ASUHAN KEBIDANAN PADA IBU HAMIL DENGAN MASALAH HIPERTENSI GESTASIONAL PMB RISANA DESA BUKIT SEMBILAN KECAMATAN BANGKINANG

Authors

  • Wiwit Wulandari Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai
  • Dumasari Lubis Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai

DOI:

https://doi.org/10.31004/jiik.v2i2.31529

Keywords:

Asuhan Kebidanan; Hipertensi Gestasional

Abstract

Hipertensi gestasional adalah hipertensi yang terjadi saat kehamilan, biasanya akan sembuh setelah melahirkan. Timbul pada kehamilan tanpa disertai protein urin serta akan menghilang setelah 3 bulan pasca persalinan. Menurut Data Depkes, 2011 Angka Kematian Ibu (AKI) di Indonesia masih tergolong tinggi, penyebab kematian ibu diantaranya adalah hipertensi akibat kehamilan. Penyebab kematian ibu di provinsi Riau pada tahun 2016 yang tertinggi adalah karena hipertensi 26 kasus. Agar mampu mengidentifikasi kasus, penatalaksaan dan faktor penyebab hipertensi gestasional terhadap ibu hamil trimester II di PBM Risana Desa Bukit Sembilan. Terdapat kesenjangan antara teori dengan praktik yaitu saat kunjungan ke 4 terjadi penurunan tekanan darah yang awalnya 140/90 mmHg menjadi 120/90  mmHg dengan interval waktu 2 minggu. Dengan faktor yang mempengaruhi pada terjadinya hipertensi gestasional pada Ny.A yaitu faktor genetik dan riwayat hipertensi pada kehamilans ebelumnya. Oleh karna itu peneliti menekankan penting sekali bagi ibu hamil untuk menjaga pola hidup sehat dan makan makan bergizi agar tidak terjadi lagi hipertensi gestasional dan kompliksi yang lain pada saat hamil berikutnya.

References

Billington, (2014), Kegawatan dalam Kehamilan Persalinan. EGC: Jakarta.

Budihastari, Kholis. (2017). Asuhan Kebidanan Pada Ny.N G1P0A0 Dengan Hipertensin Gestasional di RSUD Leuwiliang. Bogor: Politeknik Kesehatan Kemenkes Bandung.

Dinkes Kesehtan Provinsi Riau. (2016). Profil Kesehatan Provinsi Riau 2016. Pekanbaru: Dinas Kesehatan Provinsi Riau.

Dinkes Kabupaten Kampar. (2017). Profil Kesehatan Kabupaten Kampar Tahun 2017. Kampar: Dinas Kesehatan Kabupaten Kampar.

Fauziah, Rizky. (2018). Asuhan Kebidanan Pada Ny.Y 28 tahun dengan Hipertensi Gestasional di RSUD Leuwiliang. Bandung: Politeknik Kesehatan Bandung.

Febriana, Yesa. (2014). Gambaran Karakteristik Ibu yang Mengalami Preeklamsia di RSUD Arifin Achmad Pekanbaru tahun 2012-2013. Bangkinang: STIKes Tuanku Tambusai.

Handayani, SR & Mulyati, TS. (2017). Bahan Ajar Kebidanan Dokumentasi Kebidanan.

Insani, AA & Fitrayeni. (2016). “Berfikir Kritis” Dasar Bidan Dalam Manajemen Asuhan Kebidanan.http://jom.fk.unand.ac.id.

Kemenkes RI. (2013). Buku Saku Pelyanan Kesehatan Ibu difasilitas Kesehatan Dasar dan Rujukan :Jakarta.

Kemenkes RI. (2018). Profil Kesehatan Indonesia Tahun 2017. Jakarta: Kemenkes Kesehatan RI.

Kemenkes, (2014). Situs Kesehatan Ibu, Dari http:/www.scribd.com/document/3567/infodatin-ibu-pdf. diakses tanggal

Kowalski, Robert E. (2010). Terapi Hipertensi, PT Mizan Publika: Bandung.

Leveno, Cunningham, dkk. (2010). Obstetri Williams Panduan Ringkasan. Penerbit Buku Kedokteran EGC: Jakarta.

Mamik. (2014). Manajemen Mutu Pelayanan Kesehatan dan Kebidanan, Zifatama Jawara: Sidoarjo.

Manuaba, Chandranita, Fajar. (2010). Pengantar Kuliah Obstetri, Penerbit Buku Kedokteran EGC: Jakarta.

Mukaromah, Zainatul. (2017). Gambaran Riwayat Preeklamsia pada kehamilan Berdasarkan karakteristik ibu di RSUD Dr.Tjitrowordoyo Purworejo. Yogyakarta : Universitas Alma Ata Yogyakarta

Prawirohardjo, Sarwono. (2014). Ilmu kebidanan, PT Bina Pustaka Sarwono Prawirohardjo: Jakarta.

Rizki Anggraini & Subakti. (2013). Kupas Tuntas Seputar Kehamilan, PT AgroMedia Pustaka: Bandung.

Rukiah, Yeye Ai. (2014). Asuhan Kebidanan Kehamilan Berdasarkan Kurikulum Berbasis Kompetensi. Jakarta: CV Trans Info Media.

Sri Rahayu, Intan. (2017). Analisis Pentalaksanaan Asuhan Kebidanan Pada Ny. E dengan Hipertensi Gestasional di RB Dwi Ananda Bekasi. Bandung: Politeknik Kesehatan Bandung.

Wagiyo & Putrono. (2016). Asuhan keperawatan Antenatal Intranal dan Bayi baru lahir fisiologis dan patologis. Penerbit Andi.

Downloads

Published

2024-03-28