Program Penguatan Literasi untuk Siswa SMP Advent Kabanjahe Kabupaten Karo

Authors

  • Ernawati Br Barus Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Arta Kabanjahe
  • Raskhita Irena Debora Tarigan Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Arta Kabanjahe
  • Vera Charoline Br Barus Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Arta Kabanjahe
  • Wawan Tarigan Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Arta Kabanjahe

DOI:

https://doi.org/10.31004/care.v2i2.46930

Keywords:

Literacy, Strengthening Skills, Junior High School Students

Abstract

Masa Pandemi Covid-19 membawa dampak yang cukup signifikan pada dunia pendidikan, terutama pada para siswa pendidikan dasar dan menengah. Pembelajaran yang biasanya dilakukan seminggu enam hari di sekolah, menjadi dilakukan di rumah secara daring setiap harinya. Materi pembelajaran, buku-buku teks dan non teks berubah dari berbentuk cetak menjadi bentuk digital. Hal ini membawa dampak buruk pada kemampuan literasi siswa. Lokasi kegiatan Pengabdian Masyarakat yang berjudul Pendampingan Penguatan Kemampuan Literasi Siswa SMP Advent Kabanjahe kecamatan kabanjahe yang dilakukan oleh Tim Pengmasy  STIKes Arta Kabanjahe dan Filsafat STIKes Arta Kabanjahe ini adalah SMP Advent Kabanjahe yang lokasinya berada di Jalan KUA Blok Masjid Baiturrahman Kelurahan   Kecamatan   Kab. Karo Provinsi Sumatera Utara. Sekolah ini berada di bawah manajemen Yayasan Pondok Pesantren Miftahul Ulum Al Kholili Kab. Karo. Seluruh biaya ini adalah biaya yang diperoleh dari internal institusi, yaitu Yayasan STIKes Arta Kabanjahe. Adapun perincian biaya yang dipergunakan untuk kegiatan pengabdian masyarakat ini adalah sebagai berikut. Dari hasil kegiatan pengabdian masyarakat dengan judul Pendampingan Penguatan Kemampuan Literasi Siswa SMP Advent Kabanjahe Kecamatan Kabanjahe Kabupaten Karo dapat disimpulkan bahwa kegiatan ini memberikan manfaat kepada para Guru di dalam upaya untuk meningkatkan kreatifitas, kemampuan dan keterampilan membuat media pembelajaran agar kelak di kemudian hari pengetahuan yang di dapat bisa bermanfaat dalam menunjang proses kegiatan belajar mengajar di lingkungan SMP Advent Kabanjahe terkhususnya.

References

Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Atas Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah. 2016. Panduan Gerakan Literasi Sekolah di Sekolah Menengah Pertama. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Atas Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah. 2016. Panduan Gerakan Literasi Sekolah di Sekolah Menengah Pertama. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah. 2017. Gerakan Literasi Sekolah Dari Pucuk Hingga Akar Sebuah Refleksi. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Supriatnoko dan Hastuti Redyanita. 2022. Penerapan Budaya Literasi di Pondok Pesantren Modern Al Umanaa dalam Tugasnya sebagai Perintis Gerakan Literasi Sekolah di wilayah Jawa Barat. Laporan Penelitian. Depok: UPPM Politeknik Negeri Jakarta.

Downloads

Published

2024-06-22

How to Cite

Barus, E. B., Tarigan, R. I. D., Barus, V. C. B., & Tarigan, W. (2024). Program Penguatan Literasi untuk Siswa SMP Advent Kabanjahe Kabupaten Karo. CARE: Journal Pengabdian Multi Disiplin, 2(2), 39–44. https://doi.org/10.31004/care.v2i2.46930

Issue

Section

Articles