PENGARUH CERAMAH DENGAN MEDIA FLIP CHART TERHADAP PENINGKATAN PENGETAHUAN DAN SIKAP REMAJA TENTANG HIV AIDS
Abstract
Kabupaten Jepara merupakan salah satu wilayah dengan temuan kasus baru HIV tertinggi di Provinsi Jepara pada tahun 2019 yaitu sebanyak 138 kasus baru dan menempati peringkat kedua tertinggi kasus HIV/AIDS setelah Kota Semarang. Untuk mengurangi angka kasus HIV AIDS, salah satu cara yang digunakan adalah melalui pendidikan kesehatan pada remaja. Pendidikan kesehatan bisa dilakukan salah satunya dengan metode ceramah, supaya lebih efektif dan menarik metode ceramah disampaikan menggunakan alat bantu media flip chart. Desain penelitian menggunakan Pre-Experimental Designs dengan pendekatan One-Group Pretest-Posttest Design, jumlah sampel 25 responden dengan menggunakan teknik total sampling. Analisa data pengetahuan menggunakan uji statistik Uji Paired Sampel T-test dan analisa data sikap menggunakan uji statistik Uji Wilcoxon. Hasil pengetahuan responden sebelum diberikan intervensi rata-rata 9,72 dan meningkat 10,20 pada skor postest. Sedangkan nilai sikap pada pretest 9,10 dan pada post test 7,50 artinya terjadi penurunan dari skor sebelum dengan skor sesudah intervensi. Maka dapat disimpulkan bahwa metode ceramah dengan media flip chart berpengaruh dalam meningkatkan pengetahuan, akan tetapi tidak berpengaruh terhadap sikap remaja tentang HIV/AIDS. Kata Kunci: Pengetahuan; Sikap; Flip Chart; HIV/AIDS; RemajaDownloads
Published
2022-04-29
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Jurnal Doppler
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms: Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work’s authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).