Pendekatan Partisipatif dalam Pengenalan Nilai Kearifan Lokal Melalui Permainan Tradisional di Desa Laromabati
DOI:
https://doi.org/10.31004/care.v3i1.37815Keywords:
Anak-anak, Desa Laromabati, Permainan Tradisional, Kearifan LokalAbstract
Pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk menghidupkan kembali dan menginternalisasi nilai-nilai kearifan lokal yang terkandung dalam permainan tradisional kepada anak-anak di Desa Laromabati, Kecamatan Kayoa Utara, Kabupaten Halmahera Selatan. Kegiatan ini dilatarbelakangi oleh melemahnya eksistensi permainan tradisional di tengah arus modernisasi, serta pentingnya nilai-nilai positif yang terkandung di dalamnya bagi tumbuh kembang anak. Metode yang digunakan adalah bermain langsung bersama anak-anak di desa tersebut, di mana dalam setiap sesi bermain, tim pelaksana secara informal menyampaikan nilai-nilai yang terkandung dalam permainan, seperti kerja sama, kejujuran, tanggung jawab, sportivitas, dan sikap demokratis. Sebanyak 11 permainan tradisional dimainkan kembali, beberapa di antaranya bahkan sudah tidak dikenal lagi oleh anak-anak sebelum kegiatan ini berlangsung. Respon anak-anak sangat positif; mereka antusias, bersemangat, dan menunjukkan ketertarikan tinggi terhadap permainan-permainan tersebut. Hasil dari kegiatan ini menunjukkan bahwa permainan tradisional dapat menjadi media efektif dalam menanamkan nilai-nilai karakter kepada anak-anak. Selain itu, pengabdian ini juga membuka ruang bagi pelestarian budaya lokal secara berkelanjutan. Kesimpulannya, permainan tradisional tidak hanya sebagai sarana hiburan, tetapi juga sebagai alat pendidikan karakter yang relevan bagi generasi muda.References
Maricar, F., & Tawari, R. S. (2018). Nilai dan eksistensi permainan tradisional di Ternate. ETNOHISTORI: Jurnal Ilmiah Kebudayaan dan Kesejarahan, 5(2), 162-184.
Fajarini, U. (2014). Peranan kearifan lokal dalam pendidikan karakter. Sosio didaktika, 1(2), 123-130.
Jalal, Fasli. 2015. Peran Stimulasi Berbasis Budaya Lokal pada Pendidikan Anak Usia Dini. Makalah pada pelatihan Tradisi Lisan di Jakarta, 2015.
Kasnadi dan Sutejo. 2017. Permainan Tradisional Sebagai Media Pendidikan Karakter. Prosiding Seminar Nasional PPKn III.
Kleden-Probonegoro, Ninuk, 2011. Peranan Tradisi Dalam Membangun Bangsa; Pelajaran dari Gamkonor. Dalam Teks, Naskah, dan Kelisanan Nusantara. Titik Pujiastuti & Tommy Christomy (Ed). Depok: Yayasan Pernaskahan Nusantara.



