Pengaruh Model Outdoor Learning Terhadap Keterampilan Menulis Puisi Siswa SD Negeri 6 Rambang

Authors

DOI:

https://doi.org/10.31004/irje.v2i1.2745

Keywords:

Model Outdoor Learning, Keterampilan Menulis Puisi

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh model outdoor learning terhadap keterampilan menulis puisi siswa SD Negeri 6 Rambang. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif dengan teknik pengumpulan data yaitu tes perbuatan. Metodenya True experimental (eksperimen sungguhan) dengan posstets only control design. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri 6 Rambang yang terdiri dari dua kelas dengan jumlah keseluruhan 30 orang siswa. Kelas IVA sebagai kelas ekperimen yang berjumlah 15 orang dan kelas IVB sebagai kelas kontrol yang berjunlah 15 orang siswa. Berdasarkan hasil dan pembahasan dan perhitungan data dengan taraf signifikan (α) 0,05 dan dk=15-1=14. Didapatkan nilai thitung = 4,6 dengan demikian dapat simpulkan thitung>ttabel atau 4,6 > 1,761, maka H0 ditolak dan Ha diterima. Maka dapat disimpulkan bahwa hipotesis ini menyatakan bahwa penelitian ada pengaruh yang signifikan dalam penggunaan model outdoor learning terhadap keterampilan menulis puisi siswa SD Negeri 6 Rambang.

References

Cintami dan Mukminan. 2018. Efektifitas Outdoor Study Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Geografi Berdasarkan Locus Of Control di Sekolah Menengah Atas Kota Palembang. Skripsi Program Studi Pendidikan Pascasarjana Universitas Negeri Yogyakarta, Yogyakarta Indonesia

Dalman, H. 2016. Keterampilan Menulis. Depok:Rajawali Pers.

Dijayanti, Puspita. 2016. Keefektifan Pendekatan Outdoor Learning Terhadap Aktivitas Dan Hasil Belajar Materi Menulis Deskripsi Pada Siswa Kelas IV SD Negeri Pesayangan 01 Kabupaten Tegal. Skripsi Jurusan Pendidikan Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Semarang 2016.

H. Mahmud. 2017. Upaya Meningkatkan Keterampilan Menulis Dengan Teknik RCG (Reka Cerita Gambar) Pada siswa kelas VI SDN Rengkak Kecamatan Kopang, Kabupaten. Lombok Tengah Tahun Pelajaran 2017/2018

Hetilaniar. 2018. Strategi Jumput Dalam Pembelajaran Puisi. Palembang:NoerFikri.

Husamah. 2013. Pembelajaran Luar Kelas Outdoor Learning. Jakarta: Prestasi Pustaka Publisher.

Kosasih. 2014. Dasar-dasar Keterampilan Besastra. Bandung:CV.Yrama Widya

Kurniangsih Alien, dkk. 2015. Penggunaan Metode Pembelajaran Outdoor Study Terhadap Pemahaman Konsep Pelestarian Lingkungan Hidup Peserta Didik di MTSN Singaparna. Skripsi Program Studi Pendidikan Geografi, SPs, UPI.

Makki Ismail dan Aflahan . 2019. Konsep Dasar Belajar dan Pembelajaran. Duta media

Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualittif, Dan R&D). Bandung:Alfabeta.

Uttari, Tri. 2019. Penerapan Metode Outdoor Learning Dalam Meningkatkan Kemampuan Menulis Siswa Kelas V Min 4 Aceh Besar. Skripsi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah Dan Keguruan Universitas Islam AR-RANIRY Darussalam-Banda Aceh 2019 M/1440 H.

Vera Adelia. 2012. Metode Mengajar Anak di Luar Kelas (outdoor Study). Yogyakarta:DIVA Press

Widiasworo Erwin. 2017. Strategi dan Metode Mengajar Siswa di Luar Kelas (outdoor learning) Secara Aktif, Kreatif, Inspiratif, dan Komunikatif. Yogyakarta:Ar-Ruzz Media.

Downloads

Published

2021-12-21