Peningkatan Literasi E-Money Syariah Bagi Siswa SMK IT AL-Izhar Pekanbaru

Authors

  • Diany Mairiza Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai
  • Miftah Hasda Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai
  • Saru Reza Unversitas Pahlawan Tuanku Tambusai
  • Muhammad Syaipudin Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai
  • Muhammad Zakir Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai

DOI:

https://doi.org/10.31004/care.v2i2.25295

Keywords:

literasi, keuangan syariah, e-money sayariah

Abstract

Kegiatan pengabdian pada masyarakat ini dilaksanakan bagi siswa siswi SMK IT Al-Izhar Pekanbaru, Provinsi Riau, dimana tujuan dari pengabdian masyarakat ini adalah untuk memberikan bekal dalam meningkatkan pemahaman terkait keuangan Syariah khusunya tentang E-money Syariah kepada masyarakat khususnya generasi Z pada siswa siswi SMK IT Al-Izhar. Metode yang digunakan  dalam  kegiatan  pengabdian  masyarakat  ini adalah   dengan  penyuluhan dan presentasi, diskusi serta Latihan (pretset dan post test) bagi peserta. Metode penyuluhan digunakan untuk menjelaskan terkait konsep dan literasi keuangan Syariah, khususnya pada materi E- money syariah. Metode presentasi digunakan untuk menunjukkan suatu proses kerja yaitu tahap-tahap bagaimana e- money syariah tersebut dapat bekerja. Sementara metode tanya jawab digunakan untuk memberi kesempatan para peserta berkonsultasi dalam memahami lebih lanjut untuk materi yang telah diberikan. Metode Latihan digunakan untuk melihat sejauh pemahaman peserta pengabdian sebelum dan sesudah materi disampaikan. Ketersediaan tenaga ahli yang memadai dalam penyampaian materi ini , antusiasme peserta, dukungan kepala sekolah terhadap pelaksanaan kegiatan merupakan pendukung terlaksananya kegiatan PPM ini. Adapun kendala yang dihadapi adalah para siswa/siswi belum memiliki pengetahuan awal tentang materi e- money syariah ini dan keterbatasan waktu dalam penyampaian materi. Hasil pengabdian ini menunjukkan bahwa: Program pengabdian kepada masyarakat dapat diselenggarakan dengan baik dan berjalan dengan lancar sesuai dengan rencana kegiatan yang telah disusun, hasil dari pengabdian ini disimpulakan bahwa: Pertama, Sebagian besar siswa siswi kelas X SMK IT Al-Izhar belum memahami dengan baik, apa aitu uang digita, namun Sebagian besar dari mereka adalah pengguna dari e- money syariah khususnya pada e-wallet. Kedua, Ketercapaian tujuan program kegiatan pengabdian kepada masyarakat kepada siswa siswi SMK IT Al-Izhar Pekanbaru keseluruhan program yang telah dilakukan dengan kolaborasi antara pihak sekolah dan pengabdi telah dilakukan semua dan sesuai dengan roundown acara maupun waktu yang telah ditentukan sebelumnya.

References

Bank Indonesia. (2016). Paper Kajian Bersama Uang Elektronik Ditinjau Dari Kesesuaian Prinsip-Prinsip Syariah, Jakarta: Bank Indonesia dan Dewan Syariah Nasional.

Baits, Ammi Nur. (2019). Halal Haram Bisnis Online. Jogjakarta: Muamalah Publishing.

Baits, Ammi Nur. (2019). Hukum e-Money Dalam Tinjauan Syariah. Jogjakarta: Muamalah Publishing

.

Peraturan Otorotas Jasa Keuangan (OJK). (2021). Jakarta.

Downloads

Published

2024-06-22

How to Cite

Mairiza, D., Hasda, M. ., Reza, S., Syaipudin, M. ., & Zakir, M. . (2024). Peningkatan Literasi E-Money Syariah Bagi Siswa SMK IT AL-Izhar Pekanbaru. CARE: Journal Pengabdian Multi Disiplin, 2(2), 39–45. https://doi.org/10.31004/care.v2i2.25295

Issue

Section

Articles