Penerapan Model Project Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran PKWU Kelas XII TKJ 1 SMKN 2 Pekanbaru

Authors

  • Fitrianti Fitrianti SMK Negeri 2 Pekanbaru

DOI:

https://doi.org/10.31004/innovative.v1i2.3906

Abstract

Penelitian yang telah dilakukan oleh peneliti, menerapkan Project Based Learning pada mata pelajaran PKWU ( Prakarya dan Kewirausahaan ). Diharapkan dengan model PBL { Project Based Learning ) pada kompetensi dasar pembuatan prototype barang/ jasa meningkat. Hal tersebut menunjukan bahwa terjadi peningkatan hasil belajar pada siswa tersebut. Hasil yang diperoleh dari penerapan model pembelajaran Project Based Learning  memberikan dampak positif terhadap peningkatan minat dan hasil belajar siswa terutama pada siswa kelas XII TKJ1 dimana sebelum PTK dilakukan nilai rata-rata ulangan harian 70,50,  pada siklus pertama memperoleh nilai rata-rata 76,11 dan pada siklus kedua mencapai nilai 84,72 dengan persentase siswa yang tuntas sebelum PTK dilakukan hanya 31 %, setelah siklus pertama dilakukan siswa yang tuntas mencapai 61 %, pada siklus kedua meningkat cukup signifikan yaitu mencapai 83 %. Dengan demikian model pembelajaran dengan menggunakan metode Project Based Learning dapat meningkatkan hasil belajar.  

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2021-12-27

How to Cite

Fitrianti, F. (2021). Penerapan Model Project Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran PKWU Kelas XII TKJ 1 SMKN 2 Pekanbaru. Innovative: Journal Of Social Science Research, 1(2), 719–721. https://doi.org/10.31004/innovative.v1i2.3906