FAKTOR – FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN PEMBERIAN ASI EKSKLUSIF DI WILAYAH KERJA UPTD PUSKESMASLUBUK BATANG KABUPATEN OGAN KOMERING ULU TAHUN 2021

Authors

  • Krisna Mega Pratiwi Universitas Kader Bangsa
  • Siti Aisyah Hamid Universitas Kader Bangsa
  • Helni Anggraini Universitas Kader Bangsa

Keywords:

Pemberian ASI Eksklusif, peran suami, pendidikan, pekerjaan

Abstract

Air Susu Ibu (ASI) yaitu makanan alami pertama untuk bayi yang memberikan semua vitamin, mineral dan nutrisi. Nutrisi yang lengkap di dalam ASI juga terdapat zat kekebalan seperti IgA, IgM, IgG, IgE, laktoferin, lisosom, immunoglobulin yang melindungi bayi dari berbagai penyakit. Diketahuinya hubungan peran suami, pendidikan ibu dan pekerjaan ibu secara simultan dengan Pemberian ASI Eksklusif di wilayah UPTD Puskesmas Lubuk Batang Kabupaten Ogan Komering Ulu Tahun 2021. Desain penelitian menggunakan metode Survey Analitik dengan desain Cross Sectional. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh ibu yang memiliki bayi usia 7 – 12 Bulan di Wilayah Puskesmas Lubuk Batang yang berjumlah 319 orang. Sampel penelitin ini berjumlah 77 respondeen. Pengumpulan data dilakukan dengan kuesioner dengan teknik Non Random Sampling (tidak acak) yaitu purposive sampling dimana sampel diambil atas pertimbangan yang berfokus pada tujuan tertentu  menggunakan uji chi square. Dari hasil analisis diketahui dari 50 responden dengan ibu yang tidak bekerja tidak memberikan ASI Eksklusif sebanyak 32 responden (64,0%), sedangkan yang memberikan ASI Eksklusif sebanyak 18 responden (36,0%). ada hubungan yang bermakna antara peran suami dengan pemberian ASI Eksklusif p Value = 0.021, ada hubungan yang bermakna antara pendidikan ibu dengan pemberian ASI Eksklusif p Value = 0.014, terdapat hubungan yang bermakna antara pekerjaan ibu dengan pemberian ASI Eksklusif p Value = 0.038. Pihak UPTD Puskesmas Lubuk Batang mendapatkan gambaran tentang pemberian ASI Eksklusif di wilayah kerjanya.

References

Astuti. Isroni. 2013. Determinan Keberhasilan Pemberian ASI Eksklusif Pada Ibu Menyusui. Jurnal Health Quality.

Dahlan, A., Mubin, F., & Mustika, D. N. (2013). Hubungan Status Pekerjaan dengan Pemberian ASI Eksklusif di Kelurahan Palebon Kecamatan Pedurungan Kota Semarang. Jurnal Kebidanan.

Dinkes OKU. 2019. Profil Kesehatan Kabupaten OKU 2019.

Hargi, J.P. 2013. Hubungan Dukungan Suami dengan Sikap Ibu dalam Pemberian ASI Eksklusif di Wilayah Kerja Puskesmas Arjasa Kabupaten Jember.. Program Studi Ilmu Keperawatan Universitas Jember. Jember.

Ibrahim. 2021. Analisis Faktor yang Berhubungan dengan Pemberian ASI Eksklusif. Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Datu Kamanre. Keperawatan, Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Datu Kamanre. Jurnal Ilmiah Kesehatan Sandi Husada Volume 10| Nomor 1 Juni 2021 e-ISSN: 2654-4563.

Kemenkes. 2017. Keputusan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor: 28/ PERMENKES/V/2017 Tentang Standar Penilaian Status Gizi Anak. Jakarta: Badan Penelitian Dan Pengembangan Kesehatan Departemen Kesehatan RI.

___________. 2018. Profil Kesehatan Indonesia Tahun 2017. Jakarta: KemenKes RI.

Mardhiyah, Annisa. 2018. Analisis Peran Keluarga terhadap Perilaku Pemberian ASI Eksklusif pada Bayi Usia 6-24 Bulan di Wilayah Kerja Puskesmas Way Halim Kota Bandar Lampung. Fakultas Kedokteran, Universitas Lampung. Jurnal Majority Volume 7 Nomor 3.

Marifah ,Tsalist Kusuma. 2019. Faktor yang mempengaruhi kegagalan pemberian ASI Eksklusif pada bayi usia 0-6 bulan di Wilayah Kerja Puskesmas Pegandan tahun 2019. Jurusan Ilmu Kesehatan Masyarakat Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Semarang

Puspita, D. E. 2016. Hubungan Status Pekerjaan Ibu Dengan Pemberian ASI Eksklusif Pada Bayi Usia 7-12 Bulan Di Dusun Sari Agung Wonosobo. Program Studi Ilmu Keperawatan Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan ‘Aisyiyah Yogyakarta

Raj, Jihan Francisca. 2020. Faktor yang mempengaruhi pemberian ASI eksklusif. Universitas Aisyah Pringsewu Wellness And Healthy Magazine Volume 2, Issue 2, Agustus 2020, p. 283 – ISSN 2655-9951.

Roesli, 2012. Panduan Inisiasi menyu dini, plus ASI Eksklusif . Jakarta. Pustaka Bunda (grup puspa swara)

Saputra, Y. 2016. Pekan ASI Sedunia: Indonesia Masih Rendah. Indonesia.

Tumangger, Fransiska. 2019 Faktor-Faktor yang Berhubungan denganPemberian Asi Eksklusif di Wilayah Kerja Puskesmas Sering Kecamatan Medan Tembung Tahun 2019. Program Studi S1 Kesehatan Masyarakat Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Sumatera Utara

World Health. Organization, 2015. World health statistics 2015. World Health Organization

Downloads

Published

2021-11-01

Issue

Section

Articles