TINGKAT KEBUGARAN JASMANI SISWA SMK ADVENT BATAM KELAS XI TAHUN 2021 DITINJAU DARI KEBIASAAN BEROLAHRAGA DAN MEROKOK

Authors

  • Jesaya Sihotang Fakultas Ilmu Pendidikan

DOI:

https://doi.org/10.31004/bola.v4i2.2683

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh adanya beberapa siswa kelas X RPL yang cepat merasa lelah saat mengikuti pembelajaran praktek penjas disekolah SMK Advent Batam.Salah satu solusi untuk mengatasi masalah ini adalah dengan cara mengetahui tingkat kebugaran jasmani ditinjau dari kebiasaan berolahraga dan merokok.Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan tingkat kebugaran jasmani siswa kelas X RPL SMK Advent Batam 2021 ditinjau dari kebiasaan berolahraga dan merokok.Metode penelitian merupakan penelitian deskriptif sehingga dapat memberikan gambaran mengenai apa yang diteliti berupa angka-angka dan diukur secara pasti dan waktu penelitian dilaksanakan mulai bulan Mei hingga Juli 2021.Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X RPL (Rekayasa Perangakat Lunak)  yang yang berjumlah 21 siswa. Teknik pengumpulan data berupa kuisioner,pemeriksaan kesehatan dan tes kegaran jasmani. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa hasil tes kebugaran jasmani ditinjau dari kebiasaan berolahraga dan merokok kelas X RPL(Rekayasa Perangakat Lunak) SMK Advent Batam  dari 21 siswa terdapat 15 siswa yang mempunyai riwayat kebiasaan berolahraga  dalam kategori (kurang),4 siswa sedang,1 siswa baik dan 1 siswa baik sekali.selanjutnya dari angket kuisioner yang dibagikan ke 21 siswa, 5 siswa diantaranya mempunyai kebiasaan merokok dan 16 tidak merokok.dengan demikian dapat disimpulkan bahwa dengan dengan menggunakan tes kebugaran jasmani indonesia (TKJI) dapat mengetahui tingkat kebugaran jasmani siswa kelas X SMK Advent Batam.

References

Agustina, S. R. (2019). Buku Jago Sepak Bola (Santi & Ira.N (ed.)). Cemerlang

A.Erlina Listyarini. (2012). “ Latihan Senam Aerobik untuk Meningkatkan Kebugaran Jasmani.”Medikora. (Nomor 2, Vol VIII)

Amung Ma’mun dan Yudha M. Saputra. (2000). Perkembangan Gerak dan Belajar Gerak. Jakarta: Direktorat Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.

Budi Sutrisno dan Muhamad Bazin K. (2009). Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan. Surakarta: Putra Nugraha.

Chaplin, J.P. (2011). Kamus Lengkap Psikologi. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

DEPDIKBUB. (2002). Pusat Kesegaran Jasmani dan Rekreasi. Jakarta.

Downloads

Published

2021-07-15

Issue

Section

Articles