Implementasi Pemasaran Melalui Media Sosial Dalam Meningkatkan Brand Awareness UMKM Fashion Batik Fractal

Authors

  • Muhammad Mufti Yasin Universitas Islam Bunga Bangsa Cirebon
  • Cory Vidiati Universitas Islam Bunga Bangsa Cirebon

DOI:

https://doi.org/10.31004/money.v2i2.31646

Keywords:

media sosial, pemasaran, brand awarness, UKM fashion, batik fractal

Abstract

Tujuan - Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi efektivitas penggunaan media sosial sebagai alat pemasaran dalam meningkatkan brand awareness dan penjualan produk UMKM fashion, khususnya Batik Fractal. Metode - Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan menganalisis konten media sosial Batik Fractal serta melakukan wawancara dengan pemilik UMKM tersebut. Hasil - Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media sosial secara konsisten, konten yang menarik, dan interaksi dengan pengguna sangat penting dalam meningkatkan brand awareness dan berkontribusi pada peningkatan penjualan produk Batik Fractal. Originalitas  (Novelty) - Penelitian ini menyoroti penggunaan media sosial sebagai alat pemasaran yang efektif untuk UMKM fashion, khususnya dalam konteks Batik Fractal, dengan menekankan pentingnya konsistensi, konten menarik, dan interaksi dengan pengguna. Implikasi - Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa UMKM fashion perlu mengoptimalkan penggunaan media sosial untuk mempromosikan produk mereka dan membangun citra merek yang kuat. Strategi pemasaran melalui media sosial yang efektif dapat meningkatkan brand awareness dan penjualan, sehingga membantu UMKM dalam mengembangkan bisnis mereka.

References

Adrian. (2021). Manfaat pemasaran media sosial instagram pada pembentukan brand awareness toko online. Jurnal Indonesia Sosial Sains, II(02), 215-222.

Arisandi. (2018). Pengaruh penggunaan social media terhadap brand awareness pada objek wisata di kota Batam. JMD: Jurnal Riset Manajemen & Bisnis Dewantara, I(2), 109 - 116.

Fitrianna. (2020). Pengaruh Digital Marketing Pada Peningkatan Brand Awareness Dan Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian Produk Cokelat Monggo di Yogyakarta. INOBIS: Jurnal Inovasi Bisnis dan Manajemen Indonesia, III(3), 409 - 418.

Kusuma. (2019). Pengaruh Social Media Marketing Terhadap Brand Equity. JIM UPB (Jurnal Ilmiah Manajemen Universitas Putera Batam), VII(1), 33-37.

Novalia. (2021). Pemanfaatan Aplikasi Tiktok sebagai Media Promosi untuk Meningkatkan Brand Awareness (Studi Kasus pada PT. ES Teh Indonesia). Jurnal Akrab Juara, VI(4), 84 - 98.

Purbasari. (2021). IDENTIFIKASI AKTOR DAN FAKTOR DALAM EKOSISTEM KEWIRAUSAHAAN: KASUS PADA INDUSTRI KREATIF DI WILAYAH PRIANGAN TIMUR, JAWA BARAT. AdBispreneur: Jurnal Pemikiran Dan Penelitian Administrasi Bisnis Dan Kewirausahaan, V(3), 241 - 262.

Qiram, I. (2018). PLAGIASI BATIK NUSANTARA KAYA AKAN KERAGAMAN DAN MEMILIKI KARAKTERISTIK DI TIAP DAERAH ASALNYA. JURNAL LEKESAN.

Sulistiyo. (2020). Pengaruh Marketing Media Sosial Instagram Terhadap Brand Image The Bunker Café, Tangerang. Jurnal Ekbis, XXI(2), 189 - 203.

Sulistyowati. (2022). PEMANFAATAN INOVASI PRODUK HUTAN MANGROVE SEBAGAI PEWARNA ALAMI KAIN BATIK TRADISIONAL MALANG UNTUK MENINGKATKAN PEREKONOMIAN MASYARAKAT DI DESA TAMBAKREJO KABUPATEN MALANG. SCIENTIFIC JOURNAL OF REFLECTION: Economic, Accounting, Management and Business, V(3), 810-819.

Sutariningsih. (2021). Peran Brand Awareness Memediasi Pengaruh Social Media Marketing Terhadap Purchase Intention. Doctoral dissertation, Udayana University.

Tyastuti. (2022). Perancangan Kemasan Keripik Singkong Merk Kelincidunia Menggunakan Ergonomic Function Deployment (EFD) di UD. Wahyu Pendawa Lestari.

Zidan. (2021). Peran Dinas Perindustrian Dan Perdagangan Dalam Mempromosikan Produk Industri Kecil Menengah Di Kota Jambi . Doctoral dissertation, UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi).

Downloads

Published

2024-07-31

How to Cite

Yasin, M. M., & Vidiati, C. . (2024). Implementasi Pemasaran Melalui Media Sosial Dalam Meningkatkan Brand Awareness UMKM Fashion Batik Fractal. Money: Journal of Financial and Islamic Banking, 2(2), 188–194. https://doi.org/10.31004/money.v2i2.31646

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)