Meningkatkan Kesadaran Pola Hidup Bersih Dan Sehat Pada Siswa Melalui Program CERIAH
DOI:
https://doi.org/10.31004/care.v2i2.33670Keywords:
PHBS, pendidikan kesehatan, program CERIAH, intervensi kesehatanAbstract
Artikel ini membahas pentingnya penerapan program Pola Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) di lingkungan sekolah, dengan fokus khusus pada program CERIAH (Cek tanda-tanda Vital, Etika Batuk, Ikuti Cuci Tangan yang Benar, Aktifkan Gaya Hidup Sehat, dan Hygiene Lingkungan Sekolah) di Sekolah Menengah Atas Negeri 5 Kairatu. Program ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran dan pengetahuan kesehatan di kalangan siswa dengan metode pembelajaran yang interaktif dan partisipatif. Hasil dari penelitian ini menunjukkan peningkatan yang signifikan dalam pengetahuan dan praktik siswa mengenai kesehatan dan kebersihan setelah mengikuti program ini. Selain itu, artikel ini juga mengeksplorasi tantangan yang dihadapi dalam pelaksanaan program serta rekomendasi untuk perbaikan di masa depan. Penggunaan teknologi dalam memperluas dampak program juga dibahas sebagai langkah strategis untuk memastikan keberlanjutan dan efektivitas jangka panjang.References
Andriani, I., & Heriwibowo, D. (2014). Evaluasi Fasilitas Keselamatan Angkutan Penyeberangan Di Pelabuhan Kendari. Jurnal Penelitian Transportasi Darat, 16(4), 169–178.
Anggraini, I. R., Alifatin, A., Aini, N., & Handayani, T. L. (2024). Penguatan unit kesehatan sekolah sebagai dasar peningkatan kesadaran kesehatan remaja. Jurnal Pembelajaran Pemberdayaan Masyarakat (JP2M), 5(4), 740–754.
Fadly, F., & Fadilla, S. P. (2020). Rancangan basis data sistem informasi usaha kesehatan sekolah. Techno Xplore: Jurnal Ilmu Komputer Dan Teknologi Informasi, 5(2), 49–55.
Marissa, A., Rekawati, E., & Nursasi, A. (2024). Strategi pendidikan kesehatan dan penurunan stigma TB di masyarakat: A systematic review. Holistik Jurnal Kesehatan, 18(3), 398–407.
Masithoh, A. R. (2015). Hubungan Berpikir Positif Dengan Motivasi Pemeriksaan Tanda-tanda Vital Lansia dengan Hipertensi Di Desa Tlogorejo Kecamatan Tegowanu Kabupaten Grobogan. Jurnal Ilmu Keperawatan Dan Kebidanan, 6(2).
Nurcahyo, A., Ishartono, N., Faiziyah, N., Utami, N. S., Sari, C. K., & Aryuana, A. (2021). Pelatihan Pembuatan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Geogebra Terintegrasi Google Classroom Bagi Guru-Guru Matematika SMA/SMK Muhammadiyah Kabupaten Klaten. Prosiding University Research Colloquium, 50–57.
Nurhaida, I., Windah, A., & Yudha, A. N. (2023). Transformasi Paradigma Pembelajaran: Kolaborasi dan Partisipasi Aktif Melalui Sosialisasi Program Praktisi Mengajar. Dinamisia: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 7(5), 1315–1325.
Rogi, J. K. F., Rombot, D. V, & Siagian, I. E. T. (2021). Gambaran kualitas hidup dan prestasi akademik pada siswa SMA Negeri 9 Manado di masa pandemi COVID-19. Jurnal Kedokteran Komunitas Dan Tropik, 8(02).
Syahza, A. (2019). Dampak nyata pengabdian perguruan tinggi dalam membangun negeri. Unri Conference Series: Community Engagement, 1, 1–7.
Triwahyuningsih, R. Y., & Nugraheni, S. A. (2019). Determinant Of Health In School Children With School-Based Intervention. Journal of Research in Public Health Sciences, 1(1).
Virdi, S., Khotimah, H., & Dewi, K. (2023). Sosiologi Pendidikan Dalam Pembentukan Karakter Peserta Didik di Sekolah. Protasis: Jurnal Bahasa, Sastra, Budaya, Dan Pengajarannya, 2(1), 162–177.
Wibowo, H. S. (2023). Pengembangan Teknologi Media Pembelajaran: Merancang Pengalaman Pembelajaran yang Inovatif dan Efektif. Tiram Media.
Wiguna, I. N. A. P., Diaris, N. M., Suputra, I. K. D., Dewi, N. M. U. K., Apsari, D. P., Sinarsih, N. K., Kartika, I. G. A. A., & Juniartha, M. G. (2024). Edukasi Perilaku CERDIK Sebagai Upaya Pencegahan Dini Penyakit Tidak Menular. Sevanam: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(1), 98–110.
Wulandari, D. S., & Tumanggor, A. H. U. (2024). Transformasi Digital pada Pasar Tradisional. Penerbit NEM.