HUBUNGAN PENGETAHUAN DENGAN KEIKUTSERTAAN IBU DALAM KEGIATAN KELAS IBU BALITA DI DESA BATU BELAH WILAYAH KERJA PUSKESMAS KAMPAR

Authors

  • Elvira Harmia Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai
  • Fitri Apriyanti Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai

Keywords:

Pengetahuan, Kelas Ibu Balita

Abstract

Periode penting pertumbuhan dan perkembangan anak adalah pada usia 0-5 tahun, diusia ini balita merupakan salah satu populasi yang paling berisiko mengalami berbagai gangguan kesehatan yang dapat mengakibatkan kematian. Upaya yang dapat dilakukan adalah dengan meningkatkan upaya promotif dan preventif pada kelas ibu balita, pengetahuan dan partisipasi ibu balita dalam kelas ibu balita merupakan faktor pendukung keberhasilan kelas ibu balita. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan pengetahuan dengan keikutsertaan ibu dalam kegiatan kelas ibu balita di Desa Batu Belah Wilayah Kerja Puskesmas Kampar tahun 2021. Penelitian ini bersifat kuantitatif dengan desain cross sectional. Penelitian dilakukan pada tanggal 26 Juli sampai 08 Agustus 2021 dengan populasi seluruh ibu yang memiliki balita usia 0-5 tahun di Desa Batu Belah dengan sampel sebanyak 173 orang yang diperoleh dengan teknik consecutive sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner. Analisa data yang digunakan adalah univariat dan bivariat dengan uji chi square. Hasil penelitian didapatkan ada hubungan pengetahuan ibu dengan keikutsertaan dalam kegiatan kelas ibu balita dengan nilai (p=0,002). Diharapkan hasil penelitian ini dapat dijadikan sumber dan bahan masukan bagi pemegang kegiatan untuk lebih meningkatkan kegiatan kelas ibu balita dengan program-program yang lebih menarik dan interaktif sehingga lebih mudah untuk dipahami oleh ibu balita. 

Author Biography

Elvira Harmia, Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai

Fakultas Kesehatan

References

Dinas Kesehatan Kabupaten Kampar. (2020). Cakupan Angka Kematian Balita di Kabupaten Kampar tahun 2019. Bangkinang. Dinas Kesehatan Kabupaten Kampar.

Dinas Kesehatan Provinsi Riau. (2021). Profil Kesehatan Provinsi Riau 2020. Pekanbaru : Dinas Kesehatan Provinsi Riau.

Dinas Kesehatan Provinsi Riau. (2020). Profil Kesehatan Provinsi Riau 2019. Pekanbaru : Dinas Kesehatan Provinsi Riau

Kartikawati. (2013) “Pengaruh Kelas Ibu Balita Terhadap Peningkatan Pengetahuan, Sikap, dan Perilaku Ibu Balita dalam Merawat Balita di Wilayah Kerja Puskesmas Sukarasa Kota Bandung”. Bhakti Kencana Medika. (Volume 1 Nomor 4 Tahun 2014).

Kematian Ibu dan Bayi Indonesia Masuk Kategori Tertinggi (Dian Fath Risalah, 2021, Angka Kematian Ibu dan Bayi di Indonesia, http: www. co.id.cdn.amproject.org, diperoleh tanggal 10 September 2021).

Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak. (2018). Profil Anak Indonesia 2018. ISSN 2089 3523. Jakarta.

Kementerian Kesehatan RI. (2011). Pedoman Penyelenggaraan Kelas Ibu Balita, Ibu Hamil dan Ibu Menyusui. Jakarta: Ditjen Bina Gizi dan Kesehatan Ibu dan Anak Kemeskes RI.

Kementerian Kesehatan RI. (2017). Program Perbaikan Gizi Makro. Diambil 9 Mei 2020, dari www.gizi.depkes.go.id

Kementerian Kesehatan RI. (2019) Pedoman Pelaksanaan Kelas Ibu Balita. Kementerian Kesehatan RI Dirjen Kesehatan Masyarakat. Jakarta

Kostania dan Rahayu. (2018). “Efektivitas Penyelenggaraan Kelas Ibu Balita terhadap Pengetahuan dan Perilaku Ibu Tentang MP-ASI Usia 6-12 Bulan”. Jurnal Ilmiah Bidan (Volume 3 Nomor 3 Tahun 2019).

Malatuzzulfa Nurlia Isti. (2018). Hubungan antara pengetahuan dengan keaktifan ibu mengikuti kelas ibu balita di desa Kedungsumber Kecamatan Balonpanggang Kabupatern Gresik. Midwifery Journal of STIKes Insan Cendekia Medika Jombang (Volume 15 Nomor 1 Tahun 2018).

Notoatmodjo, S. (2012). Pendidikan dan Perilaku Kesehatan. Jakarta: Rineka Cipta.

Nursalam. (2008). Konsep dan Penerapan Metodologi Penelitian Ilmu Keperawatan. Jakarta: Salemba Medika.

Pantiawati, I. (2018). “Analisis Aspek Sumberdaya yang Berlangkung pada Program Kelas Ibu Balita di Wilayah Kabupaten Banyumas”. Jurnal Publikasi Kebidanan. (Volume 9 Nomor 2 Tahun 2019).

Puspitasari, Ita. (2015). “Faktor – Faktor Yang Mempengaruhi Partisipasi Ibu Balita Ke Posyandu Kencursari I Di Dukuh Tegaltandan Desa Banguntapan Kabupaten Bantul”. Naskah Publikasi Program Studi Bidan Pendidik Jenjang D IV Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan ‘Aisyiyah Yogyakarta

Ratmawati, L. A. (2018). “Evaluasi Program Pelaksanaan Kelas Ibu Balita di Wilayah Kerja Dinas Kesehatana Kabupaten Banjarnegara”. Jurnal Keperawatan dan Kebidanan Aisyiyah (Volume 14 Nomor 1 Tahun 2019).

Sunarti. (2018). “Hubungan Pengetahuan dan Sikap Ibu Terhadap Partisipasi Dalam Kelas Ibu Balita Di Kelurahan Labibia Wilayah Kerja Puskesmas Labibia Kota Kendari”. Laporan Penelitian. Politeknik Kesehatan Kendari.

Susanti, D., Wulandari, H., Juaeriah, R., & Dewi, S. P. (2017). “Penerapan Interprofessional Education ( IPE ) pada Kelas Ibu Balita oleh Mahasiswa Tenaga Kesehatan untuk Meningkatkan Sikap Ibu terhadap Kesehatan Balita di Kota Cimahi”. JSK. (Volume 3 Nomor 2 tahun 2018).

Tri Puspa Kusumaningsih dan Silvia Devi Anggraeni. (2021). “ Hubungan Pengetahuan Dengan Partisipasi ibu Dalam Kelas Ibu Balita”. Jurnal JIKA. (Volume 6 Nomor 1 Tahun 2021.

Wafi Nur Muslihatun dan Juli Widiyanto. (2014).” Beberapa Faktor Risiko Keterlambatan Perkembangan Anak Balita”. Jurnal UMRI. (Volume 4 Nomor 2 Tahun 2014).

Downloads

Published

2021-11-01

Issue

Section

Articles