 1 Teluk Batang Kabupaten Kayong Utara. Jurnal Mahasiswa PSPD FK Universitas Tanjungpura.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta, CV.
Supriyono. (2018). Pentingnya Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa Sd. Edustream: Jurnal Pendidikan Dasar, II(1).
Susanti, B. A. D. (2022). Pengaruh Video Edukasi terhadap Pengetahuan Pencegahan HIV/AIDS di Lapas Yogyakarta. JI-KES (Jurnal Ilmu Kesehatan), 5(2). https://doi.org/10.33006/ji-kes.v5i2.208
Tejawati, A., Aulia, H., Firdaus, M. B., Suandi, F., Lathifah, L., & Anam, M. K. (2019). PEMANFAATAN VIDEO DAN ANIMASI DENGAN KARAKTER HELA PADA PANDANGAN UMUM TERHADAP ANAK PENGIDAP AUTISTIK. Jurnal Informatika Dan Rekayasa Elektronik, 2(2). https://doi.org/10.36595/jire.v2i2.120
Umami, H., Rahmawati, F., & Maulida, M. N. (2021). Pengaruh Media Video Edukasi Tentang Vulva Hygiene Terhadap Tingkat Pengetahuan dan Sikap Remaja Putri. Saelmakers PERDANA, 4(1).
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Velika Elaine Kangnata, Irene Dorthy Santoso

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work’s authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).


