RANCANG BANGUN APLIKASI ANALISIS HARGA SATUAN PEKERJAAN (AHSP) BERBASIS WEB (STUDI KASUS: BIDANG CIPTA KARYA MENURUT PERMEN PUPR RI NOMOR 1 TAHUN 2022)

Authors

  • Alfa Qosry Alfa Qosry Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai

Abstract

Pembangunan infrastruktur yang baik akan sangat berdampak pada pertumbuhan ekonomi dan pemerataan pembangunan nasional. Menurut Permen PUPR No. 28/PTR/M/2016, Analisis Harga Satuan Pekerjaan (AHSP) dibutuhkan untuk menghitung kebutuhan biaya tenaga kerja, bahan, dan peralatan untuk mendapatkan harga satuan dalam satu jenis pekerjaan tertentu dalam proyek pembangun. Pada saat ini analisis harga satuan perkerjaan di Dinas PUPR Bidang Cipta Karya Kabupaten Kampar masih menggunakan sistem manual. Maka untuk mengatasi permasalahan tersebut dibutuhkan sistem analisis harga satuan perkerjaan berbasis web. Tujuan penelitian ini adalah untuk merancang dan membangun aplikasi AHSP berbasis web yang bisa dijalankan di perangkat komputer maupun perangkat seluler. Penelitian ini menggunakan metode waterfall dalam merancang dan membangun aplikasi AHSP. Adapun hasil dari penelitian ini adalah sebuah aplikasi AHSP berbasis web yang dapat membantu Dinas PUPR Kabupaten Kampar Bidang Cipta karya dalam melakukan analisis harga satuan pekerjaan.

Downloads

Published

2024-06-14

How to Cite

Alfa Qosry, A. Q. (2024). RANCANG BANGUN APLIKASI ANALISIS HARGA SATUAN PEKERJAAN (AHSP) BERBASIS WEB (STUDI KASUS: BIDANG CIPTA KARYA MENURUT PERMEN PUPR RI NOMOR 1 TAHUN 2022). Jurnal Inovasi Teknik Informatika, 9(1). Retrieved from http://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/jiti/article/view/29266

Issue

Section

Articles