PENYULUHAN KESEHATAN REPRODUKSI PADA REMAJA DI MADRASAH ALIYAH MUHAMMADIYAH I PAKIS DUREN BANYUWANGI

Authors

  • Nurul Eko Widiyastuti STIKes Banyuwangi
  • Miftahul Hakiki STIKes Banyuwangi

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v2i3.2641

Keywords:

Kesehatan, Reproduksi dan Remaja

Abstract

Kegiatan Pengabdian Pada Masyarakat ini berupaya untuk memberikan pengetahuan kepada remaja tentang kesehatan reproduksi. kesehatan reproduksi merupakan serangkaian kegiatan yang bertujuan memberikan pengetahuan mengenai kesehatan reproduksi. Menurut Notoatmojo (2003) dengan penyuluhan kesehatan akan menambah pengetahuan individu mengenai kesehatan termasuk keuntungan dan kerugiannya. Sehingga akan menimbulkan sikap individu yang berupa sikap positif atau negatif. Sikap positif yaitu sikap yang mendukung kesehatan dan sikap negatif adalah sikap yang tidak mendukung kesehatan. Berdasarkan hasil wawancara dengan para guru Madrasah Aliyah Muhammadiyah I Pakis Duren Banyuwangi, belum ada yang pernah memberikan penyuluhan mengenai kesehatan reproduksi kepada para siswa, apalagi melakukan penelitian mengenai pengetahuan dan sikap siswa terhadap kesehatan reproduksi. Mereka juga mengatakan bila petugas kesehatan akan memberikan penyuluhan kesehatan reproduksi kepada para siswa, maka akan memberikan dampak positif bagi siswa maupun guru, karena pengetahuan sangatlah penting bagi siswa di masa sekarang. Solusi dari pengabdian pada masyarakat ini adalah memberikan sebuah penyuluhan kepada siswa supaya siswa memahami tentang kesehatan reproduksi serta memberikan kesadaran kepada siswa betapa pentingnya bagi remaja mengetahui tentang kesehatan reproduksi. Kesadaran remaja terhadap kesehatan reproduksi dapat ditingkatkan jika remaja mengetahui kondisi kesehatan reproduksinya secara mandiri dengan melakukan pemeriksaan kesehatan reproduksi secara rutin dan pemberian informasi tentang kesehatan reproduksi yang baik dan benar. Hal inilah yang menjadi dasar pemikiran untuk melaksanakan penyuluhan kesehatan reproduksi pada remaja. Pelaksanaan kegiatan ini dilakukan dengan metode penyuluhan kepada siswa Madrasah Aliyah Muhammad 1 Pakis Duren Banyuwangi.

Author Biographies

Nurul Eko Widiyastuti, STIKes Banyuwangi

Prodi D3 Kebidanan, STIKes Banyuwangi

Miftahul Hakiki, STIKes Banyuwangi

Prodi D3 Kebidanan, STIKes Banyuwangi

References

Depkes RI, (2001), Yang Perlu Diketahui Petugas Kesehatan Tentang Kesehatan Reproduksi, Depkes RI, Jakarta

Depkes RI, (2002), Pedoman Pelaksanaan Kegiatan KIE Kesehatan Reproduksi Untuk Petugas Kesehatan Di Tingkat Pelayanan Dasar, Depkes RI, Jakarta.

Manuaba, I. 2002. Reproduksi Wanita. Rineka Cipta. Jakarta.

Mohammad Kartono (1998), Kontradiksi Dalam Kesehatan Reproduksi, Pustaka Sinar Harapan, Anggota Ikapi, Jakarta

Notoatmojo, S. (2003). Pendidikan Dan Perilaku Kesehatan. Rineka Cipta. Jakarta.

Robo, T. (2002). Buku Saku Ilmu Kandungan. Jakarta

Downloads

Published

2021-10-19 — Updated on 2022-07-25

Versions

How to Cite

Widiyastuti, N. E., & Hakiki, M. (2022). PENYULUHAN KESEHATAN REPRODUKSI PADA REMAJA DI MADRASAH ALIYAH MUHAMMADIYAH I PAKIS DUREN BANYUWANGI. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(3), 629–632. https://doi.org/10.31004/cdj.v2i3.2641 (Original work published October 19, 2021)