Pelatihan Communicative Language Teaching (CLT) Untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Berbahasa Inggris Mahasiswa Kebidanan STIK Bina Husada

Authors

  • Arief Pamuji STIK Bina Husada Palembang
  • Agus Wahyudi STIK Bina Husada Palembang
  • Ririn Martuti STIK Bina Husada Palembang

DOI:

https://doi.org/10.31004/care.v2i1.24932

Keywords:

Kemampuan, Berbicara, CLT

Abstract

Berbicara merupakan cara menyampaikan informasi yang harus diperoleh siswa. Kemampuan sendiri mempunyai arti kesanggupan, kecakapan, kekuatan, kekayaan. Sedangkan kemampuan menurut bahasa berarti kemampuan seseorang menggunakan bahasa yang memadai dilihat dari sistem bahasa, antara lain mencakup sopan santun, memahami giliran dalam bercakap-cakap. Kemampuan berbicara dimiliki oleh semua manusia. Namun keterampilan berbicara di depan orang banyak belum tentu dimiliki oleh setiap orang. Pembicara harus mengembangkan teknik-teknik untuk persiapan, untuk Menyusun struktur pembicaraan, untuk menularkan energi dan semangat, serta untuk menangkap dan menanggapi minat pendengar. Kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berbicara dengan menggunakan communicative language teaching mahasiswa program studi kebidanan STIK Bina Husada Palembang. Sebanyak 20 mahasiswa mengikuti kegiatan pengabdian ini, yang dilaksanakan pada tanggal 1 November 2023 yang bertempat di Gedung STIK Bina Husada Palembang Jl. Kapt Cek Syeh 28 Ilir Palembang. Pengajaran Bahasa Komunikatif dapat memotivasi siswa untuk berani dan percaya diri dalam penampilan berbicara dan lebih aktif dalam menggunakan bahasa Inggris sebagai bahasa lisan mereka. Diharapkan mahasiswa dapat meningkatkan penguasaan kosa kata baik dalam bahasa Indonesia maupun dalam bahasa Inggris.

References

Abe, E. (2013). Communicative language teaching in Japan: Current practices and future prospects: Investigating students' experiences of current communicative approaches to English language teaching in schools in Japan. English Today, 29(2), 46-53. https://doi.org/10.1017/S0266078413000163.

Al Hosni, S. (2014). Speaking difficulties encountered by young EFL learners, Language Teaching Journal, 2(6), 22–30.

Al-Roud, A.A. (2016). Problems of English speaking skill that university students encounter from their perspectives. British Journal of Education, Society & Behavioural Science, 18(3). DOI:10.9734/bjesbs/2016/28404.

Awalia, R. (2009). Increasing the students speaking ability through jigsaw. Makassar. Thesis UNM.

Bruner, D. A., Sinwongsuwat, K., & Radic-Bojanic, B. (2015). EFL Oral Communication Teaching Practices: A Close Look at University Teachers and A2 Students' Perspectives in Thailand and a Critical Eye from Serbia. English Language Teaching, 8(1), 11-20.

Diana, S. (2014). Communicative language teaching and its misconceptions about the practice in English language teaching (ELT). Bahasa & Sastra, 14 (1).

Fata, I.A. (2014). Is my stress right or wrong? Studying the production of stress by non-native speaking teachers of English. Studies in English Language and Education, 1 (1), 59-68.

Fulcher, G. (2003). Testing second language speaking. Britain: Person Education.

Heriansyah, H. (2012). Speaking problems faced by the English department students of Syiah Kuala University. Lingua Didaktika, 6 (1).

Jeyasala, V. R. (2014). A prelude to practice: Interactive activities for effective communication in English. Alternative pedagogies in the English language & communication classroom, 164-170.

Littlewood, William. 2002. Communicative Language Teaching. Cambridge: Cambridge University Press.

Priyanto, M.A., Asrori, M. & Pudjobroto, A.H. (2016). The implementation of communicative language teaching (CLT) in English classroom. English Education Journal, 4(3).

Rara, Adila Cynthia dan Ade Cahyana (2014 Efektivitas metode communicative language teaching (CLT) dalam meningkatkan kemampuan komunikasi berbahasa inggris peserta kursus di pqec institute. Retrieved from https://ejournal.upi.edu/index.php/pls/article/view/5412/0

Richard, J. C. & Renandya, W.A. (2002). Methodology in language teaching: An anthology of current practice. Cambridge: Cambridge University Press.

Richards, J. C. (2006). Communicative Language Teaching Today. Cambridge: Cambridge University Press.

Richards, J. C., & Rodgers, T. S. (2014). Approaches and methods in language teaching. Cambridge: Cambridge University Press.

Rizkiah, I. (2014). Improving students’ speaking ability by using direct method. Unpublished Research.

Saputra, J.B. & Wargianto. (2015). Communicative language teaching: Changing students’ speaking skill. Premise Journal, 4(1).

Salasa Salsabilla, Sarah. (2021). Why is English hard to learn for student?. Retrieved from https://www.researchgate.net/publication/355940168_WHY_IS_ENGLISH_HARD_TO_LEARN_FOR_STUDENT/citation/download.

Santoso, D. (2017). Keterampilan berbicara bahasa Inggris. Medan: Duta Azhar.

Tuan, N. H., & Mai, T. N. (2015). Factors affecting students’ speaking performance at Le Thanh Hien High School. Asian Journal of Educational Research, 3, 8-23.

Downloads

Published

2024-01-30

How to Cite

Pamuji, A. ., Wahyudi, A. ., & Martuti, R. . (2024). Pelatihan Communicative Language Teaching (CLT) Untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Berbahasa Inggris Mahasiswa Kebidanan STIK Bina Husada . CARE: Journal Pengabdian Multi Disiplin, 2(1), 23–31. https://doi.org/10.31004/care.v2i1.24932

Issue

Section

Articles