TINJAUAN PELAKSANAAN PEMBELAJARAN PENDIDIKAN JASMANI SESUAI KURIKULUM DI SMA NEGERI 1 KAMPAR UTARA
DOI:
https://doi.org/10.31004/bola.v2i1.882Abstract
Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif yang bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan pembelajaran pendidikan jasmani sesuai kurikulum di sma negeri 1 kampar utara. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas X, XI dan XII SMA Negeri 1 Kampar Utara yang terdaftar pada semester I (ganjil) tahun ajaran 2018 / 2019 yang berjumlah 27 orang. Penarikan sampel dilakukan dengan teknik total sampling, yaitu seluruh populasi dalam penelitian diambil menjadi sampel sehingga sampel berjumlah 35 orang. Instrumen yang dipakai untuk mengumpulkan data adalah Angket atau kuesioner menggunakan skala Guttman dengan dua alternatif jawaban yaitu: “YA†dan “TIDAKâ€. Data dianalisis dengan menggunakan rumus distribusi frekuensi dalam bentuk persentase. Dari analisis data diperoleh hasil penelitian sebagai berikut: 1. Tingkat capaian sarana dan prasarana Pelajaran Penjasorkes yang ada di SMA Negeri 1 Kampar Utara adalah sebesar 65,61 %. 2. Tingkat capaian kemampuan guru Penjasorkes yang ada di SMA Negeri 1 Kampar Utara adalah sebesar 78,63 %,References
Arikunto, Suharsimi. (1990). Manajemen Penelitian. Jakarta : Rineka Cipta
Arikunto, Suharsimi. (1996). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Bina Aksara.
Depdikbud. (1993). Himpunan Peraturan Tentang Pendidikan Sekolah Dasar. Jakarta: Dirjen Dikdasmen.
Depdiknas (2003). Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta. Diknas.
Depdiknas. (2005). Kamus Umum Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.
Depdiknas. (2006). Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Jakarta : Diknas
Dirjen Pendidikan Tinggi Proyek Pengembangan Lembaga Pendidikan Tenaga Kependidikan.