Pelatihan Branding Produk Kemplang Sebagai Ciri Khas Desa Meranjat III Ogan Ilir
DOI:
https://doi.org/10.31004/care.v1i2.16736Keywords:
peningkatan branding, kemplang panggang, kuliner khas, Desa Meranjat IIIAbstract
Desa Meranjat III, Kabupaten Ogan Ilir dikenal sebagai desa produksi kerupuk kemplang. Bahkan, beberapa warganya sudah menjajaki sebagai pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM). Potensi inilah yang seharusnya mulai digagas untuk lebih dikenal lagi terrutam dalam pemasarannya. Oleh karena itu, prinsip branding bagi sutau suatu usaha sebenarnya dapat diterapkkan sebagai upaya membangun karakter dan memberikan nilai tambah secara ekonomi bagi suatu desa melalui pengembangan potensi dan nilai lokal merupakan kebutuhan pemasaran desa. Namun, proses perencanaan juga perlu didukung oleh pemangku kepenitngan lainnya, seperti perguruan tinggi. Demikian pula dalam hal penjualan yang selama ini dilakukan hanya mengandalkan produk yang sudah ada. Selain itu, permasalahan mitra dalam kegiatan ini masih belum melabeli kemasan produk dengan nama maupun logo. Karena itu, dalam upaya peningkatan ciri khas produk, metode pelaksanaan yang dirancang, yaitu sosialisasi, inisiasi inovasi produk, penciptaan nama dan logo pada label kemasan serta publikasi. Kemasan dan label yang masih sederhana, bahkan belum ada dan kurang menarik menyebabkan produk ini hanya ada di pasar tradisional. Hasil dari kegiatan pengabdian ini diharapkan label pada kemasan sudah ada dan kegiatann dapat ditindakalnjuti sebagai bagian dari branding Desa Meranjat III melalui produk khasnya, yaitu kemplang.References
BPS Kabupaten Ogan Ilir. (2019). BPS Kabupaten Ogan Ilir.
Elviza, S., & (Editor). (2023). Ini Sejarah dan Asal Usul Nama Kerupuk Kemplang, Makanan Ringan Kuliner Khas Palembang. Palpres.Coom. https://jambiindependent.disway.id
Guttifera, Rahmawa, L., Sari, S. R., Pratama, F., & Widowati, T. W. (2022). Traditional puffed fish cracker ('kemplang Palembang’) by microwave-oven method: Physical properties and microstructure evaluation. Czech Journal of Food Sciences, 40(3), 202–209.
Herwanto. (2022). Wawncara Kepala Desa Meranjat III, Indralaya Selatan, Ogan Ilir.
Nurlaila. (2022). Wawancara dengan Mitra Produsen Kemplang di Desa Meranjat III, Indralaya Selatan, Ogan Ilir.
Rozalena, A. (2020). Komunikasi Bisnis - Konsep dan Praktik (1st ed.). Penerbit Andi. https://play.google.com/books/reader?id=_o4EEAAAQBAJ&pg=GBS.PR1&printsec=frontcover
Sutedja, S. (2015). Tekni Pengemasan dan Labeling Produk Makanan.