Peningkatan Minat Membaca Siswa SMP Negeri 1 Kabanjahe Melalui Pengembangan Fasilitas dan Koleksi Perpustakaan

Authors

  • Erna BR Barus Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Arta Kabanjahe
  • Vera Charoline Br Barus Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Arta Kabanjahe
  • Raskhita Irena Debora Tarigan Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Arta Kabanjahe
  • Jelita Zega Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Arta Kabanjahe

DOI:

https://doi.org/10.31004/care.v1i1.46804

Keywords:

Reading Interest, Library Facilities, Book Collections

Abstract

Perpustakaan merupakan gudang penting pengetahuan, budaya, dan informasi, yang terdiri dari koleksi buku, terbitan berkala, dan berbagai media yang luas, yang sering kali didukung dan dikelola oleh organisasi pemerintah, pendidikan, atau masyarakat. Misi utama perpustakaan adalah menyediakan akses informasi yang adil, yang berfungsi sebagai pusat pendidikan dan budaya bagi berbagai populasi. Pengabdian ini dilaksanakan kepada siswa SMP Negeri 1 Kabanjahe Kabupaten Karo. Meningkatkan minat baca para siswa di SMP Negeri 1 Kabanjahe, Kabupaten Karo, melalui penyediaan lingkungan perpustakaan yang kondusif. Dalam acara tersebut diserahkan sejumlah barang yang terdiri dari: 1 (satu) rak buku perpustakaan 29 (dua puluh sembilan) judul buku. Dari hasil kegiatan pengabdian masyarakat terkhususnya siswa SMP Negeri 1 Kabanjahe dan juga kepada Guru-Guru dapat disimpulkan bahwa kegiatan ini memberikan manfaat kepada Guru di dalam upaya untuk meningkatkan minat membaca siswa agar kelak di kemudian hari pengetahuan yang di dapat bisa bermanfaat dalam menunjang proses kegiatan belajar mengajar di lingkungan SMP Negeri 1 Kabanjahe.

References

Abdullah. dkk. 2022. Perilaku Generasi Muda Terhadap Penggunaan Ponsel Pintar.

Arikunto. 2020. Prosedur Pengabdian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Aulia Fahma Balqis. dkk. 2021. Analisis Faktor Minimnya Minat Membaca Siswa di Kelas VI SDIT Daarul Istiqlal Kecamatan Patumbak Kabupaten Deli Serdang. School Education jurnal Vol. 11 Nomor 3.

Cut Nelga Isma. dkk. 2022. Pengaruh Penggunaan Handphone Terhadap Minat Baca Siswa Kelas 4 di MIN 13 Nagan Raya. Jurnal Pendidikan Tambusai. Vol. 6. Nomor. 1.

Daeng. dkk. 2020. Penggunaan Handphone dalam menunjang aktivitas perkuliahan oleh mahasiswa fispol unsrat manado. Jurnal Acta Diurna Komunikasi. Vol. 6. Nomor 1.

Derry Iswidharmanjaya. B. A. 2021. Bila si Kecil Bermain Gadget. Yogyakarta: Bisakimia.

Dewanti. dkk. 2020. Hubungan Keterampilan Sosial dan Penggunaan Gadget Handphone dengan Prestasi Belajar Siswa SMA Negeri 9 Malang. Jurnal Kajian Bimbingan Konseling. Vol.1 . Nomor. 3.

Ibrahim Bafadal. 2023. Pengelolaan Perpustakaan Sekolah. Jakarta: Bumi Aksara.

Imam Ghozali. 2021. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS. Semarang: UNDIP

Irdawati. Yunidar. & Darmawan. 2022. Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Dengan Menggunakan Media Gambar Kelas 1 di MIN Buol. Jurnal Kreatif Oniline Vol. 5 No. 4.

Kartika. Ika. and Ratna Purwati. 2020. Upaya Pemanfaatan Perpustakaan Sekolah Dalam Meningkatkan Minat Baca Siswa Di Sekolah Dasar Negeri 1 Pamengkang Kecamatan Mundu Kabupaten Cirebon. Jurnal EduBase. Vol 1. Nomor 1.

Khaeriyah dan Amir Mahmud. 2022. Pengaruh Intensitas Penggunaan Handphone dan Pemanfaatan Internet Terhadap Motivasi Belajar dan Hasil Belajar Ekonomi. Economic Education Analysis Journal. Vol. 6. Nomor.1.

Nurlaelah. 2022. Pemanfaatan Perpustakaan Sekolah Terhadap Peningkatan Prestasi Belajar Siswa Sekolah Dasar di Kabupaten Selayar. Jurnal Ilmu Pendidikan. Vol. 5. No. 11.

Rokan. 2020. Manajemen Perpustakaan Sekolah. Jurnal iqra. Vol 11. Nomor 01.

Samini. 2021. Hubungan Penggunaan Gadget dengan Minat Baca Siswa di

Savitri. Rosma. 2022. Pelaksanaan Program Reading Group dalam Pembelajaran Membaca Permulaan. Jurnal Basic Education. Vol. 6. Nomor. 5.

Sobry. 2021. Peran Handphone Terhadap Pertumbuhan dan Perkembangan Anak. Jurnal Pengabdian Guru Indonesia. Vol. 2. Nomor. 2.

Sri Mulyati. dkk. 2020. Pemanfaatan Perpustakaan Sekolah Sebagai Sumber Belajar Bahasa Indonesia di SD Negeri Krandon 1 Tegal. Almaktabah Vol. 5. No. 1.

Sugiyono. 2022. Metode Pengabdian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif. Kualitatif. dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Suharsimi Arikunto. 2021. Prosedur Pengabdian. Jakarta: Rineka Cipta.

Thamrin Kasman. dkk. 2022. Panduan Gerakan Literasi Sekolah. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah.

Ucu. Nurlinda. dkk. 2021. Analisa Pemanfaatan E-Learning Untuk Proses Pembelajaran. Jurnal Teknik Informatika. Vol. 13.Nomor 1.

Downloads

Published

2023-05-30

How to Cite

Barus, E. B., Barus, V. C. B., Tarigan, R. I. D., & Zega, J. (2023). Peningkatan Minat Membaca Siswa SMP Negeri 1 Kabanjahe Melalui Pengembangan Fasilitas dan Koleksi Perpustakaan. CARE: Journal Pengabdian Multi Disiplin, 1(1), 30–34. https://doi.org/10.31004/care.v1i1.46804

Issue

Section

Articles