Desiminasi Permainan Edukasi Gonggong Elektrik Di Pusat Layanan Autis Kota Batam
DOI:
https://doi.org/10.31004/care.v1i2.16676Keywords:
permainan, Penyandang Disabilitas, Pengendalian EmosiAbstract
Permainan edukatif merupakan salah satu sarana dalam memberikan pembelajaran tertentu bagi setiap anak, khususnya anak penyandang autis. Banyak layanan yang dapat dioptimalkan Pusat Layanan Autis (PLA) kota Batam. Permasalahan utama adalah minimnya permainan edukatif yang berfungsi untuk pembelajaran pengendalian emosi siswa anak autis. Pada pengabdian ini diusulkan sebuah perangkat pembelajaran berupa permainan edukatif melalui permainan Gonggong Elektrik. Permainan Gonggong elektrik merupakan penerapan fisika dasar dimana siswa akan terlatih secara emosional dalam memainkan gonggong tersebut. Hasil dari kuisioner kepuasan pengguna di PLA kota Batam menunjukkan 90% alat permainan edukatif Gonggong Elektrik dapat digunakan dalam menunjang pengendalian emosi siswa autis.References
Castelli, F. (2005). Understanding emotions from standardized facial expressionsnin autism and normal development. SAGE publications and the national autistic society, 9, (4), 428-449.
Davidoff, L. L. (2007). Psikologi Suatu Pengantar Jilid Dua. Jakarta: Erlangga.
Greenspan, S.T & Wieder, S. (2006). The Child with Special Needs (Anak Berkebutuhan Khusus).(Terjemahan). Jakarta: Yayasan Ayo Main.
Haber & Runyon. (1984). Psychology of Adjustment.Illnois: The Dorsey Press.
Haber, A., & Runyon, R. P. (2006). Psychology Of Adjustment. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Meranti, Tanti. 2017. Psikologi Anak Autis. Yogyakarta: Familia.
Mifzal, Abiyu. (2012). Anak Autis Berprestasi. Yogyakarta: Familia.
Peeters, T. (2004). Autisme. (Terjemahan) Jakarta: Dian Rakyat.
Plutchik, R. (2003). Emotions and Life Washington DC: American Psychological Association.